Home » » Boon Pring, Turen, Malang, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda

Boon Pring, Turen, Malang, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda – Bagi anda yang menyukai wisata alam, pilihan paling murah meriah sebagai tujuan rekreasi keluarga dan edukasi adalah Taman Wisata Andeman atau Boon Pring yang terletak di desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Disebut Boon Pring yang berasal dari kata dalam bahasa Jawa yaitu  “Kebon” atau kebun dan “Pring” atau bambu kemudian disingkat menjadi Boon Pring. Sedangkan nama Andeman adalah nama dusun dimana Boon Pring berada sehingga taman alami ini sering disebut juga sebagai taman Wisata Andeman.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Boon Pring
Di area Boon Pring terdapat sebuah sumber mata air besar yang disebut Sendang Krecek yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan .  Airnya terlihat jernih kehijauan, memantulkan bayangan pepohonan di sekitarnya. Sejak tahun 1980-an, mata air itu sudah ada dan digunakan sebagai sumber pengairan oleh warga setempat.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Foto :Ferry Feriansyah
Taman Wisata Andeman memiliki luas sekitar 14 hektar.  Selain keberadaan Sendang Krecek, tempat wisata ini ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon bambu yang tertata secara alami, berumpun rumpun seolah berbaris dalam kelompok-kelompok.  Udara yang segar dan berhembus semilir ditambah suara gesekan bambu akan membuat kita terhanyut kembali ke alam.

Sungguh suasana alam yang  unik dan menarik. Bila anda pernah melihat hutan bambu pada tayangan televise atau media lainnya berada di negeri Cina maka berada di Boon Pring akan membuat anda merasa seperti berada di Negara yang dijuluki sebagai Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun, sebagai tempat wisata, Taman Wisata Andeman belum begitu terkenal  seperti tempat wisata lainnya di Malang Raya, tetapi melihat potensi alam yang ada di tempat ini, maka dengan promosi yang gencar dan pengelolaan maksimal akan menjadikan tempat wisata alam ini dikenal masyarakat.

Rupanya, pemerintah Kabupaten Malang sudah melihat potensi tersebut sehingga melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas di tempat wisata yang keindahannya tak kalah dengan tempat wisata di negeri tirai bambu ini. Promosi dan perkenalan kepada masyarakat luas juga terus digencarkan, bahkan sering diadakan pertunjukkan  di atas panggung dengan mengundang penyanyi dan pelawak lokal untuk menghibur wisatawan sehingga Boon Pring menjadi terkenal.

Baca Juga :

Lokasi Taman Andeman Boon Pring

Untuk menuju Boon Pring, jika dari pusat kota Malang, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata, kurang lebih berjarak 40 km.  Bila menggunakan mikrolet atau angkutan umum, dari terminal Gadang pilih tujuan Turen lalu menuju desa Sanankerto. Jika bingung, bertanyalah kepada penduduk setempat,  maka mereka akan memberitahu lokasi Boon Pring.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Pintu Gerbang Boon Pring
Anda akan memasuki pintu gerbang Boon Pring dan setelah menempuh perjalanan kurang lebih 500m maka anda akan menemukan tempat wisata ini. Setelah membayar tiket masuk dan jasa parkir kendaraan bermotor yang cukup murah, maka anda dapat menikmati keindahan Boon Pring yang masih alami.

Setelah pintu masuk ada sebuah kolam renang yang airnya jernih sekali diperuntukkan bagi anak-anak. Kemudian ada sebuah danau atau sendang disebut Sendang Krecek yang berisi ikan ikan kecil dan ditengahnya terdapat sebuah pulau kecil disebut pulau Putri Lhow karena di tempat itu tumbuh pohon Lhow.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Kolam renang untuk anak anak
Di Sendang Krecek ini anda dapat menyewa flying fox atau perahu kecil untuk berkeliling sendang. Pada hari biasa, Taman Wisata Andeman mungkin terasa cukup sepi, namun pada hari Sabtu dan Minggu, tempat wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Sendang Krecek

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Wahana permainan di Sendang Krecek

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Flying Fox di Sendang Krecek

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Perahu untuk berkeliling sendang

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Permainan Bola air di Sendang Krecek

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Ferry sedang berkuda di Boon Pring

Saat berkunjung ke Taman Andeman ini, anda harus turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang ada di tempat ini. Disamping itu, ada larangan bagi pengunjung untuk tidak berbuat mesum, mabuk dan menggunakan narkoba.

Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda
Peraturan saat berada di Boon Pring

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang Boon Pring, Pilihan Murah Meriah Wisata Anda. Malang Raya memang terkenal akan tempat wisata yang indah serta kulinernya yang memanjakan rasa sehingga saat berada atau berkunjung ke kota bunga ini, jangan lewatkan untuk menikmati suasana hutan bambu dengan mengunjungi Boon Pring.

Salam Satu Jiwa, smanda88

2 comments:

  1. Tempat wisata yang unik dan layak dijadikan tujuan mengisi akhir pekan

    ReplyDelete
  2. Tempat wisata di Malang Raya ini ternyata waow... patut diacungi jempol

    ReplyDelete