Home » » Perjalanan Ratih Hayuningdyah Ke Chin Swee Temple, Genting Highland

Perjalanan Ratih Hayuningdyah Ke Chin Swee Temple, Genting Highland

Perjalanan Ratih Hayuningdyah Ke Chin Swee Temple, Genting Highland – Pada tanggal 12 Maret 2013 atau 5 tahun yang lalu, tepat di hari ulang tahunnya, Ratih Hayuningdyah melakukan perjalanan wisata ke Chin Swee Temple, Genting Higland, Malaysia. Perjalanan wisata ke Malaya ini merupakan kado ulang tahun dari putrinya tercinta, Shanty.

Sebenarnya, sosok wanita ayu yang rendah hati ini tidak mau membeberkan kisah perjalanannya ke Chin Swee temple, namun ketertarikan penulis terhadap tempat-tempat wisata baru baik di Indonesia maupun manca Negara, membuatnya luluh lalu memberikan ijin untuk meng-upload foto-fotonya.

Tidak ada niatan untuk pamer atau menonjolkan diri namun hanya sekedar berbagi informasi tentang tempat wisata di negara tetangga sebagai penambah wawasan kita.

Perjalanan Ratih Hayuningdyah Ke Chin Swee temple, Genting Higland
Chin Swee Temple, Genting Highland, Malaysia

Pendiri Chin Swee Temple adalah Tan Sri Dato Lim Goh Tong, sekaligus pendiri Genting Highland. Kuil ini  dibangun untuk menghormati para leluhur yang berasal dari Fujian, Tiongkok. Memang bentuknya sederhana namun Kuil Chin Swee Caves ini menawarkan pemandangan menakjubkan bagi pengunjung yang ingin menikmati ketenangan.

Ratih dan Shanty dengan latar Pendiri Genting Highland
Ratih dan Shanty dengan latar Pendiri Genting Highland

Sesekali hujan turun dan kabut tipis sering menyapa menunjukkan jika Chin Swee Temple memang berada di ketinggian.

Berikut ini adalah ulasan tentang tempat wisata spiritual Chin Swee Temple yang berada di Genting Higland, Malaysia.

Baca Juga Perjalanan Alumni smanda88 Ke Luar Negeri :

Chin Swee Temple, Genting Highland, Malaysia

Kuil Chin Swee merupakan tempat peribadatan bagi umat Taoisme yang berada di  dataran tinggi Genting, Malaysia. Letaknya berada di ketinggian 4600 di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang begitu indah. 

Sebuah Pagoda dengan 9 lantai tampak menjulang menyentuh langit. Jika langkah kaki kita masih kuat, jangan lewatkan untuk menaiki pagoda ini hingga lantai teratas kerana dari puncak pagoda, kita dapat melihat pemandangan 360 derajad dari segala penjuru Genting Highland.

Pagoda Chin Swee Temple
Pagoda Chin Swee Temple

Sebelum menjadi Kuil, tempat ini dulunya merupakan plot area berbatuan dan hutan yang berada dalam kepemilikan Grup Genting, Pada tahun 1994, Chin Swee Caves Temple ini dibuka setelah dua puluh tahun sebelumnya mengalami pembangunan secara berkala.

Saat ini, Chin Swee Caves Temple telah mengalami modernisasi. Namun demikian,  kita tetap dapat menikmati pemandangan indah di puncak ketinggiannya.

Lokasi Chin Swee Caves Temple cukup strategis sehingga mudah diakses baik menggunakan gondola Awana SkyWay atau melalui jalan darat.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan saat berada di Chin Swee temple.

1. Perjalanan Dari Neraka ke Surga Sebagai Bahan Intropeksi Diri

Ada satu bagian yang menarik perhatian kita saat keluar dari Awana Skyway. Kita akan melewati lorong jalan yang di sampingnya terdapat patung-patung. Menurut ajaran Taoisme, Lorong ini bercerita tentang perjalanan dari neraka ke surga saat di alam baka. 

Setiap tahapan dalam lorong ini menceritakan lapisan-lapisan neraka  saat berada di alam baka bila kita jatuh di dalamnya dan di adili sesuai dengan dosa-dosa kita semasa hidup di dunia. Semakin tinggi tahapan lorong yang kita lewati maka semakin menyeramkan hukuman yang akan kita terima hingga tahap teratas.

Lorong Neraka menuju Surga
Lorong Neraka Menuju Surga
Chin Swee Temple

Setelah dosa-dosa kita terbayar dengan merasakan hukuman di neraka, maka kita kembali bersih dan berhak meraskan indahnya surgawi.

Itulah makna yang terdapat dalam lorong yang berada di Chin Swee temple, perjalanan menuju pencerahan atau “Journey to Enlightment.” 

2. Mengunjungi Kuil

Dalam kawasan Chin Swee Temple, terdapat sebuah kuil peribadatan yang berada pada level 7. Bagi penganut  Taoisme, kesempatan ini dimanfaatkan untuk memanjatkan doa dan pujian menggunakan media dupa dan uang kertas atau kim chua.

Ratih bersama Panglima Thio dalam legenda Sam Kok
Ratih bersama Panglima Thio
dalam legenda Sam Kok

Jika di Indonesia, saat beribadah di kuil kita bisa membayar dengan sukarela, maka di Chin Swee Temple ini kita harus membayar sebesar 10 RM sebagai pengganti dupa dan kim chua.

3. Menikmati Semilir Angin 

Saat berada dalam kawasan kuil, kita akan merasakan sejuknya angin yang berhembus sepoi-sepoi dan menyentuh lembut kulit membuat rasa tenang di hati. Sehingga cocok bagi mereka yang akan melakukan meditasi atau pemulihan jiwa.

Ratih Menikmati Semilir Angin di Chin Swee Temple
Ratih Menikmati Semilir Angin
di Chin Swee Temple

4. Berburu Foto Instagramable

Bagi penggemar fotografi, kesempatan saat berada di Chin Swee temple adalah berburu foto-foto instagramable. Banyak spot-spot foto yang menarik baik pemandangan alamnya maupun objek-objek bangunan seperti patung Budha dan Kuan-Yin yang berukuran besar.

Ratih bersama patung Biksu Tom Sam Cong
Ratih bersama patung Biksu Tom Sam Cong

5. Naik Gondola Awana Skyway

Berkunjung ke Chin Swee Temple tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba menaiki gondola Awana Skyway. Pada tahun 2013 harga tiket naik gondola sebesar 6 RM sekarang naik menjadi 8 RM.

Sensasi yang mampu meningkatkan adrenalin adalah saat berada di lantai paling atas SkyAvenue Mall, sensasi lebih menantang dapat kita rasakan dengan menaiki gondola berlantai kaca bening dengan membayar 50 RM.

Gondola Awana Skyway
Gondola Awana Skyway

Selama naik gondola dengan kecepatan 6 m/detik dari SkyAvenue Station melewati Awana SkyWay menuju Chin Swee Temple terasa ada sensasi yang menggelitik dan menjadi pengalaman mendebarkan ketika menyeberang batas jurang sejauh 3.4 km. 

Terlebih lagi jika menumpang cable car glass floor. Rasanya, kaki dan dengkul menjadi lemas seketika. Sehingga sebaiknya sewaktu naik gondola Awana SkyWay adalah mengatur nafas agar tidak cepat panik apabila gondola sedikit berguncang karena kencangnya angin. 

Penutup

Itulah sekeluit ulasan tentang objek wisata spiritual Chin Swee Temple yang berada di Genting Highland, Malaysia. Tulisan ini terinspirasi dari foto-foto perjalanan Ratih Hayuningdyah, alumni smanda 88 Malang, saat melakukan wisata ke negeri Malaya.


3 comments:

  1. Semalam di malaya, judul lagu yg mengisahkan perjalanan ke malaysia. Kini, ratih tidak hanya semalam tapi beberapa malam menikmati keindahan alam negeri jiran.

    ReplyDelete
  2. Suuiip... nice trip... semangat buat sang penulis...

    ReplyDelete