Home » » Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta  – Jogyakarta memang terkenal kaya akan tempat wisata baik wisata budaya maupun wisata alamnya. Satu lagi objek wisata yang menambah kekayaan wisata Jogya adalah Tebing Breksi. Geowisata yang berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman ini atau sekitar 15 km dari Kota Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang lagi naik daun.

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta

Ketenaran Tebing Breksi mampu menarik hati presiden Amerika Serikat, Barrack Obama bersama keluarga untuk mengunjungi Taman Tebing Breksi Jogyakarta. Meskipun di Amerika ada Grand Canyon yang sangat indah namun Presiden yang pernah tinggal di Indonesia ini masih terpikat dengan pesona alam Tebing Breksi.

Objek wisata baru yang diresmikan pada tanggal 23 Mei 2015 ini menawarkan spot-spot foto yang indah, unik dan menarik di bukit batu batu-purba.

Sejarah Tebing Breksi

Menurut sejumlah penelitian, Tebing Breksi merupakan endapan hasil erupsi abu vulkanink Gunung Nglanggran, Gunung Kidul.  Gunung Nlanggran adalah gunung api purba yang sudah ada sejak ribuan tahun silam. Hasil erupsi abu vulkaniknya menghasilkan bukit setinggi 30 meter.

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta

Bukit Breksi ini sempat dijadikan sebagai tempat penambangan batu kapur oleh warga sekitar sehingga untuk menyelamatkan keberadaan bukit ini, pemerintah mengeluarkan larangan menjadikan bukit Breksi sebagai lahan tambang. Dan, larangan ini menjadi viral di media sosial.

Namun, semangat dan kreativitas masyarakat termasuk para senimannya berupaya menjadikan bukit ini sebagai lading penghasilan baru dengan tetap menjaga kelestariannya dengan merubah wajah bukit kapur ini menjadi satu objek wisata. Maka terbentuklah Taman Tebing Breksi yang sekarang menjadi andalan wisata desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta

Sleman merupakan kota yang kental dengan budaya Weton atau kelahiran, kain songket batik dan tas hermes berbahan rotan ini, semakin dilirik wisatawan baik lokal maupun manca negara. Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan objek wisata ini pada tanggal 30 Mei 2015.

Lokasi, Tarif dan Rute Tebing Breksi Jogyakarta

Lokasi Taman Tebing Breksi

Taman Geowisata Tebing Breksi ini berada di dusun Groyokan, desa Sambisari, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Jogyakarta. Lokasinya tidak jauh dengan objek wisata sejarah Candi Ijo dan  Puncak Bucu Piyungan.

Rute Menuju Taman Tebing Breksi

Dari kota Jogyakarta, kita menuju kea rah Candi Prambanan lalu saat sampai di pertigaaan pasar Prambanan, ambil arah kanan menuju ke arah Piyungan. Tidak jauh dari Piyungan, sekitar 3 km menuju lokasi Tebing Breksi. Cari arah petunjuk menuju Candi Ijo lalu ambil arah kiri sebelum SDN Sambirejo kemudian meneruskan perjalanan sekitar 1 km lagi dengan infra struktur jalan yang belum bagus.

Tarif Masuk Tebing Breksi

Tarif masuk Taman Tebing Breksi masih gratis, kita hanya perlu membayar biaya parker kendaraan saja, 2 ribu untuk sepada motor dan 5 ribu untuk kendaraan roda 4.

Pesona Tebing Breksi

Tebing Breksi yang memiliki pori-pori tebing kapur seperti pipi yang berjerawat jika dilihat dari jarak dekat diubah menjadi dinding tebing yang artistik dengan ukiran-ukiran seni berbentuk wayang dan seekor naga karya para seniman setempat.

Pesona Tebing Breksi
Pesona Tebing Breksi

Tangga berundak yang mengantarkan wisatawan ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan alam yang indah termasuk menikmati sunset maupun sunrise, juga dibuat untuk melengkapi keindahan taman geowisata ini.

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta

Sebuah panggung yang digunakan untuk pagelaran seni budaya yang disebut “Tlatar Seneng” juga tersedia. Area Tlatar Seneng berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 15 meter dikelilingi bangku-bangku batu sebagai tempat duduk penonton, layaknya area gladiator berlaga.

Tlatar Seneng, Tebing Breksi, Jogya
Tlatar Seneng, Tebing Breksi, Jogya
Gambar : Jogyaspace.com

Beberapa acara seni yang sering diselenggarakan di tempat ini antara lain seperti Jathilan, Perkusi dan Hadroh, Campursari dan Sanggar Tari. Bahkan maestro gitar dan gitaris band GIGI, Dewa Budjana dan musisi lainnya pernah menyelenggarakan konser music di tempat ini.

Selain itu, dinas pariwisata Yogyakarta juga menyelenggarakan berbagai event lainnya seperti acara Ngabuburit pada bulan puasa. Baru-baru ini, 16 Juli 2018, diadakan Sleman Temple Run dengan hadiah total Rp. 75 juta, di tempat ini.

Sejarah dan Pesona Taman Tebing Breksi, Sleman, Jogyakarta

Berbagai promosi dilakukan untuk meningkatkan popularitas Tebing Breksi. Isu miring yang berkembang di facebook tentang harga tiket masuk yang tiba-tiba melonjak tinggi di Tebing Breksi malah membuat Taman Tebing ini semakin terkenal dan dibanjiri wisatawan.

Foto-foto tentang Tebing Breksi banyak bertebaran di internet baik di Google maupu media sosial yang diunggah oleh para wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini. Termasuk foto-foto dalam artikel ini yang diunggah oleh Ulik Maula saat mendampingi murid-muridnya berdarmawisata ke Tebing Breksi.

Tidak hanya sebagai spot fotografi, objek geowisata ini seringkali dijadikan sebagai tempat pembuatan Jurnal Cinematic Film termasuk pembuatan video clip lagu terbaru dari Afgan yaitu Kunci Hati, juga dilakukan di tempat ini.   

Itulah sekelumit ulasan tentang Taman Tebing Breksi di desa Sambisari, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Jogyakarta, baik pesona dan sejarahnya.

Semoga bermanfaat..




2 comments: