Home » » Jalan-jalan Ke Air Terjun Way Lalaan, Tanggamus, Lampung

Jalan-jalan Ke Air Terjun Way Lalaan, Tanggamus, Lampung

Jalan-jalan Ke Air Terjun Way Lalaan, Tanggamus, Lampung – Berkunjung ke kota Lampung, terasa belum lengkap jika tidak berkunjung ke tempat-tempat wisatanya. Salah satu objek wisata yang menjadi destinasi wisata favorit warga Lampung dan layak dikunjungi wisatawan adalah Air terjun Way Lalaan, Tanggamus.

Jika Tanggamus dimaknai tangga menuju surga, maka air terjun Way Lalaan adalah salah satu surga tersembunyi di lereng gunung Tanggamus. Lokasi air terjun ini kurang lebih berjarak 8 km dari Kota Agung, ibukota kabupaten Tanggamus. Tepatnya berada di kaki Gunung Tanggamus dengan ketinggian ± 11 m.

Perjalanan ayodolenrek kali ini dengan nara sumber Susilowati dan putrinya, Andini, yang sedag pulang kampong saat Lebaran. Sambil mengisi liburan, di sela-sela kesibukan menerima tamu di hari Lebaran, mereka menyempatkan diri berwisata ke air terjun Way Lalaan.

Susi dan Andini di Air Terjun Way Lalaan
Susi dan Andini di Air Terjun Way Lalaan

Untuk lebih mengenal objek wisata air terjun yang berada di lereng gunung Tanggamus, Lampung ini, mari kita ikuti ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Air Terjun Way Lalaan.

Nama “Way Lalaan” ini berasal dari bahasa Lampung terdiri dari kata “Way” yang artinya sungai  dan "Lalaan" yang artinya bermuara ke Teluk Semangka, jadi arti keseluruhannya adalah sungai yang bermuara ke Teluk Semangka. 

Way Lalaan adalah air terjun yang sudah dikenal sejak Tahun 1937, saat Lampung dikuasai Belanda. Sebagai tanda kenangan adalah sebuah tangga yang terbuat dari semen menuju ke lembah air terjun. Setelah itu, Dinas Pariwisata Tanggamus, mengambil alih pengelolaan air terjun ini hingga sekarang.

Susilowati di Air Terjun Way Lalaan
Susilowati sedang menikmati keindahan
Air Terjun Way Lalaan, Tanggamus, Lampung

Air terjun di lereng gunung Tanggamus ini memiliki dua air terjun yaitu Air Terjun Way Lalaan 1 yang terletak di atas dan Air Terjun Way Lalaan 2 yang berada di bawahnya.

Dari dinding bebatuan, tumpahan air dari ketinggian 11 m mengalir di kolam besar lalu menuju sebuah sungai kecil. Sungai inilah yang biasa digunakan untuk berenang, karena tidak terlalu dalam selain itu airnya bersih dan juga menyegarkan. 

Peringatan keamanan bagi pengunjung air terjun Way Lalaan juga diberikan oleh pihak pengelolah tempat wisata ini dengan memasang papan-papan peringatan atau larangan bagi pengunjung yang tidak bisa berenang.

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di objek wisata alam ini selain berenang adalah menyusuri kawasan perkebunan Durian. Akan lebih menyenangkan bila musim Durian tiba karena wisatawan dapat bebas memilih raja buah ini untuk dinikmati langsung dari pohonnya. Tentunya dengan bantuan penjaganya, namun jika ingin memetik sendiri juga tidak dilarang.

Fasilitas Di Air Terjun Way Lalaan

Pihak pengelolah telah menyediakan fasilitas-fasilitas seperti shelter, kamar mandi, mushola dan area parkir yang luas. Jika wisatawan tidak membawa bekal makanan, jangan khawatir karena banyak penjual makanan yang menyediakan makanan disini.

Susi dan Andini di gardu pandang air terjun Way Lalaan
Susi dan Andini di gardu pandang air terjun Way Lalaan

Tiket masuk Air Terjun Way Lalaan

Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang dan ongkos parkir kendaraan sebesar Rp. 5.000,-.

Lokasi Air Terjun Way Lalaan

Air terjun Way Lalaan secara administratif berada di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung.

Rute Menuju Air Terjun Way Lalaan

Jika kita sudah berada di Kota Agung, maka untuk menuju ke air terjun ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua pada kecepatan sedang. Kemudian dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. 

Penutup

Demikian ulasan ayodolenrek tentang jalan-jalan ke objek wisata air terjun Way Lalaan, Tanggamus, Lampung hasil perjalanan wisata Susilowati dan Andini.

Semoga informasi ini dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan tentang objek-objek wisata di kota Lampung, Sumatera Selatan.



2 comments: