Home » » Tradisi Makan Bersama Setelah Sholat Jumat Di Masjid Mujahidin, Malang

Tradisi Makan Bersama Setelah Sholat Jumat Di Masjid Mujahidin, Malang

Makan Bersama Setelah Sholat Jumat Di Masjid Mujahidin, Malang – Pada umumnya, makan bersama di masjid dilaksanakan pada waktu bulan puasa seperti buka bersama atau sahur bersama, namun berbeda dengan Masjid Mujahidin yang ada di Mergosono Gang 7 Malang ini. Setelah sholat Jumat, para jamaah makan bersama-sama di beranda masjid.

Makan Bersama Setelah Sholat Jumat Di Masjid Mujahidin, Malang


Adalah Fery Feriansyah, alumni smanda Malang angkatan 1988, yang menjadi seksi perlengkapan dan dukumentasi kegiatan makan bersama ini. Pria penggemar fotografi dan pemilik usaha penjualan dan setrum accu “Ja Fargo” ini meskipun tidak pandai berceramah namun aktif dalam setiap kegiatan masjid, sehingga ditunjuk sebagai salah satu pemrakarsa kegiatan rutin sehabis Jumatan ini.

Fery Feriansyah
Fery Feriansyah

Baca Juga Profil Fery Feriansyah : Profil Alumni Bagian I

Tujuan dari kegiatan makan bersama ini adalah untuk lebih mempererat jalinan silaturahmi antar jamaah masjid. Sedangkan biayanya berasal dari sumbangan para jamaah baik perorangan maupun patungan dan bagian konsumsi yang mempersiapkan makanan adalah ibu-ibu jamaah masjid. 

Tidak harus masak sendiri, terkadang juga beli dari pedagang makanan yang biasa mangkal di sekitar masjid seperti bakso, orem-orem, soto dan lain-lain.

Kegiatan ini sudah berlangsung sejak setahun yang lalu dan menjadi agenda rutin setiap hari Jumat. Dan, tidak hanya jamaah masjid saja yang boleh makan bersama, para tamu atau pendatang yang kebetulan sholat di masjid ini juga diajak makan bersama.

Pada hari Jum'at kali ini, menu makan bersama di masjid Mujahidin adalah Sate dan Lontong, Hemmm...

Berikut ini adalah foto-foto hasil dokumentasi Fery Feriansyah.

Makan Bersama Setelah Sholat Jumat Di Masjid Mujahidin, Malang
Ibu-ibu Aisyiah Sedang menyiapkan Makan Bersama
Menu : Sate dan Lontong
Antri Makan Bersama
Jamaah Masjid Antri Makan Bersama..
Suasana Makan Bersama
Suasan Makan Bersama Di Masjid Mujahidin,
Mergosono Gg 7 Malang

Awalnya hanya 85 sampai 90 porsi saja setiap habis sholat Jum’at, namun jumlahnya meningkat seiring perjalanan waktu. Dan, sekarang jumlah porsi untuk makan bersama melonjak hingga dua kali lipat yaitu sekitar 180 hingga 200 porsi sekali acara makan bersama.

Namun, rasa kebersamaan diantara para jamaah sudah semakin erat sehingga besarnya biaya pun ditanggung bersama. Terkadang ada pula yang membawa buah-buahan seperti semangka, pisang dan lain-lain sebagai pencuci mulut sehabis makan bersama.

Buah-buahan Pencuci Mulut
Buah Pisang sebagai pencuci mulut

Melihat kebersamaan itu, hati terasa terusik dan ingin ikut bergabung serta merasakan berada dalam kebersamaan yang indah ini.


Itulah, bentuk kerukunan dan kebersamaan jamaah masjid Mujahidin yang berada di Mergosono gg. 7, Kota Malang.

Semoga bermanfaat..

2 comments:

  1. Waw teladan yg baik nih 😊, menambah erat ukuwahislamiyah 👍👍👍

    ReplyDelete
  2. Kegiatan yang patut dicontoh untuk masjid-masjid yang lain.

    ReplyDelete