Home » » Menikmati Keindahan Pantai Prigi Trenggalek

Menikmati Keindahan Pantai Prigi Trenggalek

Menikmati Keindahan Pantai Prigi Trenggalek – Pantai Prigi, Trenggalek merupakan salah satu objek wisata pantai di Jawa Timur yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata unggulan pada hari libur. Selain keindahan pantainya, Prigi juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan atau TPI dan merupakan Pelabuhan Perikanan Nusantara  atau PPN. Dan, satu lagi, Durian Prigi.

Selain mengandalkan potensi wisatanya, masyarakat Trenggalek juga bergantung pada kekayaan alam yang dimiliki wilayah Prigi ini sebagai sentra perekonomiannya.

Any Widi di Pantai Prigi Trenggalek
Any Widi di Pantai Prigi Trenggalek

Perjalanan wisata ayodolenrek kali ini mengunjungi objek wisata pantai yang terkenal di Trenggalek dengan nara sumber Any Widhi Lestari, pemilik resto Go Fish And Chicken, Dengkol, Singosari. Setelah turut berperan dalam Pilkada Jawa Timur 2018 sebagai KPPS, sosok wanita kalem ini  mengisi hari liburnya dengan menikmati keindahan Pantai Prigi Trenggalek.

Berikut ini ulasan ayodolenrek tentang Objek wisata Pantai Prigi Trenggalek.

Tentang Pantai Prigi, Trenggalek

Hamparan pasir putih kecoklatan, air laut yang jernih, ombak laut yang tenang, pemandangan alam pegunungan dan kapal-kapal nelayan yang berbaris rapi, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai Prigi.  

Any dan keluarga di Pantai Prigi, Trenggalek
Any dan keluarga di Pantai Prigi, Trenggalek

Pada setiap akhir pekan atau hari libur, pantai ini ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Pada umumnya, ombak-ombak pantai di pesisir selatan pulau Jawa sangat besar dan tinggi sehingga di beberapa pantai, pengunjung dilarang berenang karena ombaknya cukup berbahaya. Namun, tidak di Pantai Prigi. 

Menikmati ketenangan ombak di Pantai Prigi, Trenggalek
Menikmati ketenangan ombak di Pantai Prigi, Trenggalek

Ombak Pantai Prigi relatif tenang dan kecil karena ombak besar yang datang dari samudera Indonesia telah dihadang oleh bukit dan pegunungan yang berada di sekitar pantai. Sehingga ombak yang memasuki pantai ini hanyalah ombak-ombak kecil, maka wisatawan bebas bermain air dan berenang.

Lokasi Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi ini berada di wilayah Desa Tasimadu, Kec. Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Trenggalek, lokasinya berjarak sekitar 48km. Dalam perjalanan, sepanjang 4 km dari pantai ini kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah, yakni hamparan nyiur melambai serta deburan ombak menghantam bukit.

Menikmati hijaunya alam perbukitan di Pantai Prigi
Menikmati hijaunya alam perbukitan di Pantai Prigi

Fasilitas Di Pantai Prigi, Trenggalek

Sebagai objek wisata yang sudah lama dikenal masyarakat, Pantai Prigi memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik sehingga pengunjung merasa nyaman berada di tempat ini. Berikut ini adalah fasilitas penunjang di Pantai ini.
  • Penginapan
  • Rumah Makan
  • Warung & Cafe
  • Bumi Perkemahan
  • Tempat Olahraga
  • Taman Bermain
  • Area Parkir

Tarif Masuk Pantai Prigi, Trenggalek

Untuk dapat menikmati keindahan pantai di Trenggalek ini, pengunjung harus membayar tarif masuk sebesar Rp. 6 ribu per orangnya. Satu harga yang cukup murah.

Aktifitas Di Pantai Prigi

Beberapa aktifitas yang dapat kita lakukan bersama keluarga di Pantai Prigi ini antara lain adalah berenang, bermain air dan pasir di pantai, nongkrong di café atau duduk-duduk memandang keindahan alam.

Bermain air di Pantai Prigi
Bermain air di Pantai Prigi, Trenggalek

Berendam sambil main HP di Pantai Prigi
Berendam sambil main HP di Pantai Prigi

Selain itu, pengunjung pantai ini dapat menyewa perahu untuk mencoba mengarungi lautan dengan harga sekitar Rp 100rb/perahu atau 10ribu/org. 

Naik kapal di Pantai Prigi, Trenggalek
Naik kapal di Pantai Prigi, Trenggalek

Pantai Prigi Sebagai Tempat Pelelangan Ikan

Tidak jauh dari pantai, wisatawan dapat berburu ikan laut yang masih segar hasil tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan. Sehabis melaut, para nelayan Trenggalek melabuhkan kapalnya di dermaga lalu segera menjual ikan-ikan segar hasil tangkapannya ditempat pelelangan ikan ini.

Dermaga di Pantai Prigi
Uus, juragan ikan di Pantai Prigi

Lokasi yang digunakan sebagai tempat PPN, hampir separuh dari lokasi wisata pantai ini sedangkan separuhnya lagi dibiarkan berkembang alami. Pemandangan beberapa perahu cadik serta perahu nelayan tradisional berlabuh di pelabuhan, hampir setiap saat dapat kita temukan.

Dermaga Pantai Prigi, Trenggalek
Dermaga Pantai Prigi, Trenggalek

Aktifitas menarik lainnya adalah menyaksikan kegiatan para nelayan, melakukan perbaikan jala, merangkai batang – batang kayu jadi kapal dan aktifitas lain yang unik dan menarik. 

Durian Prigi

Duren Prigi atau durian Prigi terkenal memiliki citarasa manis dan pahit meskipun ukurannya tidak sebesar durian Montong. Maka saat berkunjung ke Pantai Prigi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan raja buah ini di daerah Prigi.

Akses Menuju Pantai Prigi, Trenggalek

Pantai Prigi berada di perbatasan antara Trenggalek dan Tulungagung. Selain kendaraan pribadi, cukup banyak angkutan umum yang akan membawa kita ke sana dari kedua daerah tersebut. Karena, Pantai Prigi sudah populer di masyarakat maka tidaklah susah menemukan objek wisata pantai yang satu ini.

Jika masih bingung menemukannya, fasilitas Google Maps akan membantu anda. Tapi jika tetap masih bingung juga, bertanyalah kepada penduduk setempat sepanjang jalan yang anda lewati di kedua wilayah tersebut.

Akhir Wisata Di Pantai Prigi, Trenggalek

Menghirup segarnya udara pantai Prigi dan menikmati pemandangan alam yang indah akan membuat jiwa raga kita seolah terisi penuh dengan daya hidup seperti baterai yang baru di-charge. Sehingga semangat hidup, semangat kerja dan gairah untuk berkarya dalam kehidupan menyala kembali.

Itulah yang dilakukan Any Widhi bersama keluarganya dalam mengisi hari liburnya dengan mengunjungi objek wisata pantai di Trenggalek ini. Sepulang dari Pantai Prigi, Trenggalek, Any siap kembali menghadapi kesibukan kerja dan kesibukan hidup lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, jika dalam kehidupan, kita membutuhkan istirahat, refreshing dan menikmati keindahan alam semesta. Maka, tunggu apalagi, ayo dolen rek…

Semoga bermanfaat..

Wisata Pantai Lainnya :




4 comments:

  1. Ha ha ha ha..... pinter gaya ternyata 😅

    ReplyDelete
  2. Ternyata sik koyok ABG mbakku ikuuu... centil.. hehehe...

    ReplyDelete
  3. Aq ilo ncen guayaa tok... hahaaha.. ketularan ncuz.. qiqiqi

    ReplyDelete