Home » » Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi –  Bagi anda warga Malang atau sedang jalan-jalan ke kota Apel, selain tempat wisata menarik lainnya, ada satu tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan alam khas pedesaan dan edukasi yaitu Sumber Maron. Tempat wisata alam yang layak dikunjungi dan dapat menjadi pilihan liburan murah meriah pada akhir pekan anda.

Wisata alam Sumber Maron terletak di dusun Adiluwih,  Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Dusun Adiluwih berada di perbatasan Kecamatan Gondanglegi dan Kepanjen sehingga terkadang ada yang menyebut Sumber Maron ini terletak di Gondanglegi maupun di Kepanjen. 

Banyak wisata sumber di Malang Raya, namun Sumber Maron memiliki daya tarik tambahan dengan adanya air terjun dimana airnya mengalir melalui sungai dengan bebatuan alam, membelah hijaunya persawahan. Sungguh pemandangan alam yang menyejukkan mata dan menentramkan jiwa.

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Baca Juga :
Bagi anak-anak, akan senang berenang atau meluncur ke sungai melewati sela sela bebatuan menggunakan ban sebagai pelampungnya atau berendam dibawah tetesan air terjun yang tidak terlalu tinggi. Lelah bermain, anda bisa mengajak anak-anak menyusuri hijaunya persawahan atau menikmati makanan sambil merendam kaki di kolam yang penuh dengan ikan-ikan kecil atau disebut terapi ikan.

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Sumber Maron mulai dikenal masyarakat sebagai tempat wisata dan ramai dikunjungi wisatawan sejak tahun 2015 lalu. Tidak hanya pengunjung,warga sekitar Malang saja, namun wisatawan dari luar kota juga banyak yang datang kesini terutama saat akhir pekan maupun musim liburan. 

Asal Usul Sumber Maron

Nama Sumber Maron berasal dari kata “sumber” dan “maron”, sumber berarti mata air sedangkan maron adalah panci atau periuk untuk menanak nasi. Konon, nama Sumber Maron karena ada maron yang dibuang  ke mata air ini, ada juga yang menyebut muara kawasan wisata ini yang bentuknya menyerupai maron

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Awalnya, masyarakat setempat memanfaatkan daerah sekitar Sumber Maron ini sebagai kawasan budidaya tanaman Kangkung.  Mata air yang berada di antara persawahan membuat para petani setempat seringkali singgah sehabis bekerja untuk mandi maupun mencuci. 

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Dari sumber mata air, air yang jernih mengalir turun melewati bebatuan hingga membentuk sebuah air terjun mini dengan ketinggian 5 – 6 meter serta kemiringan mencapai 60 derajat. Masyarakat setempat, menyebut air terjun mini ini sebagai “Grojogan Sewu”. Karena pada umumnya, grojogan atau pancuran air hanya satu sedangkan di Sumber Maron, terdapat banyak pancuran air. 

Sumber Maron Sebagai Wisata Edukasi

Sumber Maron, selain menjadi tempat wisata alam  juga dapat dijadikan sebagai objek wisata edukasi maupun tekonologi untuk pelajar, mahasiswa dan kalangan lainnya, karena sumber mata air tersebut juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). 

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Proses pembangunan PLTMH ini dimulai sejak tahun 2005 dan baru digunakan untuk menyalurkan air ke rumah warga 4 desa (Desa Karangsuko di kecamatan Pagelaran serta Sukosari, Gondanglegi Kulon dan Panggungrejo di kecamatan Gondanglegi) pada tahun 2012. 

Dengan adanya PLTMH,  menjadi awal mula mulai ramainya Sumber Maron dikunjungi oleh wisatawan lokal, sebelum akhirnya menjadi semakin populer berkat publikasi foto-foto di sosial media maupun ulasan-ulasan dari para blogger, apalagi sejak demam travelling maupun underwater photography melanda.

Daya Tarik Sumber Maron

Beberapa hal yang dapat anda nikmati atau menjadi daya tarik tempat wisata alam dan edukasi ini antara lain adalah sebagai berikut.

Keindahan pemandangan alam khas pedesaan

Sebelum merasakan kesegaran air di Sumber Maron, anda bisa berjalan-jalan berkeliling melihat sumber air yang membentuk telaga dengan air terjun mini dan hamparan sawah serta hutan disekelilingnya. Keindahan pemandangan alami khas pedesaan di Sumber Maron yang tidak akan anda temukan di tempat wisata lainnya.

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Berenang dan Bermain Air

Mendengar gemericik suara air dan melihat hamparan air yang jernih dan luas membentang di hadapan kita, apalagi anak-anak, akan segera melepaskan baju lalu terjun ke dalamnya untuk berenang atau bermain air. Namun, untuk berenang agak sedikit sulit karena banyak batu-batu sungai yang menonjol ke permukaan.

Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi

Tempat untuk bermain air yang lebih nyaman adalah pada sungai atau irigasi yang ditemukan sepanjang jalan yang ada di kawasan wisata ini. Dan, pengunjung dapat menyewa ban dalam sebagai pelampung yang banyak disewakan di sepanjang objek wisata alam ini.

Meluncur atau River Tubing

Naik diatas ban dalam lalu membiarkan diri meluncur dan mengapung diatas permukaan air atau lebih dikenal dengan “River Tubing” adalah aktivitas yang dapat anda lakukan di Sumber Maron.

Terapi ikan

Tidak lupa ada juga terapi ikan dalam wisata Sumber Maron Malang ini. Pengunjung memasukkan kaki ke dalam kolam yang penuh dengan ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil ini akan memakan sel-sel kulit mati yang efeknya dapat menyembuhkan kondisi tubuh yang pegal-pegal serta mencegah berbagai penyakit. Dengan Rp. 15.000, pengujung sudah dapat menikmati terapi ikan di Sumber Maron ini.

Jam Buka serta Tarif/Retribusi yang Berlaku di Sumber Maron

Berikut ini daftar tarif retribusi yang diterapkan di wisata alam Sumber Maron dengan jam buka mulai pukul 07:00 hingga pukul 18:00 setiap hari.
  • Parkir sepeda motor: Rp. 2.000 per unit
  • Parkir mobil: Rp. 5.000 per unit
  • Ban dalam kecil: Rp. 3.000 per unit 
  • Ban dalam sedang: Rp. 7.000 per unit 
  • Ban dalam untuk river tubing: Rp. 10.000 per unit 
  • Sewa karpet untuk lesehan: Rp. 3.000 per lembar
  • Loker penitipan barang: Rp. 3.000 per loker 
  • Kamar Mandi: Rp. 2.000
  • WC: Rp. 1.000
  • Ruang ganti: Rp. 1.000
  • Flying Fox: Rp. 10.000
  • Terapi ikan: Rp. 15.000 per orang

Penutup

Demikian sekelumit ulasan tentang artikel yang berjudul “Jalan-jalan Ke Sumber Maron malang, Wisata Alam dan Edukasi.” Satu tempat wisata baru di Kabupaten Malang yang menawarkan pemandangan alam indah khas pedesaan dan edukasi. Sangat cocok untuk dijadikan pilihan liburan di akhir pekan atau pada hari libur nasional.


Semoga Bermanfaat..

Sumber Gambar : Ferry Feriansyah


1 comments:

  1. Tempat wisata yang bagus untuk membersihkan fikiran kotor hehehe

    ReplyDelete