Home » » Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018 Di Kebun Teh Wonosari

Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018 Di Kebun Teh Wonosari

Temu Kangen Di Kebun Teh Wonosari – Berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran merupakan salah satu tujuan dari perantau yang berada di luar kota atau luar pulau sehingga mereka rela menempuh perjalanan jauh dengan segala resikonya. 

Begitu pula dengan keluarga besar Endang Setyawati yang mengadakan temu kangen keluarga besarnya pada tanggal 20 - 21 Juni 2018 di objek agrowisata Kebun Teh Wonosari, Lawang.

Endang S adalah bagian dari keluarga besar Eyang Buyut Marsam atau disingkat EBM, yakni cucu dari Eyang Marsam. Sehingga dalam kesempatan kali ini, pemilik toko ban di jalan Rogonoto Singosari ini berbagi pengalaman saat menikmati kebersamaan bersama keluarga besarnya di Kebun Teh Wonosari. 

Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018 Di Kebun Teh Wonosari
Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018 Di Kebun Teh Wonosari
Pemilihan Kebun Teh Wonosari sebagai tempat berkumpul karena objek agrowisata ini menyediakan wisma-wisma yang dapat menampung seluruh keluarga besarnya. Selain itu, pemandangan alam yang indah serta berbagai wahana permainan yang ada dapat menjadi sarana wisata  atau refreshing setelah hampir setahun berkutat dengan kesibukannya masing-masing.

Temu kangen dengan keluarga sekaligus juga berwisata

Berikut ini adalah penuturan langsung Endang Setyawati kepada ayodolenrek tentang pengalamannya  selama dua hari mengadakan temu kangen dengan keluarga besar EBM di Kebun Teh Wonosari, Lawang, Malang.

Baca Juga : 

Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018

Agenda tahunan keluarga EBM yang selalu terjadwal pada Hari Raya Idul Fitri sekalian Halal Bihalal keluarga besar EBM tahun ini bertempat di Kebun Teh Wonosari.

Keluarga Besar Eyang Buyut Marsam
Keluarga Besar Eyang Buyut Marsam (EBM)

Kami adalah generasi ketiga dari EBM (Eyang Buyut Marsam).

Setelah semua orang tua kami wafat...tugas kami adalah menyambung tali silaturami antara generasi ketiga (cucu), keempat (cicit) dan seterusnya. Agar EBM tetap dalam kasih sayang dan kemesraan keluarga selamanya..

Kami menyewa 3 wisma yang ada di kebun teh Wonosari untuk menampung seluruh keluarga EBM yang saat ini sudah terpencar mulai Jakarta sampai Madura, Kalimantan, Sumatera, Batam bahkan ada yang di Papua New Guini dan Australia.

Acara Tahlil Keluarga EBM
Acara Tahlil Keluarga Besar EBM

Acara temu kangen yang di hadiri sekitar 150 orang lebih ini di mulai tanggal 20 juni 2018 malam. 

Acara Tahlil Keluarga EBM


Di awali dengan pembacaan Yasin dan Tahlil untuk para orang tua yang sudah berpulang mendahului kita. Di lanjutkan makan malam dan bernostalgia bersama. 

Nostalgia Keluarga EBM di Kebun Teh Wonosari
Nostalgia kebersamaan  keluarga EBM di Kebun Teh Wonosari

Di iringi rinai gerimis dan udara yang sangat dingin,  kemesraan keluarga sungguh indah dirasa. Tak ada pangkat atau status sosial. Kami adalah satu..keturunan EBM.

Kebersamaan Keluarga EBM di Kebun Teh Wonosari
Kebersamaan Keluarga EBM pada malam hari
di Kebun Teh Wonosari, Lawang

Dan suasana di kebun teh Wonosari sangat mendukung. Angin sepoi basah beradu kilau lampu taman...aahh..tak bisa di tulis dengan kata-kata...hanya linangan air mata saat mengenang kisah-kisah manis bersama orang tua kami dulu....

Sesepuh Keluarga EBM di Kebun Teh Wonosari
Mas Sony di Kebun Teh Wonosari

Tentang EYANG MARSAM

Saya hanya sebentar mengenal eyang Marsam karena saat beliau wafat saya masih berumur 8 tahun. Tapi bapak saya menceritakan siapa eyang Marsam.

Eyang Marsam yang punya nama lengkap  R.Marsam Martodiwiryo adalah seorang anggota Polisi jaman penjajahan Belanda.

Eyang Marsam Marodiwiryo
Eyang Marsam Martodiwiryo

Lahir di Blitar tahun 1868 dan sempat berpindah-pindah tugas di daerah lain. Bahkan sempat mengungsi jauh dan pada masa pensiun menetap di kota kelahiran.

Eyang Marsam dan Istri
Eyang Marsam dan Istri
Menikah dengan eyang putri bernama Katinem dan di anugerahi putra putri :
  1. R.Achmad Hadiatmojo
  2. Ra.Soewarni Yatini
  3. R.Djuhari Hariatmojo
  4. R.Djauharin Adi Wardoyo
  5. Ra.Warsini
  6. Ra.Sumarmi
  7. R.Gatot Mudjito
  8. R.Adi Mudjiono
  9. R.Nuhadji (wafat kecil)
  10. R.Soetowo (wafat kecil)
  11. Ra.Rumi Indrawati
  12. R.Syamsul Arifin (ayahandaku)
  13. Ra.Tutik (wafat kecil)

Sebagai keturunan bangsawan eyang Marsam tidak pernah sombong. Bahkan beliau selalu mendidik putra putri nya untuk selalu menghormati yang tua dan menyayangi yang muda. Kehidupan yang sarat perjuangan membentuk jiwa patriot namun tetap bersahaja.

Sebagai pensiunan polisi yang mempunyai beberapa tanda jasa  beliau sangat di segani di lingkungan kediaman beliau. 

Wafat pada tahun 1978 dan di makamkan di Blitar juga.

Sebagai cucu seorang Marsam saya sangat mengagumi pribadi beliau. Alhamdulillah....hingga kini keturunan eyang Marsam tetap terjaga silaturahmi nya walau terpisah jarak yang jauh.

Kami menjadi bersuku-suku karena para orang tua kami ada yang menikah dengan suku sunda, madura. Bahkan ada yang menikah dengan keturunan china dan Australia. Jadilah kami beragam adat dan budaya. Namun....kami tetap lah keturunan Eyang Marsam.......

Satu hal yang saya ingat  dari eyang Marsam adalah beliau seorang jawa kuno yang memiliki sedikit kelebihan yang membuat saya terpana tak mengerti.

Salah satu contoh yang saya alami...saat adik saya sakit panas, eyang ambil wudlu, trus di usapnya jenggot panjangnya lalu di basuhkan ke dahi dan muka adikku. Ternyata langsung sembuh.

Yaaa....itulah eyangku....

Semoga beliau tenang di surga Nya Allah...Aamiin

Penutup

Itulah pengalaman Endang S. saat berkumpul bersama keluarga besarnya di Kebun Teh Wonosari, Lawang. Dan penuturannya kali ini adalah cerita tentang kebersamaan mereka pada hari pertama berada di satu-satunya perkebunan teh di Jawa Timur yang dijadikan sebagai objek wisata.

Sedangkan pengalaman menikmati keindahan alam Kebun Teh Wonosari beserta segala fasilitasnya akan dilanjutkan pada tulisan berikutnya yaitu Temu Kangen Keluarga Besar EBM 2018 Di Kebun Teh Wonosari bagian II.

Semoga kisah ini dapat menambah wawasan kita dan menjadi referensi apabila kita ingin berkumpul dengan keluarga, teman-teman alumni dan kerabat lainnya dengan memilih Kebun Teh Wonosari sebagai tempatnya.

Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya :



1 comments: