Home » » Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Terbesar dan Termegah di Sumatera Barat

Masjid Mahligai Minang, Masjid Raya Terbesar dan Termegah di Sumatera Barat

Masjid Mahligai Minang, Masjid Terbesar dan Termegah di Sumbar – Jalan-jalan ke ranah Minang belumlah puas jika tidak mengunjungi masjid Mahligai Minang yang dijuluki sebagai masjid terbesar dan termegah di Sumatera Barat. 

Berbeda dengan arsitektur masjid-masjid pada umumnya yang menggunakan kubah sebagai ciri rumah ibadah umat Islam, masjid raya Sumatera Barat ini menggunakan atap rumah Gonjong, ciri khas rumah adat masyarakat Minang sebagai atapnya.

Perbedaan  penggunaan atap ini, membuat masjid di jantung kota Padang ini menjadi unik. Tidak hanya unik dan menerapkan kearifan budaya lokal, masjid Mahligai Minang ini juga memiliki kapasitas yang sangat besar, megah serta dirancang sebagai bangunan yang tahan gempa. Sehingga masjid raya Sumatera Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia.

Masjid Raya Sumatera Barat
Bambang DC di Masjid Mahligai Minang, Padang, Sumbar

Perjalanan wisata ayodolenrek kali ini mengulas wisata religi yang berada di kota Padang, Sumatera Barat yakni masjid Mahligai Minang. Sebagai narasumbernya adalah Bambang DC yang kebetulan berkantor di jalan yang sama dengan masjid raya ini yaitu di persimpangan antara jalan Khatib Sulaiman dan jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. 

Karenanya, hampir setiap hari pria berkumis tipis ini melewati rumah ibadah kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini. Tidak enak rasanya jika menikmati kemegahan dan kebesaran masjid Mahligai Minang ini seorang diri sehingga ia membagikan informasi tentang seluk beluk rumah ibadah ini kepada kita semua.

Harapannya, dapat menambah wawasan dan dapat menjadi referensi saat kita berkunjung ke ranah Minang.

Secara umum arsitektur masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong, hingga peggunaan ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding luar. Jika dilihat dari atas, mesjid ini memiliki 4 sudut lancip yang mirip dengan desain atap rumah gadang yaitu rumah adat Minang.

Masjid Mahligai Minang, Masjid Terbesar dan Termegah di Sumatera Barat
Masjid Mahligai Minang
Sumber gambar : travel-dream

Mesjid ini merupakan hasil rancangan dari arsitek Rizal Muslimin, yaitu pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat yang diikuti oleh 323 peserta arsitek dariberbagai negara pada tahun 2007.

Dibangun dengan struktur dan desain konstuksi yang kuat, anti guncangan gempa hingga 10 skala richter.

Masjid Mahligai Minang, Masjid Terbesar dan Termegah di Sumatera Barat
Kapasitas Jemaah yang besar dan megah
Masjid Mahligai Minang
Gambar : lapisnantigo.com

Selain untuk beribadah, Mesjid Raya Sumatera Barat yang memiliki kapasitas 20.000 jamaah ini juga dirancang sebagai shelter lokasi evakuasi korban Tsunami yang ada di lantai 2 dan 3. Dengan rincian lantai dasar masjid menampung 15.000 jamaah serta lantai 2 dan 3 sekitar 5000 jamaah.

Penutup

Itulah ulasan ayodolenrek tentang Masjid Mahligai Minang sebagai masjid terbesar dan termegah di Sumatera Barat dengan nara sumber Bambang Dwi Choirum.


Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :



2 comments: