Home » » Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri  – Sudah lama saya mendengar akan adanya Masjid Tiban di daerah Turen, Malang, namun baru kali ini sempat mengunjungi tempat wisata religi yang megah dan konon penuh dengan misteri ini. Ternyata, memang unik, megah dan indah. Bangunan dengan arsitektur Timur Tengah ini memiliki 10 lantai dan di setiap temboknya terdapat ukiran kaligrafi serta menara yang ada di setiap masjid.

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri
Pintu Gerbang Masjid Tiban
Karena yang menjadi tempat wisata adalah rumah peribadatan umat Islam atau masjid atau rumah Tuhan, maka disebut sebagai wisata religi. Ditambah lagi dengan keindahan dan kemegahannya serta kisah misteri yang menceritakan jika masjid ini hanya dibangun dalam semalam atau “tiban”, maka Masjid Tiban Turen banyak dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah.

Hampir setiap hari, wisatawan yang berkunjung ke masjid misterius ini mencapai ribuan orang. Tidak hanya dari wilayah Jawa Timur saja namun dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari Negara tetangga juga.

Masjid Tiban  atau sering disebut “Masjid Jin” ini berada di Jl. KH. Wachid Hasyim, gang anyar, RT. 27 RW. 06 desa Sananrejo kecamatan Turen, kabupaten Malang, Jawa timur. Dibangun oleh KH. Ahmad Bahru Mafdlaludin Saleh Al-Mahbub Rahmat Alam pada tahun 1976 yang merupakan bagian bangunan pondok pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaaril Rahmah.

Kemegahan Masjid Tiban Turen

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, bangunan utama pondok yang terdiri dari 10 lantai dimana lantai 1 sampai lantai 4 digunakan sebagai tempat kegiatan santri, lantai 6 digunakan sebagai ruang keluarga sedangkan pada lantai 5,7 dan 8 digunakan sebagai tempat usaha yang dikelolah oleh santriwati seperti toko-toko kecil yang menjual makanan ringan, pakaian, perlengkapan ibadah dan lain-lain.

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri


Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri
Salah satu menara di Masjid Tiban
Di dalam Masjid Jin ini juga terdapat sebuah aquarium dan perpustakaan yang berisi buku-buku tentang agama Islam. 

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri
Bagian dalam Masjid Tiban

Kisah Misteri Dibalik Masjid Tiban

Kata “Tiban” dalam bahasa jawa yang artinya “tiba tiba ada” menjadikan Masjid Turen ini sebagai masjid yang penuh misteri. Memang banyak kejadian terutama di pulau Jawa yang menyatakan adanya masjid-masjid yang dibangun oleh bangsa Jin dan keberadaannya baru siketahui oleh manusia secara tiba-tiba tanpa mengetahui kapan pembangunan masjid tersebut berlangsung.

Pada umumnya, masjid tiban yang ada hanyalah masjid-masjid kecil atau mushola saja, sedangkan masjid tiban Turen ini sangat berbeda. Besar dan Megah, sehingga banyak memancing perhatian wisatawan untuk membuktikan kebenarannya.

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri

Faktanya, Masjid Tiban Turen dibangun sedikit demi sedikit oleh para santri dan mengusung konsep ramah lingkungan , saking ramahnya terhadap lingkungan sekitar, ada salah satu bagian masjid yang sengaja dibuat untuk menghindari keberadaan sebuah pohon kelapa.

Masjid Tiban Turen, Wisata Religi Nan Megah Dan Penuh Misteri
Lukisan berbagai desain masjid
Sebetulnya, yang menjadi misteri adalah petunjuk yang diterima oleh pemilik pondok pesantren yaitu KH. Ahmad Bahru Mafdlaludin Saleh Al-Mahbub Rahmat Alam, tentang bentuk dan arsitektur masjid yang diterima setelah beliau melakukan sholat Istikharah.

Penutup

Demikian ulasan tentang salah satu wisata religi yaitu Masjid Tiban Turen yang megah dan penuh misteri. Rasa penasaran tentang keberadaan masjid yang dibangun oleh bangsa Jin sehingga muncul secara tiba-tiba atau “tiban” menjadikan masjid ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Bagi teman-teman yang hobi jalan-jalan, Masjid Tiban Turen, Malang, adalah salah satu tempat wisata religi yang  wajib dikunjungi.

Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment