Home » » Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan

Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan

Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan – Bagi seorang pecinta alam sejati, air terjun Tembalang yang berada di Kampung Tepian Buah, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, adalah tempat wisata alam yang sangat menantang karena masih perawan. Letaknya yang berada di tengah rimba belantara menawarkan rintangan yang membutuhkan stamina prima dan dapat memacu adrenalin anda.

Air terjun yang masih perawan ini ditemukan warga pada awal tahun 2016 dan dinamakan air terjun Tembalang. Pada akhir pekan, tempat wisata baru di Kampung Tepian Buah ini ramai dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan
Air Terjun Tembalang, Berau, Kaltim


Bagi pemkab Berau, keberadaan air terjun Tembalang ini menambah perbendaharaan objek wisata daerah. Selain wisata laut yang indah, Berau juga memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya meskipun masih dibutuhkan perbaikan infra struktur serta sarana dan prasarana yang menunjang agar air terjun Tembalang menjadi semakin cantik dan dikenal masyarakat luas.

Saat ini, untuk bisa menuju lokasi air terjun Tembalang, para wisatawan harus melewati rintangan yang cukup berat. Jika melalui jalur darat, harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam menembus hutan belantara namun jika menggunakan jalur sungai dengan naik kapal ketinting, perjalanan dapat dipercepat.

Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan
Medan berat yang harus ditempuh
menuju Air Terjun Tembalang
Konon, menurut cerita masyarakat Kota Tepian Buah, jembatan kayu tersebut sudah lama berada di tempat itu. Dan menurut mereka, jembatan tersebut adalah jembatan mistis berkaitan dengan sosok gaib penghuni hutan sehingga mereka menyebutnya sebagai "Rokok Gendruwo."

Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan
Rokok Gendruwo
Kedua jalur perjalanan menuju air terjun Tembalang ini menawarkan petualangan yang mengasyikkan dan menawarkan suasana alam hutan yang masih alami serta dapat memacu adrenalin mengingat selain masih alami, hutan Kalimantan terkenal sangat angker.

Baca juga :

Berikut ini adalah pengalaman dari narasumber smanda88.com yang tinggal di kota Berau, Kalimantan Timur, yang direkam dalam video menggunakan HP, saat mengunjungi air terjun Tembalang menggunakan jalur sungai.



Itulah, sekelumit ulasan tentang “Air Terjun Tembalang, Berau : Wisata Alam Yang Masih Perawan.” Salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Bagi anda yang gemar travelling dan suka tantangan, maka air terjun Tembalang ini dapat menjadi pilihan anda, terutama saat berkunjun ke bumi Kalimantan.

Semoga Bermanfaat..


1 comments:

  1. Akan lebih terkenal bila akses jalan menuju air terjun dipermudah sehingga bisa lebih banyak menarik pengunjung.

    ReplyDelete