Home » » Petualangan MMC Smanda88 Di Jogyakarta, Puncak Watu Goyang, Bantul

Petualangan MMC Smanda88 Di Jogyakarta, Puncak Watu Goyang, Bantul

Puncak Watu Goyang, Bantul – Setelah mengunjungi objek wisata Tamansari, MMC smanda Malang 88, melanjutkan petualangannya menuju ke Puncak Watu Goyang, Bantul.  Satu objek wisata alam baru berupa perbukitan yang terletak di pedukuhan Cempluk, Mangunan, Bantul. 

Berikut ini adalah ulasan tentang objek wisata Puncak Watu Goyang, Bantul, Jogyakarta. Foto-foto berikut ini adalah hasil petualangan dari MMC smanda88 yang tampil kompak, unik dan artistik sehingga sayang apabila hanya disimpan sendiri. 

Terdapat beberapa objek wisata berupa gardu pandang lainnya yang ada di desa Mangunan, Bantul, seperti di kebun buah Mangunan, Panguk Kediwung, Jurang Tembelan dan lain-lain. Namun, objek wisata terbaru adalah Watu Goyang, objek wisata yang mengusung konsep gardu pandang dan spot selfie.

Gardu Pandang dan spot selfi Puncak Watu Goyang
MMC smanda88 di gardu pandang
Puncak Watu Goyang, Bantul
Saat ini, objek wisata alam yang mengusung konsep gardu pandang sedang booming di berbagai daerah terutama daerah perbukitan atau pegunungan. Memang tidak semua orang suka berada di ketinggian bahkan yang menderita phobia ketinggian akan menjauhi tempat-tempat tersebut.

Selfie di atas ketinggian Watu Goyang
Pemandangan indah diatas Gardu Pandang
Watu Goyang, Bantul

Berbeda dengan yang menyukai ketinggian, mereka akan merasakan sensasi dan pengalaman yang jarang ditemukan saat berada di ketinggian. Selain terpacunya adrenalin, berada di gardu pandang di atas tingginya perbukitan, kita dapat menikmati birunya langit yang membentang, hijaunya tanaman dari ketinggian dan keindahan alam berupa matahari terbit maupun tenggelam.

Puncak Watu Goyang, Bantul, Jogyakarta

Disamping keindahan alam tersebut, puncak Watu Goyang menawarkan keindahan alam yang lebih menarik lagi, dimana selain dapat menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam, kita juga dapat  melihat Puncak Makam Raja-Raja Imogiri dari ketinggian. 

Keistimewaan dari puncak Watu Goyang yang paling khas adalah keindahan alam saat matahari terbenam karena keberadaannya langsung menghadap ke arah barat sehingga moment saat matahari dengan perlahan memasuki peraduannya menjadi satu pemandangan yang sangat indah.

Petualangan MMC Smanda88 Di Jogyakarta, Puncak Watu Goyang, Bantul
MMC smanda88 di Watu Goyang, Bantul

Baru pada pertengahan tahun 2016, objek wisata Puncak Watu Goyang mulai diberdayakan oleh masyarakat sekitar namun baru benar-benar dapat dinikmati beberapa waktu ini oleh masyarakat umum. Pemda Bantul berperan aktif dalam mempersiapkan infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya seperti parkir dan WC serta beberapa gazebo. 

Objek wisata unik ini buka sehari semalam sehingga wisatawan dapat berkunjung kapan saja baik pagi, siang maupun malam, akan tetapi lebih baik jika datang ke puncak Watu Goyang pada saat menjelang matahari terbenam.

Rute Perjalanan Menuju Puncak Watu Goyang

Objek wisata Puncak Watu Goyang ini berada dekat dengan jalan raya sehingga mudah ditemukan. Dari jalan Imogiri timur silahkan menuju ke desa Mangunan yang satu arah dengan Imogiri, makam raja-raja kesultanan Yogyakarta. 

MMC smanda88 menggunakan jeep menuju Watu Goyang
Pose menarik MMC smanda88 diatas Jeep
di Watu Goyang, Bantul

Ketika tiba di jalan yang menanjak, akan terlihat papan nama restoran Bumi Langit. Nah, bila sudah menemukan papan nama tersebut, maka maka lokasi wisata puncak Watu Goyang sudah dekat. Jalanan menuju lokasi sedikit berbatu dan lokasi parkir masih berupa tanah luas yang diratakan dengan sengaja, hati-hati saat hujan karena licin. 

Wisatawan dapat parkir kendaraan dengan leluasa dan boleh langsung ditempatkan di sebelah anak tangga yang dibuat untuk naik ke puncak Watu Goyang, dan tidak ada biaya retribusi untuk naik karena pengelola hanya menarik biaya parkir kendaraan yang digunakan.

Tangga Menuju Watu Goyang
MMC smanda88 di tangga menuju
Watu Goyang

Untuk menuju puncak bukit Watu Goyang hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit dari tempat parkir karena bukitnya tidak terlalu tinggi dan tangga yang dibuat sudah sangat nyaman untuk pejalan kaki. 

Asal Nama Watu Goyang

Nama Watu Goyang berasal dari bahasa Jawa yang berasal dari kata “watu” atau batu dan “goyang” atau bergoyang sehingga watu goyang diartikan sebagai batu bergoyang. Faktanya, batu yang berada di puncak  bukit akan bergoyang jika disentuh atau di dorong sedikit. 

Watu Goyang, Bantul
Rita berpose disamping Watu Goyang

Menurut pihak pengelola objek wisata unik ini, goyangan batu tersebut masih dalam taraf aman, tidak sampai menggelinding, meskipun demikian, di sekitar batu tersebut tetap diberi peringatan untuk tidak menaiki batu tersebut karena berbahaya.  

Dan, batu tersebut konon, sudah ada sejak pengelola tempat wisata ini masih kecil dan bukit Watu Goyang ini pada jaman dulu merupakan tempat yang wingit atau angker.

Gardu Pandang Watu Goyang
Pose unik MMC smanda88 di Gardu Pandang
Watu Goyang

Penutup

Itulah ulasan tentang objek wisata Puncak Watu Goyang di dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Bantul, Jogyakarta. Salah satu objek wisata perbukitan dengan ciri khas gardu pandang untuk menikmati keindahan alam dan sebuah batu yang jika disentuh akan bergoyang.

Jika sedang berada di kota Gudeg maka jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat wisata baru di desa Mangunan ini.

Semoga petualangan MMC smanda88 ini dapat memberikan informasi sebagai bahan rujukan perjalanan wisata anda di kota Jogyakarta.

Semoga Bermanfaat..

1 comments: