Home » » Sumber Suko, Singosari, Malang : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus

Sumber Suko, Singosari, Malang : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus – Jika anda pernah berkunjung ke Candi Sumberawan, maka akan terlihat kondisi yang cukup berbeda saat memasuki kawasan Sumber Suko di jalan Gondang, desa Suko kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.  Terlihat angker, terbengkalai dan banyak fasilitas publik yang sudah tidak berfungsi lagi.

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Pintu Gerbang Sumber Suko
Baca Juga : Candi Sumberawan : Wisata Sejarah Singosari

Entah sengaja dibiarkan begitu saja tanpa penanganan khusus dengan alasan tertentu atau memang belum ada tangan-tangan professional yang mampu mengelolah tempat wisata keluarga ini menjadi satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi orang.

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Jalanan dan pohon puluhan tahun
di Sumber Suko
Melihat bekas-bekas spanduk dan beberapa aksesoris lainnya, tampaknya Sumber Suko sudah pernah dikelolah dengan baik, dimana sudah tersedia tempat parkir, warung-warung kecil dan infrastruktur jalan yang masih baik. Mungkin, sepinya wisatawan yang mengunjungi tempat ini membuat pengelolahnya rugi lalu ditinggalkan tanpa perawatan khusus.

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Spanduk Sumber Suko yang sudah kusam

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Warung yang kosong dan kamar mandi
di Sumber Suko
Melihat potensi yang dimiliki Sumber Suko yaitu sumber mata air yang bersih dan alami, pohon-pohon berumur puluhan tahun yang masih kokoh berdiri dan kolam-kolam air yang berjejer, tentunya, jika ditangani secara professional akan menjadi salah satu tujuan wisata keluarga yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Replika Patung Naga di Sumber Suko
Mungkin, pihak pemerintah daerah kabupaten Malang atau pengelolah desa belum memiliki anggaran atau memiliki pertimbangan lain sehingga sampai sekarang tempat wisata sumber ini masih belum dikelolah secara professional.

Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus
Pondok ditengah kolam Sumber Suko
Saat berkunjung lagi ke Sumber Suko baru-baru ini, terlihat Pokdarwis desa Randu Agung tengah membersihkan pohon-pohon yang berserakan ditempat ini. Penulis menyempatkan diri berbincang dengan Mbah Ibra, sesepuh Pokdarwis Randu Agung ini.

Menurutnya, pada pemerintahan Kepala Desa yang baru ini, Sumber Suko akan kembali dijadikan sebagai objek wisata dengan perombakan, perbaikan dan penambahan fasilitas di beberapa bagian. Selain akan diperbanyak spot foto yang menarik, juga akan ditambahkan cafe-cafe yang berada ditengah sawah.

Video Sumber Suko




Kesimpulan

Demikian sekelumit ulasan tentang artikel yang berjudul “Sumber Suko : Wisata Alam Yang Butuh Penanganan Khusus.” Semoga dengan adanya informasi ini, dapat mengusik hati para investor maupun pihak pemerintah daerah untuk segera mengelolah sumber mata air alami ini menjadi satu tempat wisata keluarga yang layak dikunjungi.


Semoga Sumber Suko segera berubah menjadi obejk wisata andalan Desa Randu Agung, Singosari..

2 comments: