Home » » Coban Glothak : Wisata Air Terjun Di Lereng Gunung Kawi

Coban Glothak : Wisata Air Terjun Di Lereng Gunung Kawi

Coban Glothak : Wisata Air Terjun Di Lereng Gunung Kawi – Salah satu wisata air terjun yang berada di lereng gunung Kawi adalah Coban Glothak. Air terjun dengan ketinggian 100 meter dengan lingkungan yang masih alami.

Menurut penuturan warga setempat, selain Coban Glothak ini sebenarnya masih ada 7 air terjun lainnya yang masih belum ditemukan dan Coban Glotak merupakan air terjun yang berada di urutan terbawah dari 7 coban yang berada di atasnya.

Coban Glothak : Wisata Air Terjun Di Lereng Gunung Kawi

Karena berada di lereng gunung Kawi yang penuh dengan pepohonan, sehingga untuk menuju ke air terjun ini lumayan sulit. Pengunjung harus rela berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang lumayan jauh.

Air terjun Coban Glotak secara administrative berada di di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Pengelolah Air terjun ini adalah Perhutani, dan untuk masuk ke dalam Coban Glotak anda harus membayar harga tiket sebesar Rp. 4,000. Harga yang cukup murah bagi pemandangan yang menakjubkan.

Sedangkan asal usul nama Coban Glotak itu berasal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama jatuhnya air terjun. Kemungkinan sih, itu adalah bunyi dari bebatuan yang jatuh karena terbawa air. Batu yang jatuh tadi tentu akan menimbulkan bunyi “klotak – klotak”.

Nah, mungkin dari kejadian alami itulah yang kemudian malah dijadikan nama air terjun tersebut. Beberapa orang beruntung yang berkunjung kesini, mungkin akan bisa mendengarkan bebunyian itu tadi disaat malam hari tiba.

Cara menuju air terjun Coban Glotak ini tidak terlalu sulit karena lokasinya yang berjarak sekitar 15 km ke arah barat Kota Malang atau, sekitar 4 km dari Desa Bedalisodo dengan kondisi jalanan yang kurang bagus (sebagian makadam dan sebagian tanah liat).

Kunjungi Situs ini : https://spot-misteri.blogspot.co.id

Setelah sampai di Desa Bedalisodo perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak mengikuti aliran sungai yang mata airnya berasal dari aliran Coban Glothak sendiri. Perjalanan ini kurang lebih akan menempuh jarak sekitar 2 km, hingga tiba di lokasi keberadaaan air terjun.

Bagi anda yang belum mengenal kota Malang dengan baik, mungkin agak sulit untuk menemukan petunjuk jalan tentang keberadaan lokasi air terjun tersebut. Namun teknologi GIS (Geographic Information System) yang ada di ponsel, dapat membantu anda atau bertanya kepada penduduk setempat.

Alumni Smanda88 Dan Coban Glothak

Alumni SMANDA88 pada 28 tahun yang lalu juga memiliki kenangan indah saat bersama-sama berada di air terjun Coban Glothak, seperti terlihat pada foto dibawah ini.

kenangan alumni smanda88 di coban glothak
Kenangan alumni smanda88 di Coban Glothak

Coban Glothak : Wisata Air Terjun Di Lereng Gunung Kawi
Kenangan di Coban Glothak

Demikian ulasan tentang tempat wisata air terjun yang berada di lereng gunung Kawi yang menjadi tujuan wisata favorit di kalangan anak muda.

Artikel Terkait :



1 comments:

  1. jelang puasa 2017 lalu, aku ke sana, jalanan sudah bagus kok, dan dikenakan tiket 15 ribu untuk 3 orang termasuk parkir 2 motor, dari area parkir menuju lokasi coban tidak serumit 28 tahun yang lalu,.... suip pokok e

    ReplyDelete