Home » » Jalan-jalan Ke Twin Towers Petronas, Malaysia

Jalan-jalan Ke Twin Towers Petronas, Malaysia

Jalan-jalan Ke Twin Tower Petronas, Malaysia – Perjalanan wisata ayodolenrek kali ini cukup jauh yakni ke negeri tetangga Malaysia. Dan yang menjadi destinasi wisata adalah Menara Kembar Petronas atau Twin Towers Petronas, Malaysia.  Lalu yang menjadi nara sumbernya adalah Yuntyas dan Susilowati, dua orang alumni smanda Malang angkatan 1988 yang gemar travelling.

Yuntyas sekeluarga di Twin Towers Petronas
Yuntyas dan Keluarga di Twin Towers Petronas
Tahun 2017

Seperti kita ketahui, Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar milik perusahaan Petronas yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Twin Towers Petronas ini sempat menjadi salah satu gedung tertinggi di dunia jika dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.

Perancangan dan pembangunan Menara kembar ini dilakukan oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat. Sedangkan desain Interior yang dipilih adalah desain budaya Islam dimana merupakan budaya yang telah mengakar di Negeri Upin dan Ipin.

Sejarah Pembangunan Menara Kembar Petronas

Menara kembar dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara, dibangun mulai tahun 1992 hingga tahun 1998. Total lantai yang dimiliki oleh Twin Towers ini adalah 83 lantai. Tower II selesai lebih dulu yang dikerjakan oleh perusahaan Korea lalu sebulan kemudian Tower I selesai dibangun.

Yuntyas di Menara Kembar Petronas
Yuntyas Di Menara Kembar Petronas, Malaysia
Tahun 2012

Semenjak berdiri dengan megahnya, Menara Kembar petronas ini tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia. Akan tetapi, pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di dunia sejak tahun 1998 dikalahkan oleh gedung Taipei 101 di Taiwan dan Burj Khalifa di Dubai. Meskipun demikian, Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar sebagai menara kembar tertinggi di dunia.

Susi dan Andini di Twin Towers Petronas
Susi dan Andini di Twin Towers Petronas

Dengan menerapkan aspek seni dan budaya Muslim sebagai rancangan bangunannya, maka bagian luar bangunan yang terbuat dari kaca dan baja, memiliki motif yang terdapat dalam seni Islam. Sementara desain bangunan menyerupai Rub el Hizb, yaitu bintang dengan delapan titik terbentuk dari dua persegi empat yang saling bertumpukan.

Yuntyas dkk di Twin Towers Petronas
Yuntyas dkk di Twin Towers Petronas
Tahun 2014

Bahan dari pusat kedua menara tersebut adalah beton inti berukuran 23 meter kali 23 meter yang berfungsi sebagai penyangga sebagian besar struktur bangunan dan lingkar luar tiang-tiang penyangga. Galian pondasi yang menembus lapisan tanah keras di lokasi ini terhitung sangat dalam sehingga kedua menara ini dibangun diatas galian fondasi terdalam di dunia dengan kedalaman 120 meter.

Isi Menara Kembar Petronas

Pada lantai dasar Twin Towers Petronas ini terdapat pusat perbelanjaan bergensi bertingkat enam yang menyediakan berbagai merk-merk asing berkelas tinggi yaitu Suria KLCC.  Namun, tertutp untuk umum. Pengunjung hanya diijinkan untuk naik ke jembatan penyeberangan yang berada di lantai 41, tetapi jumlah pengunjung dibatasi kurang dari 1000 orang per hari.

Yuntyas Di Menara Kembar Petronas 2015
Yuntyad di Twin Towers Petronas
Tahun 2014


Tersedia dua paket wisata di Twin Towers Petronas ini, pertama wisatawan hanya sampai ke jembatan penyeberangan saja. Kedua, selain jembatan, wisatawan dapat menikmati kemewahan bangunan ini sampai ke lantai 86. Untuk mengikuti kedua paket wisata ini, kita harus datang pagi-pagi sekali sebelum tiket terjual habis.

Akses Menuju Menara Kembar Petronas

Untuk mengunjungi Twin Towers Petronas ini, kita dapat menggunakan kereta api bawah tanah, Jalur Putra LRT kemudian turun di stasiun KLCC.

Yuntyas dkk di Twin Towers Petronas
Yuntyas dkk di Menara Kembar Petronas
Tahun 2013

Penutup

Itulah ulasan ayodolen tentang perjalanan wisata Yuntyas dan Susilowati saat berkunjung ke Twin Towers Petronas atau Menara Kembar Petronas Malaysia. Satu lagi perbendaharaan objek wisata di negeri Jiran Malaysia yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang objek-objek wisata di dunia.

Semoga bermanfaat..

Baca Juga Perjalanan Ke Luar Negeri Lainnya :



2 comments: