Home » » Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud

Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud

Perjalanan Agus Pri Mendaki Gunung Kelud – Aktifitas pendakian yang dilakukan oleh Agus Priyono semakin hari semakin meningkat. Sejak melakukan pemanasan bersama keluarga mengunjungi Coban Rais lalu bersama teman-teman mendaki Gunung Panderman maka pada tanggal 14 Mei 2018, ia mendaki Gunung Kelud lewat jalur pendakian desa Tulungrejo, Blitar.

Kali ini perjalanan wisata alam Agus Priono dilakukan bersama tiga orang teman kantor dari Bank BCA Malang yaitu Robi, Bagus dan Bayu. Mereka adalah mantan pecinta alam yang sekarang bergelut dengan kesibukan perbankan. Sehingga ketika ada waktu libur yang sama karena biasanya berbeda, maka kesempatan ini tidak mereka sia-siakan untuk mengenang dan mengulang kembali perjalanan mendaki gunung.

Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud

Bagi mereka dan para pecinta alam pada umumnya, kesempatan menikmati hembusan angin di alam terbuka, bau belerang, wangi bunga dan aroma tanah di hutan memberikan kepuasan batin tersendiri. Apalagi jika mampu menaklukkan puncak gunung dan sampai pada batas tertinggi dimana batasan antara bumi dan langit terasa begitu dekat, maka tidak dapat dibayangkan bagaimana rasanya.

Rasa syukur terhadap Sang Pencipta dan merasa dekat serta menyatu dengan alam semesta seolah memenuhi rongga jiwa.

Sensasi-sensasi itulah yang amat dirindukan oleh para pendaki gunung meskipun harus bersusah payah mencurahkan tenaga menapaki jalanan bebatuan, mendaki bukit demi bukit yang terjal dan menempuh perjalanan yang sangat lama dan jauh.

Sehingga fisik yang prima dan semangat yang kuat menjadi syarat utama bagi seorang pendaki gunung. Jika tidak, maka hanya akan sampai di lerengnya saja atau menjadi beban bagi kawan perjalanan. Tentunya, akan membuat perjalanan menjadi kurang menyenangkan.

Untungnya, keempat karyawan BCA Malang ini sudah mempersiapkan diri dengan matang baik fisik maupun mentalnya. Sehingga perjalanan Agus Priono dan kawan-kawan mendaki Gunung Kelud berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud

Memang banyak jalur pendakian menuju Gunung yang terkenal dengan legenda Mahesa Sura dan Lembu Sura ini, baik dari Kediri maupun Blitar, namun jalur yang dipilih Agus dkk adalah jalur pendakian melalui desa Tulungrejo, Blitar.

Jalur Pendakian Desa Tulungrejo, Blitar
Jalur Pendakian Desa Tulungrejo, Blitar

Untuk melakukan pendakian Gunung Kelud ini, masing-masing orang harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi atau SIMAKSI. Dimana masing-masing pendaki dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 termasuk biaya ojek menuju gerbang pendakian.

Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud


Perjalanan dari basecamp gerbang pendakian, desa Tulungrejo menuju Pos pendakian I membutuhkan waktu sekitar 1 jam.  Dimulai dengan melewati jalanan sepanjang hutan pinus yang masih datar lalu melewati jalur menanjak di tengah hutan lebat hingga sampai ke sebuah gubug yang berfungsi sebagai Pos I pendakian gunung Kelud.

Perjalanan Agus Priono Dkk Mendaki Gunung Kelud
Agus Priono Mendaki Gunung Kelud

Lalu dari Pos I menuju Pos II dibutuhkan waktu  sekitar 30 menit, kemudian perjalanan dilanjutkan dari Pos II menuju Pos III yang membutuhkan waktu sekitar 1.30 jam.  Pos III merupakan tempat berkemah bagi para pendaki dengan suguhan pemandangan alam yang menjadi ciri khas Kelud. 

Agus Dkk Di Pos III Pendakian Gunung Kelud
Agus Dkk Di Pos III Pendakian Gunung Kelud

Dari Pos III ini, kita bisa melihat Gunung Buthak, Kawi, Panderman, Arjuna dan Welirang.

Jalanan terjal Menuju Puncak Kelud
Jalanan terjal Menuju Puncak Kelud

Dan, perjalanan akhir adalah dari pos III menuju puncak Kelud atau kawah yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jalur menuju puncak dan kawah Kelud ini memiliki pemandangan alam yang sangat special. Salah satu jalur yang terkenal adalah jalur Punggung Naga, bagian dari puncak Gunung Kelud yang bentuknya memang mirip punggung seekor naga dan merupakan batas vegetasi terakhir.

Istirahat di lereng Gunung Kelud
Agus dkk Istirahat di lereng Gunung Kelud

Kemudian setelah melewati jalur punggung naga, jalur perjalanan berubah menjadi sedikit curam dan berbatu. Kurang lebih satu jam perjalanan, kita akan sampai di persimpangan antara jalur menuju puncak dan kawah Kelud. Apabila ingin menuju ke puncak Gunung Kelud kita ambil jalur sebelah kiri, sedangkan jika menuju ke kawah ambil jalur ke kanan.

Puncak Gunung Kelud
Puncak Gunung Kelud

Kawah Gunung Kelud
Agus Priono dkk di Kawah Gunung Kelud

Maka, perjalanan Agus Priono dkk sampai pada titik akhir. Setelah puas menikmati pemandangan alam dan suasana puncak maka Agus dkk melanjutkan untuk turun. Sedangkan perjalanan turun membutuhkan waktu separuh dari perjalanan naik menuju puncak Kelud.

Berikut ini adalah beberapa video rekaman perjalanan Agus Priono dan kawan-kawan saat melakukan pendakian Gunung yang penuh legenda ini dengan durasi 1-3 menit.


  

Penutup

Itulah perjalanan Agus Priono dan teman-temannya dari kantor BCA Malang saat mengisi hari libur dengan mendaki Gunung Kelud.

Semoga bermanfaat..







3 comments:

  1. Wuiiihhh asyiiiik....jadi pingin juga

    ReplyDelete
  2. Perjalanan yang menegangkan sekaligus menyenangkan..

    ReplyDelete
  3. Rasanya menyenangkan sekali dapat menyatu dengan alam...

    ReplyDelete