Home » » Jalan-jalan Ke Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Jalan-jalan Ke Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Jalan-jalan Ke Pantai Pulau Merah, Banyuwangi – Ketenaran Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang terkenal akan keindahan pantai, ombaknya yang dapat digunakan untuk surfing dan sebagai  salah satu pantai yang diminati wisatawan baik domestik maupun mancanegara, seolah menjadi magnet bagi para traveller untuk berkunjung ke objek wisata di ujung timur pulau Jawa ini.

Jalan-jalan Ke Pantai Merah Banyuwangi
Endang 3P Di Pantai Pulau Merah

Begitu pula dengan ayodolenrek melalui Endang 3P sebagai nara sumbernya. Saat liburan Lebaran, wanita yang masih cantik di usia jelita ini melakukan perjalanan wisata ke pulau Merah dan berbagi pengalamannya saat berada di objek wisata yang juga disebut “Pantai Ringin Pitu” ini.

Untuk lebih mengenal tempat wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi ini, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Baca Juga :

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Memang kota di ujung timur pulau Jawa ini memiliki banyak pantai karena hampir separuh wilayahnya dikelilingi pantai. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah yang berada di ujung selatan Banyuwangi.

Pesona Pantai Pulau Merah
Moment Ungkapan Cinta di Pantai Pulau Merah

Jika di Pulau Bali memiliki Pantai Kuta maka Banyuwangi punya Pantai Pulau Merah.

Perpaduan alam pegunungan dan pantai menjadi salah satu alasan Pantai Pulau Merah banyak dikunjungi wisatawan. Selain hamparan pasir putih sepanjang 3 km, tidak begitu jauh dari bibir pantai terdapat bukit kecil setinggi 200 m yang sangat cantik. Sementara di sisi timur, wisatawan dapat menyaksikan alam pegunungan sedangkan pada sisi barat, pemandangan sunset yang sungguh indah telah menanti.

Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah

Itulah salah satu pesona Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Ditambah lagi dengan alunan ombak di pantai ini yang sangat bagus hingga mencapai tinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter dan pantainya dikelilingi oleh pohon mangrove yang tertata rapi.

Dari sisi keamanan, berwisata ke Pantai Pulau Merah kita akan merasa aman karena ada petugas keamanan pantai atau life guard yang menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan. Khususnya bagi mereka yang melakukan kegiatan renang di Pantai. 

Para Petugas Keamanan itu memantau dan mengawasi kegiatan para wisatawan dari menara setinggi 5 meter sehingga dapat segera mengambil tindakan penyelamatan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pesona Pantai Pulau Merah

Ombak Pantai Pulau Merah

Seperti halnya Pantai Kuta, salah satu daya tarik dari Pantai Pulau Merah adalah ombak yang dimiliki nya sehingga menjadi magnet bagi mereka yang hobi berselancar. Tidak hanya peselancar dalam negeri bahkan Surfer Mancanegara setiap hari datang memenuhi pantai ini. Bahkan mereka memilih untuk menginap, tidak hanya sehari dua hari, beberapa ada yang sampai berminggu-minggu.

Ombak Pantai Pulau Merah
Ombak Pantai Pulau Merah

Potensi ombak Pantai Pulau Merah ini dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk menggelar event-event pariwisata. Tercatat hampir setiap tahun pemkab Banyuwangi  mengadakan event surfing rutin yang melibatkan peserta dari 20 negara diseluruh dunia.

Memancing

Bagi mancing mania, memancing di tengah laut dengan menggunakan perahu tradisional merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain mendapatkan ikan yang banyak juga dapat menikmati sejuknya hembusan angin di tempat ini.

Snorkeling

Snorkeling atau menyelam di Pantai Pulau Merah juga dapat menjadi pilihan aktifitas yang menyenangkan. Terdapat penyewaan perlengkapan snorkeling dengan harga sewa lebih murah dibandingkan penyewaan lainnya.

Mendaki Bukit

Jika telah puas menikmati hamparan pasir putih, saat laut sedang surut, kita dapat berjalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Lalu dari bukit tersebut kita dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Mendaki Bukit Pulau Merah


Mandi di laut

Jika tidak bisa berselancar dan cuaca sedang baik, kita dapat mandi atau berenang bersama keluarga di laut sambil bermain-main dengan gulungan-gulungan ombak setinggi 2 meter. Karena saat cuaca buruk, mandi di laut dilarang oleh petugas keamanan.

Bermain Pasir

Pantai Pulau Merah memiliki hamparan pasir yang membentang sepanjang 3 km. Pasirnya berwarna putih dan sangat lembut sehingga memanjakan anak-anak untuk bermain pasir atau kita sendiri yang ingin sekedar merasakan kelembutannya atau mengulang kembali kenangan masa kecil.

Pasir putih Pantai Pulau Merah
Pasir putih Pantai Pulau Merah

Menikmati Kuliner Khas Setempat

Habis menikmati pemandangan alam di Pantai Pulau Merah yang memang sangat menawan, kita dapat beristirahat sambil menikmati kuliner khas setempat yang tersedia di kios-kios yang berjajar di sepanjang lokasi pantai.

Kios-kios Di Pantai Pulau Merah
Kios Makanan Di Pantai Pulau Merah

Asal Usul Nama “Pulau Merah”

Sebelum dinamai Pulau Merah, masyarakat setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Ringin Pintu. Sedangkan nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah laut yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Tanah di pulau itu berwarna merah meskipun dari jauh pulau tersebut tidak terlihat merah karena tertutup pepohonan yang menyelimuti nya.

Asal Usul Nama Pulau Merah

Dan, ketika hari menjelang sore, pantai di pulau ini memang terlihat sangat merah karena warna kemerah-merahan tersebut disebabkan oleh pasir basah yang terkena sinar matahari dalam perjalanan menuju peraduannya, apalagi pada saat musim kemarau tiba.

Sehingga masyarakat menyebutnya sebagai Pulau Merah.

Misteri Dibalik Pantai Pulau Merah

Ada beberapa kisah misteri dibalik keberadaan pantai di ujung selatan Banyuwangi ini, antara lain adalah :

  • Pada suatu malam, warga setempat menyaksikan kilatan cahaya merah yang melintas di pulau tersebut. Itulah sebabnya mereka menamakan pulau itu Pulau Merah.
  • Ada sebuah Pura di pulau itu yang tidak tidak hancur ketika dilanda bencana Tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.

Selain itu, masih banyak kisah-kisah misteri lainnya yang pernah dialami oleh warga setempat maupun wisatawan.

Pura Tawang Alun

Sebuah Pura yang dibangun pada tahun 1980-an berada tidak jauh dari Pantai Pulau Merah yaitu Pura Tawang Alun. Dari namanya yang berasal dari bahasa asli Banyuwangi, “tawang” artinya datar dan “alun” berarti ombak. 

Ombak yang datar?

Bukan nama sekedar nama akan tetapi mengandung makna yang dalam berkaitan dengan perjalanan spiritual setiap manusia dalam memandang riak kehidupan.

Bagi warga setempat yang Bergama Hindu, Pura Tawang Alun merupakan tempat ibadahnya. Namun, tidak hanya mereka, penganut agama Hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Bromo juga sering mengunjungi pura ini.

Maka, saat berada di Pantai Pulau Merah, sangat disayangkan apabila kita tidak berkeliling santai dan melihat lihat tempat yang sakral ini.

Kuliner Pantai Pulau Merah

Karena lokasi Pantai Pulau Merah yang dekat dengan pemukiman warga maka kita akan disuguhi dengan beragam kuliner khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. 

Penginapan di Pantai Pulau Merah

Jika kita ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, banyak homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Pada hari biasa harga sewanya Rp. 400.00 namun pada hari libur seperti lebaran dan tahun baru harganya bisa mencapai Rp. 1.500.000,- per malam.

Penginapan di Pantai Pulau Merah

Lokasi Pantai Pulau Merah

Secara administratif, Pantai Pulau Merah yang berada di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, masuk wilayah Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Sepanjang pantai selatan, Pantai Pulau Merah masih dalam satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan juga Pantai Pancer. 

Jalan-jalan Ke Pantai Pulau Merah, Banyuwangi


Rute menuju Pantai Pulau Merah

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Pulau Merah ini ada beberapa rute sesuai moda transportasi yang kita gunakan.

1. Transportasi Umum
Apabila anda menggunakan transportasi umum, berikut ini tahap-tahap nya;

  • Menuju terminal Jajag, Banyuwangi.
  • Dari terminal Jajag naik bus mini menuju Terminal Pesanggaran (Kec. Pesanggaran)
  • Dari Terminal Pesanggaran naik Ojek langsung menuju Lokasi Pantai Pulau Merah.

2. Kendaraan Pribadi

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalan yang bisa anda tempuh. Jika anda berangkat dari arah Barat Banyuwangi , maka inilah rutenya.

  • Kec. Genteng => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah
  • Jika anda berangkat dari arah Timur Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, inilah rutenya, Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah

Penutup

Demikian ulasan tentang perjalanan wisata Endang 3P saat mengisi hari libur Lebaran dengan mengunjungi Pantai Pulau Merah, Banyuwangi.


Semoga bermanfaat..

Sumber : www.tabloidwisata.com

Artikel Lainnya :


1 comments: