Home » » Jalan-jalan Ke Air Terjun Mata Buntu Wasuponda, Luwu Timur

Jalan-jalan Ke Air Terjun Mata Buntu Wasuponda, Luwu Timur

Jalan-jalan Ke Air Terjun Mata Buntu Wasuponda, Luwu Timur – Indonesia memiliki banyak wisata alam air terjun yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya adalah air terjun Mata Buntu yang berada di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Berikut ini adalah perjalanan wisata seorang sahabat smanda88 yang berada di kota Balikpapan, seorang mahasiswa UNIBA Balikpapan semester akhir bernama Widjanarko Setiawan yang mengisi liburan dengan mengunjungi air terjun Mata Buntu, Luwu Timur.

Jalan-jalan Ke Air Terjun Mata Buntu Wasuponda, Luwu Timur
Widjanarko Setiawan di Air terjun Mata Buntu

Baca Juga :

Pesona Air Terjun Mata Buntu

Memasuki lokasi air terjun ini kita akan disambut suara kicauan burung dan derik suara serangga di alam bebas serta pemandangan alam yang indah khas pegunungan. Seolah memasuki dimensi lain yang berbeda dari kehidupan dunia ramai yang kita jalani setiap hari, mata dan perasaan kita seolah dimanjakan suasana alam yang asri dan damai.

http://www.smanda88.com/2018/04/eksotisme-dan-fakta-dibalik-blue-fire-kawah-ijen.html
Suasana alam yang asri dan damai di lokasi
Air Terjun Mata Buntu

Sepanjang kaki melangkah terasa harmoni alam menyatu dalam jiwa raga, sehingga dapat melupakan dan membuang sejenak beban kehidupan sehari hari.

Untuk mencapai air terjun Mata Buntu dibutuhkan tenaga ekstra mengingat lokasinya berada di ketinggian dan hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki dan harus menapaki sekitar 210 anak tangga. Namun, jerih payah kita akan terbayar lunas saat melihat pemandangan indah air terjun Mata Buntu ini.

http://www.smanda88.com/2018/04/eksotisme-dan-fakta-dibalik-blue-fire-kawah-ijen.html
Air Terjun Mata Buntu, Luwu Timur

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, dimana air langsung mengalir dari ketinggian menimbulkan suara menderu-deru. Namun, pada air terjun Wasuponda ini, air mengalir dengan tenang melalui batu berundak mirip anak tangga, menyisakan suara gemericik yang lembut di telinga kita dan menciptakan suasana damai.

http://www.smanda88.com/2018/04/eksotisme-dan-fakta-dibalik-blue-fire-kawah-ijen.html
Kenangan Widjanarko di Air Terjun Mata Buntu

Pada tahun 2003, Air Terjun Mata Buntu ini mulai dibuka untuk umum dan sejak Tahun 2007 hingga sekarang, tempat wisata ini terus di kembangkan, jalan masuk ke lokasi sudah di aspal meskipun beberapa titik ada jalan yang berlubang tapi tidak sampai menghambat wisatawan untuk berkunjung.
Hingga sekarang, wisata alam Air terjun Mata Buntu menjadi objek wisata yang diminati warga Luwu Timur bahkan dari luar daerah sekalipun.

Lokasi Air Tejun Mata Buntu

Untuk menuju lokasi air terjun Mata Buntu, dari Malili, Ibukota Kabupaten Luwu Timur mengarah ke Kecamatan Wasuponda menggunakan mobil angkutan umum atau ojek. Jika menggunakan mobil pribadi anda bisa langsung menuju lokasi air terjun, namun jika menggunakan jasa angkutan umum. Anda harus berhenti di Lapangan Wasuponda terlebih dahulu.

Kemudian menyewa ojek dengan biaya Rp 15 ribu untuk masuk ke lokasi air terjun Mata Buntu.

Fasilitas Di Air Terjun Mata Buntu

Fasilitas yang tersedia di wisata alam air terjun Mata Buntu ini cukup lengkap yaitu bangunan rest area dua unit, satu gasebo, toilet dan kolam renang. Untuk keperluan wisatawan yang ingin beristirahat, sebuah gazebo disediakan untuk menampungnya sambil menikmati pemandangan alam dengan percikan air terjun yang membentuk embun dan menghasilkan bias cahaya mirip pelangi.

Selain berjalan-jalan menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat berkemah dan melakukan petualangan ditempat ini.

Penutup

Demikian ulasan tentang perjalanan wisata salah seorang sahabat smanda88 ketika mengunjungi air terjun Mata Buntu yang berada di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Jika anda ingin mengunjungi wisata alam yang indah ini, informasi yang kami sajikan mudah-mudahan dapat membantu.


1 comments: