Home » » Jalan-jalan Ke Pasar Terapung, Banjarmasin

Jalan-jalan Ke Pasar Terapung, Banjarmasin

Jalan-jalan Ke Pasar Terapung, Banjarmasin – Salah satu objek wisata unik dan terkenal di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan adalah Pasar Terapung. Jika umumnya pasar berada di daratan maka Pasar Terapung adalah pasar yang transaksi jual belinya dilakukan diatas kapal tradisional atau kapal klotok atau Jukung yang sedang mengapung diatas sungai.

Jalan-jalan Ke Pasar Terapung, Banjarmasin

Satu pemandangan yang unik dan menarik serta hanya ada di beberapa daerah di Indonesia saja, beberapa diantaranya ada di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan seperti Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lok Baintan dan terbaru adalah Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.

Kali ini, perjalanan wisata ayodolenrek sampai ke kota Banjarmasin. Sebagai narasumbernya adalah Susilowati dan kawan-kawannya saat menyempatkan diri di sela-sela tugas dinasnya untuk mengunjungi Pasar Terapung di muara sungai Kuin.

Susilowati dkk di Pasar Terapung
Susi dkk saat naik perahu klotok di Pasar Terapung sungai Kuin

Memang berbeda rasanya saat berbelanja, melakukan transaksi jual beli dan mencoba menikmati kuliner Banjar di Pasar Terapung. Goyangan perahu akibat terpaan ombak sungai, benturan dengan kapal lain serta goyang akibat bertambahnya muatan kapal menciptakan sensasi yang unik dan menggelitik. 

Sejarah Pasar Terapung Banjarmasin

Sejarah pasar terapung berawal pada tahun 1526 yang silam saat Sultan Suriansyah mendirikan sebuah kerajaan di tepi sungai Kuin dan Barito yang kemudian menjadi cikal bakal kota Banjarmasin. Di tepi sungai inilah, transaksi perdagangan tradisional mulai berlangsung yang semakin lama semakin berkembang hingga sekarang.

Para pedagang memakai perahu kayu kecil yang disebut Jukung dan semua pedagangnya adalah wanita yang mengenakan pakaian tanggui dan caping lebar khas terbuat dari daun rumbia.

Pasar-pasar Terapung Di Banjarmasin 

Untuk lebih mengenal Pasar Terapung yang ada di Kalimantan Selatan, mari ikuti ulasan berikut ini www.ayodolenrek.com.

1. Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar ini berada di atas muara sungai barito, lokasinya berada di kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin.

Pasar Terapung Muara Kuin
Pasar Terapung Muara Kuin

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung ini berada di desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kab. Banjarmasin, Kalimantan Selatan,

Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung Lok Baintan
Gambar : wikipedia

3. Pasar Terapung Siring Sungai Martapura

Pasar terapung Siring Sungai Martapura berada di tengah kota Banjarmasin, lokasinya berdekatan dengan objek wisata Menara Pandang dan wisata  Tugu Bekantan Banjarmasin. Berbeda dengan Pasar Terapung lainnya, di sini para pedagang merapat di area pinggiran siring, dan pembeli berada di atas titian yang mengapung dengan alas bambu.

Pasar Terapung Siring
Pasar Terapung Siring Sungai Martapura
gambar : banjarmasintourism.com


Karena dekat dengan pusat kota dan lebih mudah aksesnya serta waktu operasi yang lebih lama membuat Pasar terapung siring sungai martapura ini paling ramai di kunjungi di bandingkan Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Lokba Intan.

Pasar Terapung ini bukan hanya sebagai pusat perdagangan namun juga menjadi objek wisata yang menarik sehingga pengunjungnya tidak hanya ibu-ibu atau bapak-bapak tetapi banyak pemuda-pemudi yang juga berkunjung kesini.

Jalan-jalan Ke Pasar Terapung, Banjarmasin

Tidak semua pengunjung membeli dagangan dari para pedagang pasar terapung, terkadang mereka hanya sekedar berselfie-ria atau foto-foto dengan teman-temannya menggunakan latar pemandangan para pedagang pasar terapung.

Jenis Dagangan Di Pasar Terapung

Pedagang pasar terapung ini, mayoritas adalah ibu-ibu yang menjual beraneka ragam dagangan, seperti berikut ini. 

  • Bahan-bahan dapur, buah-buahan, sayur mayur.
  • Wadai / kue khas Banjarmasin seperti; putu mayang, buras, lapat, jagung besumap (jagung kukus).
  • Makanan khas Banjar, seperti Soto Banjar, ketupat kandangan,  nasi itik gambut, kelepon Martapura, dll.

Jam Buka Pasar Terapung

Jika anda ingin menkmati suasana Pasar Terapung maka harus datang pada pagi hari sekitar pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WITA. Karena jika datang terlalu siang, para pedagang yang berjualan di perahu klotok sudah mengangkut dagangannya kembali. 

Penutup

Demikian ulasan ayodolenrek tentang Pasar terapung Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Hasil perjalanan Susilowati dan referensi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin. Semoga Informasi ini dapat menambah wawasan kita terutama para travellers tentang objek-objek wisata di pulau Borneo.

Semoga bermanfaat…

3 comments: