Home » » Hutan De Djawatan, Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Hutan De Djawatan, Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Hutan De Djawatan, Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi – Salah satu objek wisata terkenal di ujung timur pulau Jawa adalah Hutan De Djawatan. Objek wisata yang menawarkan keindahan alam hutan dengan pepohonan berumur ratusan tahun, udara yang bersih dan segar serta suasana tenang dan teduh. Sangat cocok sebagai destinasi wisata pilihan saat berkunjung ke kota Banyuwangi.

Objek wisata Hutan De Djawatan ini merupakan kawasan milik Perhutani yang membentang seluas enam hektar. Pohon-pohon di hutan ini adalah pohon Trembesi yang sudah berumur lebih dari 100 tahun sehingga memberi kesan angker dan seram.

Hutan De Djawatan, Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi
Hutan De Djawatan,
Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi

Namun, kesan itu berubah sejak Perhutani bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, kemudian mengubah hutan ini menjadi satu wana wisata menarik dengan tambahan beberapa fasilitas sehingga layak dikunjungi wisatawan.

Dan, Hutan De Djawatan menjadi semakin populer setelah banyak wisatawan yang mengunggah foto-foto pemandangan alam di hutan ini. Saking terkenalnya, hutan yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi ini dijuluki sebagai kembaran hutan Fangorn dalam film “Lord Of The Ring”.

Hutan De Djawatan, Wana Wisata Terkenal Di Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi
Hutan De Djawatan
Gambar : Kompas.com

Untuk lebih mengenal salah satu objek wisata di Blambangan ini, maka ayodolenrek mengulasnya dengan nara sumber Rina Rayis, seorang putri Oseng, masyarakat asli Banyuwangi, yang datang bersama keluarganya mengunjungi hutan De Djawatan.

Rina Rayis dan keluarga di De Djawatan
Rina Rayis dan keluarga di De Djawatan

Selain untuk silaturahmi dengan keluarga di Banyuwangi, Rina Rayis bertujuan menghadiri acara reuni akbar SMADA yang diselenggarakan pada hari kedua Lebaran tahun ini dan beberapa acara kumpul-kumpul lainnya.

Keluarga Rina Rayis di De Djawatan
Rina sekeluarga di hutan De Djawatan

Maka kesempatan mudiknya ini juga dimanfaatkan untuk mengenalkan budaya serta tempat-tempat wisata di tanah kelahirannya  kepada kedua orang putrinya. Salah satunya dengan mengunjungi hutan De Djawatan.

Keluarga Rina Rayis di hutan De Djawatan

Pada umumnya, wisatawan yang datang baik bersama teman maupun keluarga ke wana wisata ini untuk berjalan-jalan menikmati keindahan alam dengan berkeliling area hutan melalui jalanan setapak. Selebihnya, dimanfaatkan untuk berfoto dengan latar pohon-pohon tua yang berdiri kokoh.

Tiga putri Oseng di De Djawatan
Tiga putri Oseng di hutan De Djawatan

Memasuki area Hutan De Djawatan, Benculuk ini para wisatawan hanya akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 2.000. Fasilitas yang terdapat di area wana wisata ini adalah tiga kamar toilet dan mushala.

Dua putri Oseng dan hutan De Djawatan
Selfie dengan latar hutan De Djawatan

Hutan De Djawatan ini semakin menambah perbendaharaan tempat-tempat wisata Banyuwangi. Selain wana wisata De Djawatan, ada beberapa tempat wisata lainnya di Banyuwangi yang wajib dikunjungi seperti berikut ini.
  • Pulau Merah Banyuwangi
  • Pantai Cemara Banyuwangi
  • Kampung Primitif Banyuwangi
  • Pantai Mustika
  • Rumah Kurcaci Glenmore, Banyuwangi
  • Pantai Rejo banyuwangi
  • Persawahan Sukorame
  • Pulau Menjangan
  • Hutan Pinus glenmore
  • Hutan Pinus Songgon, hutan mangrove, hutan baluran banyuwangi dan lain-lain

Melalui kabupaten Banyuwangi ini juga, kita dapat menikmati keindahan Blue Fire Kawah Ijen yang fenomenal.

Penutup

Itulah sekelumit ulasan ayodolenrek tentang hutan De Djawatan, wana wisata terkenal di Banyuwangi. Hutan yang dulunya angker dan penuh misteri dengan pohon-pohon Trembesi berumur lebih dari 100 tahun, kini menjadi salah satu objek wisata terkenal.

Masih banyak tradisi, budaya, kuliner dan tempat-tempat wisata lain di bumi Minak Jinggo ini yang sangat unik dan menarik sehingga akan kita ulas pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang objek-objek wisata di tanah air.

Artikel Lainnya :



1 comments: