Home » » Menikmati Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang

Menikmati Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang

Menikmati Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang - Julukan Malang Kota Indah memang bukan isapan jempol  belaka, karena memang banyak terdapat tempat-tempat yang indah sebagai tujuan wisata. Dari stasiun Kota Baru, tepat di depannya adalah sebuah taman yang menjadi salah satu ikon Kota Malang yaitu Taman Alun-alun Tugu atau Taman Balaikota Malang. 

Menikmati Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang
Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang
Baca Juga :


Tidak hanya warga kota Malang saja yang mengunjungi taman penuh bunga teratai ini, namun wisatawan dari luar daerah bahkan dari manca negara juga banyak yang berkunjung ke tempat ini. 

Untuk menikmati keindahan taman yang berada tepat di depan Balaikota Malang ini tidak dipungut biaya alias gratis. Berikut ini adalah perjalanan wisata Fery Feriansyah, alumni smanda88, bersama keluarga menikmati keindahan Taman Alun-alun Balaikota Malang, pada pagi hari.

Pesona Alun-alun Tugu Malang

Perpaduan antara taman dan monument Tugu membuat Taman Balaikota Malang ini menjadi satu tempat yang penuh pesona.

Kolam air yang yang dihiasi dengan bunga-bunga teratai mengelilingi monument bersejarah ini. Dalam kolam terdapat banyak ikan-ikan kecil yang berwarna warni dilengkapi dengan beberapa titik air mancur yang memancar setiap pagi dan malam hari.

Fery dan Alun-alun Tugu
Fery Feriansyah di Alun-alun Tugu Malang

Selain menambah keindahan taman Balaikota Malang, Air mancur ini juga berguna membantu sirkulasi air kolam.

Para wisatawan atau warga kota Malang memanfaatkan Taman Balaikota Tugu sebagai tempat berolahraga maupun rekreasi keluarga yang murah meriah. Bagi penggemar fotografi, keindahan taman alun-alun Tugu ini menjadi spot fotografi yang menarik.

Fery Junio di Alun-alun Tugu Malang
Fery Junior di Alun-alun Tugu Malang

Sejarah Alun-alun Tugu Malang

Taman alun-alun Tugu Malang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Menurut catatan sejarah, taman balaikota ini dibuat oleh Jendral Pieter Zoen Coen, Gubernur Pemerintah Hindia Belanda yang berkuasa di Indonesia sebagai taman pelengkap halaman gedung Gubernuran Hindia-Belanda.

Menikmati Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang
Balaikota Malang dan Taman Alun-alun Tugu

Pertama kali dibangun, taman alun-alun Tugu hanya berupa taman terbuka yang belum ada pagar dan belum ada tugunya.   Baru setelah kemerdekaan, dibuat monument Tugu dan dibangun pagar keliling taman. Pembangunan monument Tugu ini diresmikan oleh Ir. Soekarno dan A.G. Suroto.

Taman Alun-alun Tugu
Taman Alun-alun Tugu

Namun, pada saat terjadi agresi militer Belanda I, tahun 1948, monument Tugu ini dihancurkan oleh Belanda. 

Kemudian, pada tahun 1953, pemerintah daerah Malang membangun kembali Monumen Tugu seperti semula yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Jaga Kebersihan Alun-alun Tugu Malang
Jaga Kebersihan Alun-alun Tugu Malang

Alun-alun Tugu Pada Malam Hari

Pada malam hari, mulai wilayah stasiun hingga taman Balaikota Malang terbilang cukup sepi dan lenggang.  Namun, ketika mencermati tempat itu dengan seksama, akan kita lihat di beberapa tempat banyak bertebaran para kupu-kupu malam dan waria.

Tak jarang juga akan kita temukan pasangan yang sedang pacaran atau bermesraan di sela-sela rimbunnya taman.

Alun-alun Tugu Malang Pada Malam Hari
Alun-alun Tugu Malang Pada Malam Hari
Foto : Rahmad Husnianto

Meskipun petugas satpol PP kota Malang selalu mengadakan patrol rutin untuk menertibkannya, namun keberadaan mereka hingga kini masih tetap ada. Sehingga sebaiknya jangan berkunjung ke Taman Alu-alun Malang pada malam hari. Disamping kegelapan malam menutupi keindahan taman ini, tempat ini cukup rawan pada malam hari.

Berikut ini adalah beberapa foto lain tentang Alun-alun Tugu Balaikota Malang yang diabadikan oleh Rahmad Husnianto saat jalan-jalan ke tempat ini.

Alun-alun Tugu Balaikota Malang pada malam hari

Alun-alun Tugu Malang pada malam hari


Penutup

Itulah sekelumit ulasan tentang Taman Alun-alun Kota Malang yang menjadi salah satu ikon Kota Bunga ini.Apabila anda berkunjung ke Kota Malang terutama menggunakan moda angkutan kereta api, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan taman Balaikota Malang ini.


Semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. Ternyata setelah dipandang berkali-kali keindahan alun-alun tugu tampak juga ....

    ReplyDelete