Home » » Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Pantai Batu Bengkung Malang

Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Pantai Batu Bengkung Malang

Indahnya Pantai Batu Bengkung Malang – Malang bagian selatan secara geografis berhadapan langsung dengan samudera Hindia atau Laut Selatan Jawa dimana  di sepanjang garis pantainya terdapat pantai-pantai yang menawarkan keindahan alam nan eksotis. 

Beberapa nama pantai yang lebih dahulu terkenal adalah Pantai Balekambang, Pantai Bajulmati, Pantai Goa Cina. Sedangkan Pantai Batu Bengkung merupakan objek wisata pantai yang baru namun tak kalah indahnya dengan pantai-pantai terdahulu. Terlebih lagi, para wisatawan menyukai sesuatu yang baru sehingga Pantai Batu Bengkung ini banyak dikunjungi.


Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Pantai Batu Bengkung Malang


Keindahan pantai yang didominasi batu-batu karang dan kolam alami dari bukit karang yang dibentuk oleh proses alam sepanjang bibir pantai menjadikan Pantai Batu Bengkung memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. 

Ketika air laut sedang surut, kita dapat bermain air dengan puas atau berendam di kolam alami sembari memandangi birunya lautan yang berpadu dengan garis cakrawala yang membentang sepanjang mata memandang.  Birunya langit, gugusan awan berarak dan debur ombak menambah lengkapnya keindahan alam ciptaan Tuhan.

Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Pantai Batu Bengkung Malang


Pantai Batu Bengkung adalah objek wisata yang terletak di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang. Lokasinya berdekatan dengan pantai-pantai indah lainnya yaitu Pantai Goa Cina, Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati, Pantai Ngudel, Pantai Ngantep dan Pantai Teluk Asmara.

Keluarga Fita Minarni di Pantai Batu Bengkung
Keluarga Fita Minarni
di Pantai Batu Bengkung

Kali ini, giliran Fita Minarni, alumni smanda88 Malang, bersama keluarganya mengunjungi Pantai Batu Bengkung.

Fita Minarni
Fita Minarni
Penghuni kelas 1-4, 2 Fisika 3, 3 Fisika 3

Asal Mula Nama Pantai Batu Bengkung

Nama Batu Bengkung berhubungan erat dengan bentuk batu-batuan yang mengelilingi pantai yang melengkung menyerupai bentuk tubuh seorang wanita yang sedang dikenakan bengkung atau stagen. Kata “bengkung” berasal dari bahasa Jawa atau nama lain dari stagen yaitu kain yang digunakan oleh wanita Jawa sehabis melahirkan.

Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Pantai Batu Bengkung Malang


Pada umumnya, tradisi yang berkembang pada masyarakat Jawa ketika seorang wanita habis melahirkan, untuk mengembalikan bentuk tubuhnya yang melar,  mereka rajin menggunakan bengkung untuk merampingkan kembali perutnya. Biasanya dilakukan selama empat puluh hari.

Kegiatan di Pantai Batu Bengkung

Pantai-pantai di Malang Selatan merupakan pantai yang berada di selatan pulau Jawa merupakan bagian dari Laut Selatan atau Samudera Hindia. Dan, keberadaan Penguasa gaib Pantai Selatan menjadi mitos yang dipercaya masyarakat sehingga banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar ditempat ini.

Ombak Besar di Pantai Batu Bengkung
Ombak besar di Pantai Batu Bengkung

Selain itu, karena faktor angin dan ombak laut selatan yang cenderung besar maka berenang merupakan kegiatan yang dibatasi, hanya pada waktu tertentu pengunjung diperbolehkan berenang setelah mendapatkan ijin dari Tim SAR yang bertugas. 

Sudut Pantai Batu Bengkung
Sudut Pantai Batu Bengkung 

Menjelajah setiap sudut pantai merupakan kegiatan paling ideal di Pantai Batu Bengkung ini karena setiap sudutya menyajikan panorama indah. Jika perlu anda dapat memanjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat menggunakan tali panjang yang tersedia untuk mendapatkan spot pantai yang benar-benar menawan. 

Lokasi Berkemah Pantai Batu Bengkung
Lokasi yang tepat untuk berkemah
di Pantai Batu Bengkung

Jika anda ingin menikmati pemandangan indah saat matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset) maka berkemah di pantai Batu Bengkung merupakan kegiatan yang tepat.

Harga Tiket Pantai Batu Bengkung

Untuk memasuki area Pantai Batu Bengkung dikenakan harga tiket sebesar Rp 10.000, biaya parkir kendaraan sebesar Rp 15.000 dan jika menginap makan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Dengan catatan, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Tempat Parkir Pantai Batu Bengkung
Tempat Parkir Pantai Batu Bengkung

Parkir di pinggir pantai Batu Bengkung
Parkir di pinggir pantai Batu Bengkung

Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Fasilitas yang ada di Pantai Batu Bengkung sudah cukup baik karena pengelolah pantai Batu Bengkung telah menyediakan Mushola,Warung Makan dan Toilet serta Kamar mandi sehingga kita akan lebih nyaman saat berada disana.

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Perjalanan menuju Pantai Batu Bengkung searah dengan jalan menuju ke pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina karena sama-sama berada pada jalur lintas selatan. Dari kota Malang, ada beberapa rute sebagai berikut.
  1. Dari Kota Malang, mengambil arah ke Turen lalu belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru. Ketika  ada pertigaan dimana terdapat papan petunjuk jalan, silahkan mengambil arah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. 
  2. Rute Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan lalu belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Jika dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajul Mati. 

Infrastruktur jalanan pada jalur lingkar selatan sudah cukup baik sehingga kita dapat menikmati perjalanan dengan lebih cepat dan nyaman.

Penutup

Demikian ulasan tentang salah satu tempat wisata pantai yang berada di jalur lingkar selatan Malang yaitu Pantai Batu Bengkung. Perjalanan wisata Fita Minarni bersama keluarga dapat menjadi sumber informasi bagi kita untuk lebih mengenal pantai yang memiliki nama unik ini.

Semoga Bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment