Home » » Sambil Dinas Menikmati Keindahan Kelok 9 Di Jalur Sumbar Riau

Sambil Dinas Menikmati Keindahan Kelok 9 Di Jalur Sumbar Riau

Sambil Dinas Menikmati Keindahan Kelok 9 Di Jalur Sumbar Riau – Nama Kelok 9 merupakan nama jalan yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau, tepatnya berada di Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota.  

Jika kita mudik pada hari Lebaran sambil menikmati objek wisata alam sepanjang jalan yang kita lewati mungkin sudah lazim di banyak tempat. 

Akan tetapi berbeda halnya bila kita menikmati keindahan arsitektur dan konstruksi rumit dengan keindahan panoramanya di belantara hutan,  tentunya sangat jarang ditemukan. Dan, yang sedikit itu, dapat kita nikmati pada keindahan Jembatan Kelok Sembilan dengan panorama alam hutan Bukit Barisan.

Jika dahulu, Kelok 9 merupakan salah satu jalan yang cukup menyeramkan bagi para pengendara karena bentuk jalan yang curam dan berhadapan langsung dengan jurang sehingga sering terjadi kecelakaan. Maka sekarang, orang sengaja memilih jalur Kelok 9 untuk menikmati keindahan dan kemegahan arsitekturnya.

Kesempatan untuk menikmati keindahan Kelok 9 datang ketika saya berdinas di wilayah propinsi Sumatera Barat  dan mendapatkan tugas melakukan peninjauan ke perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bambang DC dengan latar Kelok 9
Bambang DC dengan latar Kelok 9

Berangkat dari Kota Padang saya menuju ke arah Propinsi Riau. Setelah melewati Kota Bukittinggi maka masuk ke Kota Payakumbuh kemudian menuju arah perkebunan kelapa sawit yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, jalur yang melewati jalan Kelok 9.

Kelok 9 sendiri terletak sekitar 30 km dari kota Payakumbuh yang merupakan jalan lintas Sumbar-Riau , jalanan yang sangat unik karena memiliki belokan tajam sebanyak 9 kali. Satu kesempatan yang jarang saya temukan, sambil dinas dapat menikmati keunikan dan keindahan Kelok 9 yang terkenal.

Bagi warga Sumatera Barat dan sekitarnya, Kelok 9 bukanlah objek wisata yang asing, namun bagi warga diluar pulau Sumatra, nama Kelok 9 terdengar masih asing. Sehingga untuk lebih mengenal objek wisata yang menjadi ikon provinsi Sumbar ini, mari kita ikuti ulasan berikut ini.

Baca Juga Dolen Ke Sumatera :

Sejarah Kelok 9

Pada awalnya, nama Kelok Sembilan merupakan jalanan berkelak-kelok melewati perbukitan di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. Apabila jalan itu direntang lurus maka panjangnya hanya sepanjang 300 meter dengan lebar jalan 5 meter.

Masa pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1908-1914, jalan Kelok 9 dibangun untuk memperlancar transportasi dari pelabuhan Emma Haven atau Teluk Bayur di barat Sumatra ke wilayah timur.

Bambang DC di Kelok 9 Sumatera Barat
Bambang DC di Kelok 9 Sumatera Barat

Namun, seiring berjalannya waktu, jalanan itu tidak mampu lagi menampung besarnya volume kendaraan yang melewati rute tersebut, sehingga terjadi kemacetan. Sehingga, diusulkan pembuatan jalan layang guna menembus dua bukit yang mengapit jalan tersebut sebagai solusinya.

Maka mulai tahun 2003, pembangunan Jembatan Kelok Sembilan dilaksanakan. Sebagai pelaksana adalah Kementerian Pekerjaan Umum (sekarang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dengan menerapkan konsep green construction atau ramah lingkungan karena berada di wilayah cagar alam. 

Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan jembatan sebesar Rp. 580 miliar dan dikerjakan dalam kurun waktu 10 tahun.

Secara fisik, jembatan Kelok Sembilan terbagi menjadi enam buah jembatan ditambah jalan penghubung sepanjang lebih dari 1,5 kilometer. Dimana masing-masing jembatan memiliki panjang yang berbeda seperti berikut ini.
  1. Jembatan pertama dengan panjang 20 meter
  2. Jembatan kedua 230 meter
  3. Jembatan ketiga 65 meter
  4. Jembatan keempat yang paling panjang 462 meter
  5. Jembatan kelima 31 meter 
  6. Jembatan keenam sepanjang 156 meter

Itulah sejarah singkat tentang Kelok 9 yang terkenal.

Fakta Unik Seputar Kelok 9

  1. Kelok 9 Merupakan Hasil Karya Anak Bangsa
  2. Kelok 9 Memiliki Konstruksi yang unik
  3. Kelok 9 Menjadi salah satu tempat wisata terkenal
  4. Usia Jalan Kelok 9 lebih tua dari Usia kemerdekaan bangsa Indonesia.  
  5. Kelok 9 Merupakan Ikon Sumatera Barat 

Penutup

Itulah ulasan ayodolenrek tentang Kelok 9, jalan dan jembatan yang menjadi ikon provinsi Sumatera Barat.

Jika anda sedang berkunjung ke Sumatera Barat maka jangan lewatkan untuk merasakan sensasi perjalanan yang menyenangkan sekaligus menikmati keindahan alam dari atas jembatan ini.

Semoga bermanfaat..
Sumber : Bambang Dwi Choirum

Artikel Lainnya :

1 comments: