Home » » Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura

Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura

Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura – Selain terkenal dengan tradisi Karapan Sapi, ternyata Madura memiliki banyak objek wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Objek wisata pantai terbaru di Kabupaten Sumenep, Madura adalah Pantai 9 atau Sembilan. Disebut Pantai 9 karena bentuknya yang menyerupai angka 9 atau angka keberuntungan.

Pantai di ujung selatan pulau Madura, tepatnya berada di Desa Bringsang, Pulau Gili Genting, Kabupaten Sumenep ini memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Selain memiliki pemandangan alam yang eksotis, keramahan masyarakat setempat dalam menyambut wisatawan juga sangat tinggi sehingga membuat objek wisata pantai ini banyak diminati wisatawan.

Ratih Junior di Pantai 9 Sumenep
Ratih Junior di Pantai 9 Sumenep

Memang Pantai Sembilan merupakan objek wisata baru di Kabupaten Sumenep seperti Pantai Lombang, Slopeng, Ponjuk, dan Gili Labak. Namun, potensi Pantai 9 dengan pemandangan yang sangat mempesona ditambah pasirnya berwarna putih bersih serta deburan ombaknya yang mengalun lembut diharapkan mampu mengungguli objek-objek wisata lainnya.

Selain itu aneka terumbu karang yang bagus dan memang dibiarkan tumbuh dan berkembang dengan alami di pantai ini.

Perjalanan wisata ayodolenrek kali ini sampai di ujung selatan pulau Madura dengan nara sumber Ratih Hayuningdyah bersama keluarga dan sahabatnya. Mengisi libur Lebaran, Ratih mengunjungi Pantai 9 Sumenep bersama ketiga anaknya dan Nina sahabatnya.

Ratih dan Nina di Pantai 9
Ratih dan keluarga di Pantai 9 Sumenep

Untuk lebih mengenal objek wisata baru di Sumenep, yang dijuluki “the soul of Madura” ini, mari kita ikuti ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai 9 Sumenep

Sejarah Pantai 9

Ketika melihat potensi yang ada di pantai ini, pemda Sumenep merubah Pantai 9 yang dulunya berfungsi sebagai tempat bersandarnya perahu-perahu penyeberangan menjadi salah satu objek wisata baru yang menarik dan sangat disarankan untuk dikunjungi.

Dermaga kapal Pantai Sembilan Sumenep

Sedangkan nama Pantai 9 karena jika dilihat dari udara, bentuk pantai ini memang menyerupai angka Sembilan. Awalnya, pantai ini disebut Pantai Bringsang, sementara asyarakat setempat menyebutnya sebagai Pantai Putih karena warna pasirnya yang putih dan bersih.

Tentang Pulau Gili Genting

Pulau Gili Genting merupakan sebuah pulau di kawasan Kabupaten Sumenep dan terletak di sebelah tenggara Pulau Madura. Luasnya sekitar 30.31 km persegi. Dan secara territorial merupakan kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sumenep.

Rute Menuju Ke Pantai 9

Wisatawan harus menggunakan akses penyeberangan melalui laut, sekitar 30 hingga 45 menit jika menggunakan perahu motor kecil dari pelabuhan Tanjung, Saronggi, Sumenep atau pelabuhan Pagar Batu, Bluto. Tarifnya sebesar Rp. 10.000 untuk penumpang dan tambahan 10 ribu lagi bagi yang membawa motor.

Ratih di Dermaga Pantai 9 Sumenep
Pose "Love" Ratih di Pantai 9 Sumenep

Perjalanan selanjutnya dapat diteruskan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki sambil menikmati keindahan pulau.

Pesona Pantai Sembilan

Pantai yang menyerupai angka 9 ini memiliki pesona yang sangat mengagumkan dan tergolong masih perawan. Pemandangan alamnya sungguh indah sementara deburan ombak dan hembusan angina mengalun dengan perlahan sehingga cocok untuk sejenak melepaskan beban kehidupan sehari-hari.

Sunset di Pantai 9 Sumenep
Pemandangan sunset di Pantai 9 Sumenep

Selain itu, bentangan pasir putih dan bersih serta beningnya air laut sehingga terlihat biru menjadi pesona lain dari pantai ini. Bagi penggemar olahraga air, pemandangan terumbu karang di pantai 9 ini sungguh indah dan menarik.

Hamparan pasir putih di Pantai 9 Sumenep
Hamparan pasir putih di Pantai 9 Sumenep

Foto-foto Di Pantai Sembilan

Berikut ini adalah beberapa foto Ratih dan keluarganya saat berada di Pantai Sembilan Sumenep. Memang sayang bila berkunjung ke tempat wisata jika tidak mengabadikan moment-moment indah disana sebagai kenangan. Seperti foto-foto berikut ini.

Ratih di dermaga Pantai Sembilan Sumenep
Ratih di dermaga Pantai Sembilan

Ratih in action diPantai 9

Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura

Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura

Fasilitas Di Pantai 9

Awalnya, karena tergolong objek wisata baru, fasilitas yang tersedia di objek wisata ini masih terbilang minim. Namun, pengelolah sedikit demi sedikit mulai menambahkan fasilitas-fasilitas penunjang baru seperti saung untuk bersantai, arena bermain anak-anak dan lahan parkir.

Sekarang ini, fasilitas yang tersedia di Pantai 9 Sumenep semakin lengkap, wahana permainan seperti banana boat, perahu dayung dan lain-lain juga tersedia.

Cottage Pantai 9 Sumenep
Cottage di Pantai 9 Sumenep

Bagi wisatawan yang mau bermalam, tersedia cottage dengan bentuk rumah panggung dengan fasilitas ac, tv dan kulkas. Dimana 1 cotage dapat di isi  hingga 10 orang.

Isi Cottage di Pantai 9 Sumenep
Isi Cottage di Pantai 9 Sumenep

Penutup

Demikian ulasan ayodolenrek tentang Pantai 9 Sumenep, Objek Wisata Terbaru Di Pulau Madura yang dapat menjadi pilihan wisata kita. 

Semoga bermanfaat..


1 comments: