Home » » Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris

Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris

Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris – Salah satu kuliner kota Malang yang familiar adalah Tahu Campur. Dan, salah satu warung tahu campur terkenal di kota pendidikan ini adalah warung tahu campur Pak Iwan yang sudah berdiri semenjak tahun 1974 maka pantas disebut sebagai warung Tahu Campur Legendaris.

Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris

Masalah rasa, kelezatan tahu campur Pak Iwan sudah tidak diragukan lagi, terbukti warung ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, mereka rela antri menunggu giliran terlebih lagi pada bulan Ramadhan. 

Hari Senin, 4 Juni 2018, bertepatan dengan hari ulang tahun Budi Wijaya, maka para alumni smanda malang angkatan 1988, mengadakan buka bersama sekaligus merayakan hari jadi Bewe.  Memang cukup unik, orang yang ultah berada di Jakarta namun traktirannya sampai ke kota Malang. Hal itulah yang sering dilakukan alumni smanda88 Malang untuk berbagi kebahagiaan dengan teman-teman masa SMA.

Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris
Alumni smanda88 merayakan ultah Bewe di Tahu Campur Pak Iwan

Dan, salah satu kuliner yang menjadi rujukannya adalah warung tahu campur Pak Iwan yang ada di daerah Jagalan, Malang.

Untuk lebih mengenal warung Tahu Campur Pak Iwan yang legendaris ini, maka mari ikuti ulasan ayodolen tentang sejarah, rute, harga dan jam buka dari warung makanan yang berasal dari Lamongan ini. 

Sejarah Warung Tahu Campur Pak Iwan

Pemilik dari warung tahu campur daerah Jagalan, Malang ini adalah Pak Ichwan, atau yang biasa disapa Iwan. Sebelum beralih profesi berjualan tahu campur, Pak Iwan adalah seorang tukang pelitur atau pengecat mebel. 

Karena berbagai alasan, Pak Iwan memutuskan untuk berjualan tahu campur, satu kuliner yang cukup dikenalnya dengan baik.  Karena Iwan adalah seorang perantau yang berasal dari Lamongan, kota asal dari kuliner tahu campur ini.

Pada awalnya, Pak Iwan menjajakan dagangannya menggunakan gerobak lalu berkeliling dari kampung ke kampung dengan rute Jl. Kyai Tamin dan Jl. Kapten Piere Tendean atau daerah Jagalan. Dan lama kelamaan, Pak Iwan memutuskan untuk membuka warung di pojok perempatan Jagalan hingga sekarang ini.

Harga Satu Porsi Tahu Campur Pak Iwan

Satu porsi tahu campur di warung Pak Iwan berisi potongan lontong, tahu, sayur, irisan selada, bihun, kecambah rebus, potongan jemblem lalu disiram dengan kuah panas. Sementara petisnya disiapkan di pinggir piring sehingga kita dapat menyesuaikan sendiri campurannya.

Tahu Campur Pak Iwan
Tahu Campur Pak Iwan

Rasanya akan semakin mantap jika ditambahkan irisan daging khusus tahu campur yang empuk. Jika masih belum lengkap rasanya, maka kita bisa menambahkan sambal yang membuat lidah semakin bergoyang.

Harga Tahu Campur biasa dipatok Rp. 13.000,- sedangkan Tahu Campur Spesial Rp. 18.000,-. Dan, Tahu Campur Istimewa seharga Rp. 24.000,-.

Ciri Khas Tahu Campur Pak Iwan

Dua hal yang menjadi ciri khas dari tahu campur bikinan Pak Iwan adalah daging dan bumbunya.
  1. Tahu campur di warung ini memiliki ciri khas pada daging dan ototnya yang sangat empuk. Hal ini sudah cukup menunjukkan bahwa Pak Iwan memiliki tehnik yang jitu untuk memasak daging. Jika tidak, maka pasti daging tersebut akan  keras dan mudah rusak sebelum dihidangkan.
  2. Sedangkan bumbu yang dipakainya merupakan bumbu hasil eksperimennya sendiri. Pak Iwan merasa bumbu yang didapatkannya dari resep temannya masih sangat orisinal dan hampir sama dengan kebanyakan tahu campur Lamongan di warung-warung lainnya. Sehingga ia melakukan uji coba mencari variasi bumbu yang tepat untuk hasil olahannya. Terbukti, sejak tahun 2000-an, Warung Tahu Campur Pak Iwan semakin ramai pengunjung dan semakin laris  sehingga resep eksperimennya itu dipertahankan hingga sekarang.

Jam Buka Warung Tahu Campur Pak Iwan

Warung tahu campur Pak Iwan ini biasanya buka sejak pukul 15.30 hingga 22.00 WIB. Jika tidak mau kecewa saat ingin merasakan kuliner Malang satu ini, maka pastikan Anda datang lebih awal agar tidak kehabisan tahu campur yang menjadi legenda masyarakat Malang ini.

Alumni smanda88 Di Warung Tahu Campur Pak Iwan

Bagi alumni smanda88 Malang, Tahu Campur Pak Iwan merupakan salah satu kuliner yang sangat mereka kenal karena selain gemar travelling, mereka gemar melakukan wisata kuliner termasuk tahu campur legenda ini.

Saat acara bukber dan merayakan ultah Bewe ini, mereka tidak datang bersamaan namun datang satu per satu sehingga yang datang duluan harus menunggu kedatangan teman lainnya. Akan tetapi hal ini tidak menjadi masalah. Sambil menunggu mereka terlihat semakin akrab bercengkerama dan bercanda.

Berikut ini beberapa ekspresi para alumni smanda88 Malang saat menikmati lezatnya Tahu Campur bikinan Pak Iwan.

Ekspresi Alumni smanda88 saat merasakan kelezatan tahu campur pak Iwan
Ekspresi Alumni smanda88
saat merasakan kelezatan tahu campur pak Iwan
Selfie dan makan di Tahu Campur Pak Iwan
Selfie, makan dan foto bersama alumni smanda88
di warung Pak Iwan

Selesai menikmati kelezatan tahu campur di warung Pak Iwan, para alumni smanda88 Malang ini melanjutkan wisata kulinernya ke Tahwa Mas Agus yang berada di Jl. Aris Munandar, Malang. Dan, masih merupakan rangkaian acara hari ulang tahun Budi Wijaya.

Baca Juga : Tahwa Mas Agus Buka Cabang Baru Di PBI Malang

Penutup

Itulah ulasan ayodolen tentang  “Tahu Campur Pak Iwan, Kuliner Malang Yang Legendaris” beserta wisata kuliner yang dilakukan oleh alumni smanda88 Malang saat buka bersama dalam rangka merayakan hari jadi Budi Wijaya atau Bewe.

Semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. Bukan orang Malang kalau tak kenal Tahu Campur Pak Iwan....soal rasa tak ada tandingannya.

    ReplyDelete