Home » » 9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya – Malang Raya, selain terkenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur yang memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan menarik ditambah dengan kulinernya yang menggoda, ternyata Malang Raya juga merupakan wilayah di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata sejarah dari jaman kerajaan terdahulu baik berupa candi maupun prasasti.

Tercatat ada 9 tempat wisata sejarah yang patut dikunjungi oleh traveller pecinta sejarah. Saat ini tempat-tempat bersejarah tersebut dilindungi oleh pemerintah mengingat banyak benda-benda bersejarah yang dicuri atau dirusak. Sungguh sangat disayangkan!

Sehingga bila anda berencana mengunjungi Malang Raya maka sempatkan juga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di wilayah Malang Raya ini.  Meskipun bentuk fisiknya kurang menarik namun dibaliknya menyimpan catatan-catatan sejarah nenek moyang kita.


Daftar 9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

1. Candi Singosari

Karena letaknya tepat di pinggir jalan raya sehingga mudah ditemukan dan bentuk bangunannya masih terawat dengan baik maka Candi Singosari merupakan salah satu candi yang banyak dikunjungi terutama pada hari libur. Banyak kegiatan-kegiatan budaya yang menggunakan candi Singosari ini sebagai latar belakangnya.

Dibangun sekitar abad ke-12, Candi Singosari ini adalah candi bercorak Hindu-Buddha yang dibangun sebagai tempat perabuan dan bentuk pendharmaan untuk raja terakhir Kerajaan Singosari, Sang Kertanegara. Bangunan Candi Singosari masih terlihat megah dan anggun memancarkan semangat Raja Kertanegara dalam menjadikan Singosari sebagai kerajaan besar di Nusantara.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Selain bangunan utama, di area candi ini berjejer beberapa arca Hindu dalam kondisi terawatt meskipun banyak kekurangan. Saat memasuki ruang utama candi Singosari akan tercium bau wangi bunga dan kepulan asap dupa yang masih menyala.


Candi Singosari terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Sekitar 10 km dari pusat Kota Malang, tepatnya di depan pasar Singosari. Jika anda naik bis dari arah Surabaya, turun di pasar Singosari lalu menyeberang jalan maka akan anda temukan pintu gerbangnya. Untuk menuju Candi Singosari anda bias berjalan kaki atau naik “dokar” atau kereta kuda yang banyak mangkal di sekitar pintu gerbang.

2. Candi Kidal

Peninggalan Kerajaan Singosari lainnya yang berbeda lokasi adalah Candi Kidal, terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi bercorak Hindu-Buddha dan dibangun pada abad ke-12 sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Anusapati yang memerintah selama dua dekade antara tahun 1227 – 1248.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Malang yakni sekitar 20 km Candi ini termasuk candi yang jarang mendapatkan pengunjung.

3. Candi Sumberawan

Salah satu peninggalan Kerajaan Singosari berupa candi lainnya adalah Candi Sumberawan berada di kaki Gunung Arjuna, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. berjarak sekitar 6 km dari Candi Singosari.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Bentuk bangunan Candi Sumberawan tidak terlalu besar hanya sebuah stupa,  yang dulunya untuk peribadatan umat Buddha. Candi Sumberawan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1904, sedangkan pemugarannya dilakukan pada tahun 1937.


4. Candi Bocok

Meskipun secara fisik, bentuk bangunan candi ini tidak terlalu istimewa namun Candi Bocok memiliki ciri khas berupa sebuah arca Desa Siwa dengan bentuk sangat detail. Di mata kolektor benda purbakala, Arca ini memiliki nilai yang tinggi dan konon pernah dicuri oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Saat ini, Arca tersebut disimpan oleh Muljianto, juru kunci dari Candi Bocok.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Menurut catatan sejarah, Candi Bocok merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. yang dibuat pada masa Prabu Hayam Wuruk. Candi Bocok berada di Dusun Bocok, Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.


5. Candi Jago

Candi Jago adalah candi yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Singosari berada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang yang dibangun sekitar abad ke-13. Meskipun bentuk bangunannya sudah tidak utuh lagi, candi ini memiliki keunikan jika dilihat dari samping karena bagian atas candi ini sudah hilang. Menurut warga sekitar, candi ini pernah disambar petir yang membuat bagian atas candi menjadi terpotong.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

6. Candi Jawar

Peninggalan bersejarah dari kerajaan Majapahit lainnya adalah Candi Jawar,yang berada di Desa Mulyoasri, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Bentuk candi Jawar yang menyerupai gapura  ini tepat berada di kaki Gunung Semeru yang menjulang tinggi.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Bangunan candi Jawar menghadap langsung ke gunung paling tinggi di pulau Jawa dan berada di ruang terbuka yang dipenuhi rumput ilalang

7. Candi Badut

Peninggalan bersejarah pada masa sebelum Singasari adalah Candi Badut,  merupakan candi bercorak Hindu yang diyakini sebagai peninggalan Prabu Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Diperkirakan, candi ini dibangun pada tahun 760 M dan berlokasi di bagian barat Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Dau.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Candi Badut berada di sebuah kompleks taman yang tertata dengan sangat rapi. Konon, Candi Badut pertama kali ditemukan pada tahun 1921 oleh seorang pekerja Belanda.


8. Candi Telih

Dibandingkan dengan candi-candi lainnya, nama Candi Telih sangat jarang terdengar dan tidak banyak dikunjungi orang karena keberadaan candi ini pun mungkin belum diketahui banyak orang. Candi Telih berada di tempat  sangat terpencil dan hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail. Dari desa terdekat, candi ini masih berjarak sekitar 4 km yaitu dari Dusun Donogragal, Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Bangunan candi ini memang tidak terlalu istimewa dengan tinggi hanya sekitar 2 meter saja dan bangunan candi ini menghadap ke gunung Arjuno sehingga diperkirakan candi ini dipergunakan untuk tempat berdoa atau bersemedi.

9. Candi Songgoriti

Songgoriti adalah nama sebuah taman rekreasi yang berada di Kota Batu. Di kompleks taman ini selain wahana mainan terdapat sebuah candi tepatnya berada di Pemandian Air Panas Alami sehingga dikenal dengan nama Candi Songgoriti. Karena dibuat oleh Mpu Supo maka disebut juga sebagai Candi Supo atau lebih familiar disebut dengan Candi Songgoriti.

9 Tempat Wisata Sejarah Di Malang Raya

Peninggalan bersejarah ini dibangun pada masa Mpu Sindok, pendiri wangsa Isyana, yang merupakan raja pertama Kerajaan Medang. Keberadaan Candi Songgoriti ini pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda bernama Van I Isseldijk pada tahun 1799.

Baca Juga :


Demikian pembahasan 9 Tempat Wisata Sejarah di Malang Raya. Mungkin, bentuk candi-candi tersebut sudah tidak menarik lagi, namun keberadaannya merupakan pertanda adanya sejarah nenek moyang atau leluhur kita. Tanpa adanya leluhur kita maka sekarang ini, kita juga tidak ada.

Sehingga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah ini akan mengingatkan kita pada nenek moyang dan leluhur kita khususnya sejarah yang menyelimutinya.

“Bangsa Besar adalah Bangsa Yang Menghormati leluhurnya.”


0 comments:

Post a Comment