Home » » Tempe : Makanan Asli Indonesia, Manfaat dan Hak Patennya

Tempe : Makanan Asli Indonesia, Manfaat dan Hak Patennya

Tempe : Makanan Asli Indonesia, Manfaat dan Hak Patennya – Bagi masyarakat Indonesia, Tempe adalah makanan yang hampir setiap hari ada di meja makan. Tempe sebagai teman nasi atau sayuran dapat diolah menjadi beraneka ragam lauk seperti tempe goreng, Orem-orem, Sambel Tumpang, Mendol, Tempe Penyet dan lain-lain.

Faktanya, Tempe menjadi makanan yang sudah akrab dan dikenal  dengan baik oleh lidah masyarakat Indonesia.  Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang sudah di patenkan. Dan, Indonesia adalah produsen Tempe terbesar di dunia disusul Negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Tempe : Makanan Asli Indonesia, Manfaat dan Hak Patennya
Tempe : Makanan Asli Indonesia, Manfaat dan Hak Patennya
Foto : detikfood

Salah satu sentra produksi Tempe di Malang, Jawa Timur adalah daerah Sanan. Kepopulerannya dalam memproduksi tempe membuat daerah Sanan dijuluki dengan nama Sanan Tempe.

Bahan baku dari Tempe adalah kedelai ditambah dengan beberapa bahan lain lalu difermentasi menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Semua jenis kapang tersebut lebih dikenal dengan sebutan ragi tempe.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

1. Tempe Berfungsi sebagai Probiotik

Setiap makanan hasil fermentasi memiliki kandungan probiotik yang banyak manfaat, dimana mikroflora yang hidup dalam makanan fermentasi memiliki fungsi membentuk lapisan pelindung di usus dan melindungi pencernaan dari bakteri jahat. 

Tempe Goreng
Tempe Goreng

Sehingga Tempe dan makanan fermentasi lainnya dapat meningkatkan antibodi dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Tempe juga memiliki fungsi dapat mengatur rasa lapar, menurunkan gula dan memecah karbohidrat. 

Kandungan Probiotik dalam Tempe juga dapat membantu memecah gula sehingga lebih mudah dicerna, mengendalikan bakteri berbahaya dalam tubuh, melawan diare, membantu pencernaan, dan mengatasi peradangan kronis.

2. Tempe Dapat Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kandungan isoflavon dalam kedelai secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kadar LDL dalam darah. Sementara, kandungan niacin atau vitamin B3 juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

Mendol
Mendol, salah satu olahan Tempe
Foto : Resep Masakan Jawa Kuno

3. Tempe Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam Tempe memiliki fungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Kandungan kalsium, vitamin D dan vitamin K dapat  membantu menjaga kepadatan mineral tulang serta mencegah tulang menjadi rapuh.

4. Tempe Menurunkan gejala pre-menopause

Karena memiliki kandungan isoflavon. maka Tempe berfungsi meringankan gejala pre-menopause seperti sensasi panas (hot flashes).


5. Tempe Membantu pembentukan protein

Kandungan Protein dalam makanan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan sehingga tubuh tetap memiliki energi dan memiliki kadar gula yang stabil. Selain pitu, Protein juga berfungsi membangun massa otot, meningkatkan fungsi saraf, membantu proses pencernaan, dan menyeimbangkan kadar hormon. 

Sambel Tumpang
Sambel Tumpang, olahan tempe yang rasanya maknyuss

Kandungan protein yang terdapat dalam 100 gram Tempe dapat memenuhi 37% kebutuhan protein orang dewasa. Selain itu, kandungan protein tinggi pada makanan dapat membuat seseorang merasa kenyang sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

6. Tempe Membantu menstabilkan kadar gula dalam darah

Kandungan Mangaan yang terdapat dalam Tempe dapat membantu proses produksi enzim pencernaaan yang berfungsi untuk proses glukoneogenesis. Dimana proses Glukoneogenesis adalah proses menyeimbangkan kadar gula dalam darah karena zat Mangaan terbukti dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

7. Tempe Mencegah terjadinya kanker

Salah satu zat yang terdapat dalam Tempe adalah Genistein yang merupakan isoflavone dalam kedelai. Fungsi dari zat Genistein ini adalah membantu memicu kematian sel kanker dan membantu menghentikan aktivitas sel kanker yang sedang berlangsung. 

Orem-orem, makanan khas Kota Malang hasil olahan Tempe
Orem-orem,
makanan khas Kota Malang hasil olahan Tempe
Fungsi lainnya dari zat Genistein adalah membantu memperlambat pembentukan tumor, terutama pada kasus kanker payudara dan prostat. 

Dan, kandungan Genistein tertinggi pada makanan berasal dari fermentasi kedelai seperti Tempe.

Hak Paten Tempe 

Meskipun Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi keberadaannya telah mendunia. Saat ini,  para vegetarian di seluruh dunia telah menggunakan tempe sebagai bahan pengganti daging. Alih-alih mengimpor dari Indonesia, berbagai Negara di dunia seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat  telah memproduksi Tempe sendiri.

Dan, Hak paten dari Tempe yang merupakan makanan asli Indonesia, ternyata dimiliki oleh negara lain. 

Antara lain, Amerika Serikat telah memiliki 35 hak paten yang berhubungan dengan tempe dan Jepang lima buah, sedangkan Indonesia hanya punya dua hak paten, dan itu pun baru tahap pendaftaran belum resmi.

Saat ini, harga Tempe berkisar Rp. 3.000 hingga 5.000 untuk ukuran kecil maka saat perdagangan internasional berlaku harga Tempe akan melambung tinggi karena hak patennya dimiliki oleh Negara lain.

Wow..

Jangan-jangan, makan Tempe mendoan di pinggir jalan saja harus mengeluarkan ratusan ribu rupiah. Maka, bersyukurlah selagi kita masih bisa mendapatkan makanan asli Indonesia ini dengan harga yang murah.

Tentang Hak Patennya, biarlah pemerintah Indonesia yang mengurusnya.

Penutup

Demikian sekelumit ulasan www.smanda88.com tentang Tempe Makanan Asli Indonesia,  Manfaat dan Hak Patennya. 

Bagi masyarakat Indonesia, Tempe merupakan makanan favorit keluarga. Tidak hanya digoreng saja tapi juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang memiliki citarasa unik dan lezat seperti Mendol, Tempe Penyet, Orem-orem, Stik Tempe dan Kripik Tempe.

Kripik Tempe
Kripik Tempe Genesis

Yang terakhir yaitu Kripik Tempe adalah camilan hasil olahan Tempe yang sudah tersebar kemana-mana baik domestic maupun luar negeri. Tapi, jika anda ingin merasakan sensasi citarasa Kripik tempe yang berbeda dan tidak serik di tenggorokan, maka cobalah beli Kripik Tempe “Genesis” salah satu produk unggulan UMKM di Malang.

Hubungi Yudho melalui HP/Wa ke nomor 0896 7648 5904.

Semoga Bermanfaat..



Sumber:
  • Dr. Axe. Tempeh: A Fermented Soybean With many Probiotic Benefits. Diperoleh 06 Oktober 2017 dari: https://draxe.com/tempeh/
  • The World’s Healthiest Foods. Tempeh. Diperoleh 06 Oktober 2017 dari: http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=126

Artikel Lainnya : 7 Warung Pangsit Mie Paling Enak di Malang

1 comments:

  1. Tempe, makanan sejak anak anak dulu hingga sekarang ternyata banyak manfaat nya

    ReplyDelete