Home » » Festival Durian Hutumuri Ambon 2018

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018 –Jika di kota Malang Raya telah diadakan festival Durian di tempat-tempat tertentu seperti Pasar Parkiran Batu, Lapangan Rampal dan yang terakhir di alun-alun Tugu Malang, maka pada hari Sabtu, 7 April 2018, di negeri Hutumuri, Ambon, satu negeri merayakan kemeriahan pesta durian.

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Festival Durian Hutumuri Ambon 2018

Negeri Hutumuri Siwa Samasuru Amalatu terletak di pulau Ambon, kecamatan Leitimur Selatan, kota Ambon, provinsi Maluku.

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Negeri Hutumuri, Ambon
Gambar : Eddy Sameaputty

Disebut negeri karena sistem pemerintahan di Maluku memiliki sistem pemerintahan tersendiri yang terdiri atas Raja, Saniri, Soa, Kewang, Fam dan Matinyo. Berbeda dengan system pemerintahan pada kerajaan-kerajaan di daerah lain.

Negeri Hutumuri adalah salah satu negeri di kota Ambon yang merupakan salah satu penghasil Durian terbaik di Indonesia. Meskipun terletak di peraiaran namun tanah karang yang ada di negeri Hutumuri sangat cocok untuk pertumbuhan pohon Durian. 

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Pemandangan Pantai Negeri Hutumuri, Ambon
Gambar : Kesultanan dan Kerajaan di Indonesia
Pohon-pohon durian di negeri yang kaya akan buah Durian ini sudah ada sejak tahun 1860 an dan diwariskan secara turun temurun hingga sekarang.  Sangat unik, buah Durian yang sudah ratusan tahun di negeri ini mampu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi warganya.

Dan dari buah Durian ini pula tercipta budaya-budaya yang mampu menambah kerukukan bermasyrakat warga negeri Hutumuri, salah satunya adalah Festival Durian Hutumuri 2018 ini.

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018

Memasuki pintu gerbang negeri Hutumuri, aroma Durian menebar ke segala penjuru, menguasai hampir seluruh negeri,  menyengat indra penciuman orang-orang yang berdatangan ke festival Durian tahunan ini. 

Bagaimana tidak?

Ribuan buah-buah durian berjejer sepanjang desa, tumpah ruah, seolah kita sedang melintasi lautan Durian. Durian dari dusun-dusun seolah tidak ada habisnya, hilir mudik dibawa menggunaka mobil-mobil pickup.

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Gambar : siwalimanews.com

PT. MMN atau Maluku Membangun Negeri di dukung Pemerintah kota Ambon sebagai penyelenggara acara ini melihat potensi, semangat dan antusias warga negeri Hutumuri tergerak untuk menyelenggarakan Festival Durian yang diakui sebagai festival buah berduri pertama di Maluku.

Jika sebelumnya acara seperti ini meskipun bukan dalam bentuk festival diisi dengan beraneka macam buah-buahan, maka kali ini hanya khusus buah Durian saja.

Festival Durian Hutumuri Ambon 2018
Durian Hutumuri, Ambon
Gambar : Info Ambon

Pengunjung festival buah dewa ini tidak hanya berasal dari kota Ambon dan sekitarnya saja namun pecinta durian dari berbagai daerah di Indonesia juga turut hadir untuk merasakan kelezatan buah Durian Hutumuri. Termasuk Dea Imut, artis ibukota yang sangat menggemari buah durian.

Sambil menikmati gumpalan-gumpalan buah Durian, pengunjung festival Hutumuri 2018 ini juga disuguhi dengan berbagai atraksi seni serta lantunan suara merdu nona-nona Ambon menyanyikan lagu-lagu Hawaian.

Penutup

Itulah kemeriahan Festival Durian Hutumuri 2018, semoga dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain di Indonesia dalam menggali potensi daerahnya masing-masing. 

Semoga Bermanfaat..




2 comments: