Home » » Perjalanan Menikmati Kemegahan Jembatan Barelang, Batam

Perjalanan Menikmati Kemegahan Jembatan Barelang, Batam

Menikmati Kemegahan Jembatan Barelang, Batam – Kali ini, Susilowati melakukan perjalanan dinas ke pulau Batam dan di sela-sela kesibukan dinasnya, wanita hitam manis ini bersama-sama teman-temannya menikmati kemegahan Jembatan Barelang yang merupakan ikon dari pulau Batam. 

Tidak hanya Susilowati dkk yang tertarik dengan keindahan dan kemegahan Jembatan  Tengku Fisabilillah ini, Maryanto, salah satu alumni STIKI Malang angkatan 1988, juga tergerak hatinya untuk menikmati kemegahan Jembatan Satu di pulau Batam ini.

Perjalanan Menikmati Kemegahan Jembatan Barelang, Batam

Melihat dari foto-foto tentang Jembatan Barelang ini di internet, memang cocok jika jembatan ini dijadikan sebagai ikon pulau Batam karena keindahan dan kemegahannya tak kalah dengan jembatan yang ada di Amerika Serikat.

Sehingga perpaduan foto-foto dari kedua narasumber ini, kami padukan agar saling melengkapi dan kiranya dapat menambah perbendaharaan foto tentang Jembatan Habibie ini.

Untuk lebih mengenal Jembatan Barelang, mari kita ikuti penjelasan singkat berikut ini.

Sekilas Tentang Jembatan Barelang

Barelang , singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG adalah nama sebuah jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yang berhubungan dengan Pulau Batam yaitu Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. 

Maryanto dan Jembatan Barelang
Maryanto dengan latar Jembatan Barelang

Nama Barelang merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat setempat sedangkan nama lainnya adalah "Jembatan Habibie", karena yang menjadi pemrakarsa dari pembangunan jembatan ini adalah Prof. DR. BJ. Habibie, kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi. Selain itu, jembatan ini juga disebut sebagai Jembatan Satu atau Jembatan Tengku Fisabilillah.

Susilowati di pelabuhan fery Batam
Susilowati dkk di pelabuhan Batam

Tujuan dari pembangunan jembatan Barelang ini adalah untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi satu wilayah industri di Kepulauan Riau, dimana ketiga pulau tersebut sekarang ini sudah termasuk dalam Provinsi Kepulauan Riau.

Susilowati dkk diatas Jembatan Barelang
Susilowati dkk diatas Jembatan Barelang

Karena kemegahan dan keindahannya maka Jembatan Barelang menjadi ikon Kota Batam, bahkan dikenal lebih populer sebagai landmark-nya Pulau Batam. Jika Monas atau monument Nasional identik dengan Kota Jakarta maka orang akan menyamakan Kota Batam dengan Jembatan Barelang  atau Barelang Bridge.

Anak-anak SD berangkat sekolah
Anak-anak SD berangkat sekolah
di bawah Jembatan Barelang

Dalam penanganan Bapak Habibie, Jembatan Barelang menjadi pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dengan tujuan, untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. 

Santai sejenak di pulau Batam
Santai sejenak di pulau Batam

Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan Trans Barelang, menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar Rp 400 Miliar yang dibangun dalam waktu enam tahun lamanya yaitu sejak 1992 hingga 1998. 

Hasilnya, enam buah jembatan megah telah berdiri dan merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer. Keenam jembatan tersebut adalah sebagai berikut.
  • Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
  • Jembatan Nara Singa (jembatan II)
  • Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
  • Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
  • Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
  • Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)

Penutup

Demikian ulasan ayodolenrek tentang perjalanan wisata Susilowati dan Maryanto saat menikmati kemegahan Jembatan Barelang, Batam.

Memang perjalanan teman-teman kali ini, hanya fokus di Jembatan Barelang saja karena keterbatasan waktu yang tersedia sehingga tidak dapat mengunjungi kelima jembatan lainnya yang menghubungkan pulau Batam dengan pulau-pulau lain di sekelilingnya.

Namun, harapan penulis, sekelumit informasi ini dapat menambah wawasan para traveller yang ingin mengunjungi Jembatan Barelang.



3 comments: