Home » » Kebun Teh Wonosari, Destinasi Agrowisata Pilihan Di Malang

Kebun Teh Wonosari, Destinasi Agrowisata Pilihan Di Malang

Kebun Teh Wonosari, Destinasi Agrowisata Pilihan Di Jawa Timur – Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang, merupakan perkebunan teh yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 950 mdpl hingga 1.250 mdpl. Dengan luas 1.144 hektar, kebun teh Wonosari ini memiliki pemandangan alam pegunungan yang sangat indah dan merupakan satu-satunya kebun teh di Jawa Timur yang dikelola menjadi destinasi wisata unggulan.

Kebun Teh Wonosari, Destinasi Agrowisata Pilihan Di Malang
Kebun Teh Wonosari, Lawang, Malang, Jawa Timur

Hamparan pohon teh yang membentang sepanjang lereng Gunung Arjuno membuat udara dengan kandungan oksigen tanpa polusi sangat melimpah sehingga dapat menyegarkan rongga paru-paru kita. Sepanjang mata memandang hanya terlihat pepohonan teh yang berjajar dengan rapi dengan ketinggian yang hampir sama diselingi pohon-pohon tinggi menjulang.

Baca Juga : Misteri Dibalik Keindahan Gunung Arjuno

Satu pemandangan yang menyegarkan mata.

Perjalanan wisata ayodolenrek kali ini sampai di objek wisata yang berada di lereng Gunung Arjuno, tepatnya berada di desa Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang.Berikut ini adalah ulasan ayodolenrek tentang objek agrowisata di Lawang, Malang ini.

Sekilas Tentang Kebun Teh Wonosari, Lawang

Wisata Puncak, Bogor memang lebih dulu terkenal. Namun, bagi masyarakat Jawa Timur, keindahan pemandangan alam dan suasana di kebun teh Wonosari tidak kalah dengan wisat Puncak di Bogor. Sehingga agrowisata teh ini menjadi alternatif wisata puncak bagi masyarakat Jawa Timur.

Kebun Teh Wonosari, Destinasi Agrowisata Pilihan Di Malang
Endang S di Kebun Teh Wonosari, Lawang
Daya tarik dari Kebun Teh Wonosari ini adalah suasana lingkungan nan tenang, aman dan nyaman ditambah dengan pemandangan alam khas pegunungan yang indah serta hamparan kebun teh maupun keunikan kegiatan para pemetik teh membuat wisatawan betah berada di tempat ini. 

Pengelolah objek wisata ini menyediakan wisma, villa atau bungalow bagi para wisatawan yang ingin menginap. Meskipun cukup jauh dari pusat kota Malang, namun berbagai keperluan kita juga disediakan seperti restoran dan mini market sehingga kita tidak usah khawatir jika kehabisan bekal makanan.

Baca Juga :

Wahana Permainan di Kebun Teh Wonosari

Wahana Permainan di Kebun Teh Wonosari
Wahana Permainan di Kebun Teh Wonosari

Selain menikmati pemandangan alam, wisatawan juga dapat merasakan berbagai wahana permainan yang tersedia antara lain :
  • Pabrik Pengolahan Teh
  • Berburu tanaman hias
  • Berolahraga (jogging, voli, sepakbola, tenis, dll)
  • Berendam di pemandian air panas
  • Melihat kebun binatang mini
  • Naik Kereta Kelinci
  • Kendaraan ATV
  • Riding Horse (Berkuda)
  • Paint Ball
  • Wall Climbing
  • Mobil Battery
  • Flying Fox
  • Sepeda Air
  • Sepeda Gunung
  • Dan permainan seru lainnya.

Berkuda di Kebun Teh Wonosari
Berkuda berkeliling Kebun Teh Wonosari

Fasilitas Kebun Teh Wonosari

Fasilitas umum yang terdapat di Kebun Teh ini sudah cukup lengkap seperti tempat parkir, toilet umum, rumah makan, Pusat oleh oleh, Masjid dan penginapan.

Villa Di Kebun Teh Wonosari

Bagi wisatawan yang ingin menginap bersama keluarga atau rombongan, pengelolah Kebun Teh Wonosari menyediakan villa atau bungalow  yang disewakan dengan kapasitas kamar bervariasi serta harga sesuai dengan jumlah kamarnya.

Jam Buka dan Tiket Masuk Kebun Teh Wonosari

  • Jam buka: 07.00 WIB hingga 17.00 WIB
  • Tiket Masuk Hari Senin Sabtu: Rp. 8.000 / orang
  • Tiket Masuk Hari Minggu/Hari libur: Rp. 12.000 / orang

Lokasi Kebun Teh Wonosari

Lokasi Kebun Teh Wonosari berada di desa Wonosari, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Satu desa yang berada di lereng Gunung Arjuno, berjarak kurang lebih 6 km dari Pasar Lawang dan dua tempat misterius di kota Malang yaitu Hotel Niagara dan Wisma Erni.

Rute menuju ke Kebun Teh Wonosari

Untuk menuju ke Kebun Teh Wonosari, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, maupun jasa travel. Sebagai patokan adalah Pasar Lawang yang berada dekat dengan salah satu hotel tertua di Malang yaitu Hotel Niagara.

Dari Pasar Lawang sudah tersedia tanda-tanda penunjuk arah menuju ke Kebun Teh Wonosari. Jika menggunakan angkutan umum, kita yurun di Pasar Lawang lalu melanjutkan perjalanan dengan ojek atau carter kendaraan umum lainnya.

Pabrik Teh Wonosari
Pabrik Teh Wonosari

Namun, jika menggunakan kendaraan pribadi, kita hanya mengikuti petunjuk arah yang terpasang di pinggir jalan atau bertanya kepada penduduk setempat atau menggunakan fasilitas Google Maps di handphone.

Kondisi jalan menuju Kebun Teh tidak terlalu lebar dan sedikit berkelok kelok serta menanjak, namun infra struktur jalan nya mulus dan rata dengan aspal hot mixed.

Video Wisma Kebun Teh Wonosari

Berikut ini adalah sebuah video tentang wisma-wisma yang ada di Kebun Teh Wonosari yang dibuat oleh Keluarga Besar EBM dalam rangka acara temu kangen dan halal bihalal keluarga besar EBM di Kebun Teh Wonosari.



Penutup

Demikian sekelumit ulasan ayodolenrek tentang objek wisata agro yaitu Kebun Teh Wonosari, Lawang yang menjadi destinasi agrowisata pilihan di Malang, Jawa Timur. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kita semua tentang objek-objek wisata di tanah air.

Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya :

1 comments: