Home » » Taman Wisata Wendit Malang, Lokasi, Tarif Dan Tempat Rahasianya

Taman Wisata Wendit Malang, Lokasi, Tarif Dan Tempat Rahasianya

Taman Wisata Wendit Malang, Lokasi, Tarif Dan Tempat Rahasianya - Salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan agenda untuk melepas penat selama lima hari bekerja dan beraktifitas adalah taman wisata Wendit. Tempat wisata ini tidak kalah menariknya dengan tempat wisata yang lain. 


Taman Wisata Wendi Dan Rahasianya

Lokasi Taman Wisata Wendit

Taman Wisata Wendit terletak di Kabupaten Malang tepatnya di desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dari arah Kota Malang menuju ke daerah bagian timur kurang lebih lima kilometer ke daerah Pakis. Untuk mencapai tempat tersebut sangatlah mudah. Ada angkutan umum yang melewati tempat tersebut yaitu Mikrolet dengan jalur TA (Tumpang-Arjosari). 

Selain itu akses jalannyapun juga sangat mudah dan bagus. 

Tarif Masuk Taman Wisata Wendit

Untuk bisa masuk tempat wisata Wendit tidak mahal. Dengan harga tiket masuk Rp 15.000,- untuk orang dewasa dan Rp 10.000,- untuk anak-anak. Cukup murah bukan?  Karena itulah tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang tidak boleh dilupakan untuk  dikunjungi bagi warga Malang. 


Dan istimewanya hal ini merupakan acara khusus yang wajib dilakukan bagi warga Kabupaten Malang Biasanya pada Hari Raya Ketupat. Warga berbondong-bondong menggunakan truk untuk datang ke tempat ini. Pada moment  inilah Wendit dipadati pengunjung dari Kabupaten Malang.

Sejarah Taman Wisata Wendit

Wisata pemandian Wendit atau Mendit merupakan taman wisata serta pemandian tertua di Malang. Keberadaan pemandian ini sudah ada sejak jaman kerajaan dahulu, bahkan Raja Hayam Wuruk menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat peristirahatannya.



Asal mula nama Wendit berasal dari kata “Wendito”  yang berarti “Pendito” atau Pendeta.  Nama ini diambil berdasarkan cerita lama yang menjadi kisah turun-temurun di masyarakat.

Konon, sumber air Wendit muncul karena adanya pergeseran gunung Widodaren yang berakibat timbulnya kekeringan dimana-mana.  Hingga, seorang Pendito atau Pendeta melakukan semedi di wilayah Mangliawan, dan muncullah sebuah sumber air yang jernih dan tidak habis-habis kemudian diberi nama Wendit.

Kisah lain yang melengkapi kemisteriusan pemandian Wendit  adalah keberadaan monyet-monyet di tempat ini. Dari masa ke masa, jumlah monyet yang ada di tempat wisata ini, tidak bertambah atau berkurang. Sedangkan jumlahnya berapa, hingga sekarang masyarakat sekitar tidak mengetahuinya dengan pasti.

Monyet Taman Wisata Wendit
Monyet-monyet di taman wisata Wendit

Konon, kera atau monyet-monyet ini merupakan utusan dari sebuah kerajaan di Tengger untuk menjaga kelestarian sumber mata air di Mendit.

Pada masa penjajahan Belanda, pemandian Wendit diubah menjadi  sebuah tempat peristirahatan dan pemandian yang dilengkapi dengan lapangan tenis. Pohon-pohon ditanam sehingga tempat ini menyerupai sebuah hutan kecil.

Ketika masa penjajahan Jepang berlangsung, tempat wisata Wendit tidak terurus sehingga rusak dan terbengkalai. Kemudian oleh pemerintah daerah Malang diperbaiki lagi.

Pendopo taman wisata Wendit
Pendopo taman wisata Wendit

Sebagai tempat wisata yang tergolong tua, Wendit mengalami renovasi pada tahun 2006. Dan saat itulah pengelolaan taman wisata ini dipercayakan kepada Pemerintah Kabupaten Malang. Perombakan ini berupa penambahan wahana tempat berenang yaitu Water Boom dan beberapa sarana bermain untuk memanjakan pengunjung. 

Tempat-tempat Rahasia di Taman Wisata Wendit

Berikut ini kami berikan penjelasan tentang beberapa tempat yang wajib di ketahui pengunjung Taman Wisata Wendit, di antaranya adalah

1. Kolam Renang 

Ada beberapa kolam renang yang disediakan di Wendit . 

Yang pertama, di sebelah kiri terdapat kolam renang yang tidak terlalu dalam. Di pinggir-pinggir kolam terdapat tenda-tenda untuk beristirahat. Bentuk kolam lebih mirip huruf S. 

Kolam renang taman wisata Wendit


Yang kedua, di sebelah kanan terdapat kolam renang juga yang khusus untuk orang dewasa dan bersifat agak tertutup. Kolam ini dikelilingi pagar-pagar tembok. Lebih dalam airnya. Lebih bersih kelihatannya. Pada saat tidak ada pengunjung khusus, kolam ini tertutup dan pintunya terkunci rapat.


Water Boom Taman Wisata Wendit


Yang ketiga adalah kolam renang untuk anak-anak yang disertai wahana Water Boom kecil. Kolamnya juga tidak dalam, hanya setinggi lutut orang dewasa. 

Yang keempat adalah kolam air yang luas . Di sini kita bisa menikmati asyiknya berperahu. Berkeliling kolam yang luas. Airnya yang jernih membuat mata kita bisa melihat dasar kolam dengan jelas. Banyak ikan yang hidup di sini.  

2. Sendang Widodaren

Di sebelah utara, dekat sumber yang besar terdapat sebuah tempat yang terlindungi oleh pohon beringin besar dan pohon yang juga dianggap tua yaitu Pohon Elo. Tempat ini merupakan sebuah tempat yang dikeramatkan. Dikatakan seperti itu karena tidak semua orang boleh memasuki tempat ini. Hanya orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu dan mau melakukan ritual tertentu berkaitan dengan tujuan dari orang tersebut. 

Sendang Widodaren Wendit
Sendang Widodaren, taman wisata Wendit

Menurut keterangan dari Bapak Arifin, salah seorang penjaga sendang mengatakan bahwa :
Orang-orang yang akan melakukan ritual di sendang, harus melewati beberapa kegiatan khusus yang sudah ditentukan agar tujuannya bisa tercapai, yaitu :
  1. Mandi atau bersuci di sendang.
  2. Bersemedi atau berdoa di Pesarean Mbah Kabul yang terletak di sebelah sendang.
  3. Memberi makan kera-kera yang ada di tempat itu.”

Menurut beliau, air sendang ini dipercaya memiliki banyak manfaatnya. Diantaranya untuk melancarkan usaha, untuk memperlancar rejeki, untuk menyembuhkan suatu penyakit, dan sebagainya. Untuk itulah di depan pintu disediakan diregen barangkali ada pengunjung yang berminat membawa pulang air sendang.

Kolam widodaren, Wendit
Kolam khusus Sendang Widodaren

Melalui sebuah pintu kecil kita masuk ke area sendang. Tidak begitu besar tempatnya seperti yang kita bayangkan. Di sebelah kanan ada gua kecil yang hanya berukuran 50cm.  Dari dalam gua inilah bisa terlihat semburan dari sumber air sendang. Airnya sangat jernih hingga terlihat dasar sendang yang tidak begitu dalam. Batu, tanah, maupun ikan-ikan kecil  sangat jelas sekali terlihat. Karena tidak sabarnya kita mencoba juga untuk mencuci tangan. Sungguh, benar-benar air yang sejuk , segar, dingin, dan jernih.



Dalam sendang ini , pengunjung yang memiliki tujuan untuk melakukan bersih diri atau ritual bisa mandi, berendam, atau hanya bersuci saja. Petugas sudah menyediakan fasilitas seperti gayung ataupun bilik kecil untuk berganti baju. 

Kegiatan ini ternyata tidak hanya berlangsung pada siang hari saja tetapi bisa dilakukan pada malam hari sesuai permintaan pengunjung. 

3. Pesarean Mbah Kabul

Setelah melakukan ritual dalam Sendang Widodaren, kegiatan berikutnya adalah bersemedi di Pesarean Mbah Kabul.  Pesarean ini tempatnya berdampingan dengan sendang bahkan lebih kecil ukuran biliknya. Kurang lebih hanya mampu memuat paling banyak enam orang. 

Pesarean Mbah Kabul, Wendit
Pesarean Mbah Kabul, taman wisata Wendit

Dalam pesarean ini terdapat tiga arca yang berdiri berdampingan di bagian depan. Salah satu arca yang di tengah merupakan arca dari Raden Wijaya. 

Di sini biasanya pengunjung melakukan semedi atau renungan di dalam pesarean sesuai dengan tujuannya.  Kebanyakan dari mereka akan menyalakan dupa atau kemenyan dalam melakukan ritualnya. 

4. Makam Mbah Kabul

Makam ini terletak tepat di belakang Pesarean Mbah Kabul. Tidak ada dinding penutup yang mengelilingi makam. Tidak ada penutup di bagian atas makam. Hanya pagar besi yang mengelilinginya.  Bentuk makam lebih mirip sebuah batu yang berbentuk persegi panjang dengan panjang makam kira-kira 2m, lebar 60cm, dan tingginya 60cm.  

5. Wahana  Permainan

Tidak kalah menariknya tempat wisata ini  dengan berbagai fasilitasnya. Arena bermain anak-anak pun juga tersedia. Ada komedi putar, ayunan, dan mainan-mainan lainnya. Fasilitas ini tersedia di bagian dalam sebelum memasuki area kolam. 


Wahana permainan di taman wisata Wendit
Wahana Permainan di taman wisata Wendit

Dengan beberapa wahana yang tersedia di Taman Wisata Wendit tentu tidak akan membuat pengunjung ingin cepat-cepat pulang, yang pasti akan mengagendakan lagi untuk datang berlibur di tempat ini. 

Moment Spesial Di Taman Wisata Wendit

Selain tujuan berekreasi di Taman Wisata Wendit ini untuk refreshing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kita . Diantaranya :

1. Grebeg Suro dan Upacara Jamasan

Ada moment penting yang bisa kita lihat pada waktu tertentu di tempat ini yaitu Perayaan Grebeg Suro  dan  Upacara Jamasan (mensucikan benda pusaka). Kegiatan ini berlangsung di pendopo. 

Grebeg Suro di Taman Wisata Wendit


Grebeg Suro di Taman Wisata Wendit
Grebeg Suro di Taman Wisata Wendit

Perayaan Grebeg Suro ini dilakukan pada tiap-tiap bulan Suro. Kalau Upacara Jamasan dilakukan sesuai kesepakatan antara sesepuh dari lima wilayah yaitu Tengger, Pakisaji, Kepanjen, Batu, dan Tumpang. Upacara Jamasan ini adalah upacara dalam rangka mensucikan benda-benda pusaka terutama keris dengan menggunakan air dari Sendang Widodaren.

2. Kenakalan monyet

Keunikan dari tempat wisata ini adalah adanya penghuni lain yang hidup di sini yaitu monyet. Tidak diketahui berapa banyak monyet yang hidup di sini. Pengunjung harus hati-hati bila membawa makanan dalam wadah tas kresek. Sering kali monyet-monyet ini akan merebutnya. 

Kenakalan monyet di taman wisata Wendit
Monyet di taman wisata Wendit

3. Fasilitas jembatan Water Boom

Untuk menuju kolam Water Boom yang besar, kita akan melewati sebuah jembatan. Hati-hati dengan jembatan ini. Terutama bagi keluarga yang berlibur dengan anak-anak. Kalau mau teliti melihat di kanan dan kiri beberapa pagar jembatan terlihat sudah rusak. Sehingga tidak terlihat ada kayu pembatasnya. Hal ini sangat berbahaya bagi anak-anak. 

Jembatan yang rusak di taman wisata Wendit
Jembatan yang rusak di taman wisata Wendit

Penutup

Terlepas dari sedikit kekurangan yang terdapat dalam tempat wisata ini, kita wajib bangga dengan adanya tempat ini. 

Mengapa demikian? 

Menurut keterangan dari petugas bahwa Taman Wisata Wendit tidak akan direnovasi dalam artian diubah semua bangunannya. Tetapi hanya memberikan tambahan saja supaya lebih bisa menarik pengunjung.  Mereka beranggapan kalau tempat ini diubah total maka nilai sejarahnya akan hilang. 

Disamping itu mereka juga tidak mau menghilangkan peninggalan bersejarah yang ada di sini. Kalau perubahan itu terjadi, akan hilang pula nilai religius dari tempat ini. Yang terpenting sekarang adalah tetap menjaga kelestarian apa yang ada di tempat ini.

Itulah sedikit  wawasan tentang Taman Wisata Wendit. Dengan kita berkunjung ke tempat ini berarti kita ikut sedikit memberikan kontribusi untuk pemeliharaan dan pelestarian tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Malang.  

Malang, 21042018, Ulik Maula

Semoga Bermanfaat..







2 comments: