Home » » Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang

Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang

Menikmati Indahnya Jembatan Suhat Malang Pada Malam Hari – Jembatan Suhat atau jembatan Soekarno Hatta, Dinoyo, Malang, pada siang hari merupakan salah satu titik kemacetan di kota Malang.  Jembatan yang tepat berada di depan kampus Universitas Brawijaya Malang ini menghubungkan daerah Blimbing melewati Sungai Brantas menuju Betek, Sumbersari dan Dinoyo, Malang.

Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang
Jembatan Soekarno Hatta, sekarang pada malam hari

Hampir setiap hari jembatan yang berumur tepat  30 tahun ini dipenuhi dengan kendaraan-kendaraan pribadi. Dahulu, ketika belum mengetahui fakta-fakta dibalik jembatan yang dibangun pada tahu 1988 ini, kita akan menyusuri jembatan ini dengan tenang. Namun, berbeda rasanya ketika sudah mengetahui beberapa fakta tentang uzurnya jembatan Soekarno Hatta ini.

Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang
Jembatan Suhat dahulu, terlihat melengkung
Gambar : Tribunnews

Berbeda dahulu, beda pula sekarang. Saat ini Jembatan Soekarno Hatta sudah diperbaiki dan semakin kokoh di usianya yang sudah 30 tahun. Dan, pada malam hari, jembatan Suhat ini menjadi indah karena telah dipasang lampu warna warni. Sehingga melewati Jembatan Suhat menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Untuk lebih mengenal Jembatan Soekarno Hatta, berikut ini adalah beberapa fakta tentang jembatan di depan kampus Universitas Brawijaya ini.

Fakta-fakta Dibalik Jembatan Soekarno Hatta Dahulu


Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang
Jembatan Suhat dulu pada siang hari

  1. Jembatan Soekarno Hatta Malang dibangun pada tahun 1988 dengan konstruksi baja. Itu artinya saat ini usia Jembatan Suhat hampir 30 tahun. Satu usia yang cukup tua untuk sebuah jembatan, namun tetap saja digunakan untuk melayani masyarakat  Malang yang berlalu lalang di atasnya.
  2. Pada tahun 2013 Pemerintah Kota Malang pernah memberlakukan jalur satu arah untuk lingkar Universitas Brawijaya (UB). Proyek tersebut telah diuji coba namun mendapat  tentangan dari mahasiswa dan masyarakat sekitar.
  3. Jembatan Suhat pernah diwacanakan akan direnovasi dan diganti dengan jembatan baru. Namun hingga saat ini belum ada renovasi menyeluruh dari instansi terkait.
  4. Sensasi bergetar saat melintasi jembatan renta ini akan Anda rasakan di momen-momen tertentu. Bahkan, seringkali membuat Anda yang melintasi jadi merasa khawatir dan  ketakutan.
  5. Jembatan Suhat juga pernah digosipkan melengkung karena usianya yang sudah tua. Hingga  akhirnya beberapa ahli melakukan uji forensik terhadap jembatan satu ini.
  6. Uji forensik yang dilakukan Universitas Brawijaya membuktikan bahwa Jembatan Suhat  mengalami  kerusakan parah. Tim forensik UB yang diketuai Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UB Ir. Sugeng P. Budio M.S menegaskan sejumlah kerusakan tersebut. Pertama adalah lendutan kelengkungan tidak sesuai dengan batas maksimal saat dirancang yaitu maksimal  6 sentimeter. Hasil uji forensik UB kala itu menyatakan kondisi lendutan sudah mencapai 18,7 sentimeter. Kedua, baut sambungan jembatan banyak yang bengkok.
Mahasiswa FIA UB dengan latar Jembatan Suhat
Mahasiswa FIA UB dengan latar Jembatan Suhat

Itulah beberapa fakta menarik yang harus kita ketahui tentang Jembatan Soekarno Hatta atau lebih dikenal dengan nama Jembatan Suhat, sebelum dilakukan perbaikan pada tahun 2017 dan menghabiskan anggaran hingga Rp. 4,06 miliar.

Jembatan Soekarno Hatta Pada Malam Hari

Sekarang kita akan merasa tenang saat melewati Jembatan Suhat meskipun pada jam-jam tertentu macetnya cukup parah sehingga membuat kita enggan melewatinya atau ingin segera melewatinya dengan cepat.

Jembatan Soekarno Hatta Pada Malam Hari
Jembatan Soekarno Hatta Pada Malam Hari

Berbeda pada malam hari, justru kita ingin melambatkan kendaraan saat melewati jembatan ini. Gemerlap lampu berwarna warni yang menghiasi jembatan ini membuat pengendara diatasnya menjadi terpukau dan sejenak melupakan kemacetannya.

Jembatan Soekarno Hatta Malang, Fakta Dahulu Dan Sekarang
Kemeriahan lampu warna warni di Jembatan Suhat

Suasana meriah ini seolah mampu meredam keinginan kita untuk segera berlalu dari jembatan ini, bahkan beberapa pengendara motor turun untuk sekedar mengabadikan keindahan tempat ini

Penutup

Itulah sekelumit ulasan tentang Jembatan Soekarno Hatta, Malang, baik fakta-fakta sebelum dilakukan perbaikan maupun keindahannya pada malam hari.

Semoga Jembatan Suhat tetap terjaga dan semakin menarik agar kita yang melewatinya merasa tenang, nyaman dan selamat sampai tujuan.



1 comments: