Home » » Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia

Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia

Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia – Masjid Agung An Nur adalah sebuah Masjid termegah di Indonesia dengan gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Masjid ini dijuluki sebagai Taj Mahal Indonesia.

Perjalanan ayodolenrek kali ini mengunjungi masjid An Nur, Pekanbaru dengan narasumber Bambang DC, alumni smanda88 yang bertugas di Pulau Sumatera. Berikut ini adalah penuturannya tentang masjid termegah di Indonesia.

Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia
Bambang DC di Masjid An Nur, Pekanbaru

Suatu hari saya mendapatkan undangan pernikahan anaknya teman kantor saya di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Undangan itupun saya penuhi sekaligus ingin traveling ke kota tersebut karena selama ini saya belum pernah kesana.

Yang saya kunjungi dalam traveling ini adalah icon Kota Pekanbaru yaitu Mesjid Raya Pekanbaru yang bernama Mesjid An-Nur yang mirip Taj Mahal di India.

Mesjid Raya Pekanbaru dibangun pada abad ke-18 tepat tahun 1762 sehingga merupakan mesjid tertua di Pekanbaru.

Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia
Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia
Gampar : wikipedia

Dengan menerapkan arsitektur tradisional dan memasukkan pengaruh gaya aristektur Melayu, Arab, Turki dan India maka Masjid An Nur menjadi masjid termegah di Indonesia layaknya salah satu bangunan yang menjadi keajaiban dunia yaitu Taj Mahal.

Sejarah Masjid An Nur, Pekanbaru

Selain itu, Masjid An Nur menjadi bukti adanya kerajaan Siak Sri Indrapura yang pernah bertahta di Pekanbaru (Senapelan) yaitu dimasa Sultan Abdul Jalil San Siak ke-4 kemudian diteruskan oleh penerusnya, Sultan Siak ke-5, yaitu Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah.

Adapun, kisah pembangunan Masjid Raya di Pekanbaru ini terjadi pada masa kekuasaan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah yang memindahkan dan menjadikan Senapelan (Sekarang Pekanbaru) sebagai pusat kerajaan Siak. 

Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia
Mesjid An-Nur, Pekanbaru : Taj Mahal Indonesia

Proses pemindahan pusat kerajaan dalam adat Raja Melayu harus disertai dengan pembangunan Istana Raja, Balai Kerapatan Adat dan Masjid sehingga ketiga bangunan tersebut wajib ada sebagai bentuk representasi dari unsur pemerintahan, adat dan ulama (agama) yang biasa disebut  "Tungku Tiga Sejarangan".

Akhir Perjalanan

Itulah sekelumit ulasan tentang perjalanan Bambang DC mengunjungi Masjid An-Nur di ibukota propinsi  Riau, Pekanbaru. 

Memang benar kata pepatah,
“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai.”
Maka, jika ada kesempatan, mari kita jalan-jalan mengunjungi objek-objek wisata di Indonesia maupun di manca Negara. Ayo dolen rek..

Semoga bermanfaat..

Perjalanan Bambang DC Lainnya :



1 comments: