Home » , » Jalan-jalan Ke Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan, Madura

Jalan-jalan Ke Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan, Madura

Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan, Madura - Ada beberapa fenaomena alam yang ajaib di Indonesia yang berkaitan dengan api, salah satunya adalah api tak kunjung padam yang berada di Pamekasan, Madura.  Selain itu adalah api abadi yang tersebari di wilayah Indonesia lainnya seperti Api Abadi Mrapen, Api Abadi Kayangan Api, Api Abadi Bekucuk, Api Abadi Tanjung Api, Api Abadi Kawah Ijen.

Api Tak Kunjung Padam
Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan, Madura

Pada kesempatan kali ini, Lila Zoehry, kontributor berita www.smanda88.com, menyempatkan diri di sela-sela kesibukannya untuk mengunjungi Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan, Madura. Wanita aktif dan energik ini berkunjung ke pulau Madura dalam rangka melakukan presentasi produk tabungan investasi dan wakaf dari Sunlife Syariah untuk Darmawanita Perhutani Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Lila dan teman-teman
Lila bersama tim di Api Tak Kunjung Padam
Wanita penggemar Travelling ini bersama dua orang FC atau Financial Consultant, Pak Agus dari Manajemen Sunlife dan Pak Joko dari Perhutani, bersama sama menikmati keindahan alam Api Tak Kunjung Padam.

Objek wisata Api Tak Kunjung Padam ini berada tepatnya di desa Larangan Tokol, kecamatan Tlanakan kabupaten Pamekasan. Seperti namanya, objek wisata ini menyajikan fenomena alam berupa semburan api yang tidak pernah padam meskipun diguyur air hujan. Salah satu keajaiban alam yang menunjukkan kebesaran Sang Maha Pencipta.

Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan ini menjadi wisata alam yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik local maupun manca Negara. Para wisatawan tersebut, pada umumnya merasa kagum melihat nyala api yang berasal dari bawah permukaan tanah ini layaknya nyala api kompor gas yang muncul ke atas permukaan tanah

Keanehan Api Tak Kunjung Padam

Api abadi Pamekasan ini hanya menyala disekitar tanah yang dikelilingi pagar sehingga kita tidak perlu cemas jika nyala api membesar dan melebar ke tempat lain. Ketika kita menggali tanah semakin dalam di area dalam lingkaran pagar maka semburan api yang dihasilkan akan semakin besar.

Api Tak Kunjung Padam, Pamekasan, Madura

Akan tetapi, ketika kita menggali tanah di luar area lingkaran pagar maka kita tidak akan mendapatkan titik api yang menyala. Jadi titik api akan menyala hanya di dalam area lingkaran pagar. Dimana secara keseluruhan terdapat 50 titik semburan nyala api yang ada di area lingkaran pagar.

Masyarakat setempat dan wisatawan sering memanfaatkan semburan nyala api yang seperti nyala kompor ini untuk memasak. Masyarakat sekitar menggunakan fenomena api ajaib ini untuk menjual Jagung, telur, ubi dan ketela pohon sehingga wisatawan dapat menikmati api abadi ini sambil memasak.

Lila sedang menikmati api
Lila sedang merasakan panasnya api

Sebelumnya telah dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui kandungan gas dari semburan nyala api yang terdapat di objek wisata Api Tak Kunjung Padam ini, namun hasilnya nihil tidak ditemukan kandungan gas apapun.

Itulah keajaiban alam ciptaan Tuhan YME.

Keunikan dan keanehan objek wisata ini yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Lokasi Api Tak Kunjung Padam

Infrastruktur jalan yang sangat baik untuk menuju tempat wisata alam ini sehingga membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak 4 km dari pusat kota Pamekasan untuk bisa sampai di objek wisata Api Tak Kunjung Padam ini. 

Namun, jika kita menggunakan angkutan umum, banyak bus mini dan bus patas yang bisa anda pilih dengan membayar harga sekitar Rp. 15.000 saja, lalu perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar kurang lebih 800 meter dari jalan raya. 

Legenda Api Tak Kunjung Padam

Legenda atau cerita rakyak terkait sejarah api tak kunjung padam ini bermula ketika seorang pemuda yang bernama Hadaqi, pemuda yang menguasai ilmu agama, hendak menikahi seorang gadis asal Palembang.

Dengan kesaktiannya, maskawin yang berupa mata ikan diubah menjadi mutiara, dan karena pada saat pernikahannya hari sudah mulai gelap, maka Hadaqi menancapkan pedangnya ke tanah sehingga muncullah semburan api di beberapa titik yang hingga sampai saat ini tetap menyala.

Lila dan Api Tak Kunjung Padam

Itulah legenda atau cerita rakyat tentang asal mula api tak kunjung padam ini.

Sedangkan orang yang menemukan pertama kali api ajaib ini adalah Ki Moko, seseorang yang terkenal sakti mandraguna di Madura.

Penutup

Demikian sekelumit ulasan tentang objek wisata alam Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan Madura. Salah satu tempat wisata yang menarik dan sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke pulau garam ini. Karena dengan menyaksikan keajaiban alam ciptaanNya, maka akan semakin besar keimanan kita terhadap Allah Sang Penguasa Semesta Alam.



1 comments: