Home » » Lebih Seru Lagi ! Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran, Africa Van Java

Lebih Seru Lagi ! Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran, Africa Van Java

Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran, Africa Van Java – Setelah menikmati keindahan Kawah Ijen, masih dalam rangkaian reuni kost Taman Agung, Malang, Rina dan kawan-kawan mengunjungi Taman Nasional Baluran, Banyuwangi yang dijuluki sebagai Africa Van Java.

Salah satu daya tarik dari Taman Nasional Baluran ini adalah padang savana yang alami seperti yang ada di Afrika yaitu Padang Savana Bekol. Sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke Negara Afrika, jika ingin menikmati keindahan padang savana karena di Padang Savana Bekol ini sudah menyerupai dengan kondisi disana termasuk segala keindahannya.

Lebih Seru Lagi ! Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran, Africa Van Java
Lebih Seru Lagi ! Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran,
Africa Van Java
Baca Juga : Seru Dan Menyenangkan Reuni Kost Di Kawah Ijen

Karena keterbatasan waktu dan peserta reuni kost ini hanya traveler ibu-ibu cantik, maka hanya padang Savana Bekol saja yang sempat dikunjungi sedangkan objek-objek wisata lain yang berada di Taman Nasional Baluran tidak sempat mereka datangi. 

Namun, untuk lebih mengenal objek wisata alam di ujung timur pulau Jawa ini lebih dekat, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Tentang Taman Nasional Baluran

Julukan sebagai Africa Van Java atau Little Africa, memang pantas disematkan pada Taman Nasional Baluran ini, karena memiliki padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya. Hewan liar seperti banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang cukup buas, kerbau dan burung merak nan indah, semuanya ada di Taman Baluran ini. 

Dan keberadaan satwa liar ini dilindungi serta menjadi ciri khas dari kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

Gunung Baluran latar Taman Nasional Baluran
Rina dkk dengan latar Gunung Baluran

Gunung Baluran yang berdiri kokoh menjadi latar yang indah dari Taman Nasional Baluran ini sehingga nama Baluran diambil dari nama gunung ini.

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25 ribu hektare dan memiliki beberapa jenis hutan, satwa serta tumbuhan. Dimana vegetasi savana merupakan 40%nya dari tumbuhan yang ada di taman nasional ini. 

Julukan sebagai miniatur hutan Indonesia juga disandang Taman Nasional Baluran karena hampir seluruh tipe hutan di Indonesia ada di Baluran ini.

Kekayaan alam dari Taman Baluran ini berupa 44 jenis tumbuhan yang hidup subur,  di antaranya terdapat tumbuhan khas yaitu widoro bukol, mimba dan pilang. Kemudian ada 26 jenis mamalia, seperti banteng, kerbau, ajag, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau serta sebanyak 155 jenis burung.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Letak Taman Nasional Baluran berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo namun lebih dekat dengan Banyuwangi. Secara administratif terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, namun masyarakat lebih menetahui jika Baluran berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Objek Wisata Lain di Taman Nasional Baluran

Evergreen Forest atau Hutan Hijau Sepanjang Tahun  

Dari gerbang TNB, wisatawan akan memasuki kawasan hutan hijau sepanjang tahun atau lebih dikenal dengan sebutan ‘evergreen forest’, sekitar 5 km jauhnya. Disebut evergreen forest karena hutan ini memang selalu berwarna hijau akibat berada di wilayah cekungan dimana terdapat sungai bawah tanah yang mengalir sehingga tanaman disini tidak pernah kekeringan.

Evergreen Forest, Taman Nasional Baluran
Evergreen Forest, Taman Nasional Baluran
Gambar : www.banyuwangibagus.com

Pemandangan yang sangat indah ketika kita melewati hutan ini seolah melewati sebuah terowongan hijau karena pepohonan tampak rapat dan daunnya tumbuh lebat dengan warna hijau.

Padang Savana Bekol

Kawasan lainnya di Taman Nasional Baluran yang tak kalah menakjubkan adalah padang savana Bekol. Merupakan hamparan padang savana yang sangat luas dan indah, dengan latar pemadangan gunung Baluran yang berdiri kokoh. Dengan luas  sekitar 300 Hektar, Padang  Savana Bekol menjadi padang savana terluas di Pulau Jawa.

Padang Savana Bekol, Taman Nasional Baluran
Reuni Kost di Padang Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

Hamparan rumput yang hijau dan sejuk, akan menyambut kita saat memasuki Padang Bekol ini pada musim hujan. Sebaliknya, pada musim kemarau, hamparan rumput tersebut berubah warna menjadi kecoklatan dan kering.

Kebakaran, menjadi fenomena alam yang sering terjadi pada hampir semua wilayah yang berada di Taman Nasional Baluran ini termasuk Padang Savana Bekol. Hal itulah yang membuat padang ini mirip dengan pemandangan padang rumput di gurun Afrika sehingga dijuluki sebagai African Van Java.

Jika beruntung, wisatawan akan menjumpai satwa liar yang kerap menampakkan diri dalam waktu yang lama maupun hanya sebentar. Monyet ekor panjang dan segerombolan rusa liar yang melintas di jalur kendaraan. Terutama monyet ekor panjang yang suka menganggu wisatawan dengan meminta atau mencuri makanan.

Banteng Baluran
Gambar : omnivora-scorpio.blogspot.com

Gerombolan banteng, kadang juga menampakkan diri. Dan, yang paling jarang muncul adalah burung merak dengan ekornya yang indah.

Eksotika Pantai Bama

Tidak jauh dari Padang Savana Bekol, kurang lebih 4 km jaraknya terdapat sebuah pantai yang eksotis dengan pasir hitam, putih, batu pantai yang hitam kecil, atau lereng karang, bergantung daerahnya. 

Namun jangan kaget, jika saat memasuki pantai ini, kita akan disambut oleh gerombolan monyet dengan jumlah yang sangat banyak dan liar. Sehingga kita harus hati-hati dengan menjaga dan menyimpan barang bawaan kita agar tidak direbut oleh monyet-monyet itu.

Monyet-monyet ekor panjang di Baluran
Gambar : www.banyuwangibagus.com

Inilah keistimewaan dari pantai Bama yang tidak akan kita temukan di pantai-pantai lainnya.

Ketika sudah masuk kawasan Pantai Bama, kita akan mendapati fasilitas yang lengkap.  Terdapat kantor, gudang, mushola dan kamar mandi umum serta dua buah bangunan penginapan dan kantin. Area permainan outbound juga terdapat disini.

Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Gambar : traveling.bisnis.com

Karena terletak di selat Bali dan letaknya menghadap ke timur, maka Pantai Bama merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbit atau sunrise. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktifitas yang menarik lainnya seperti berkeliling menyusuri pantai lalu menemukan rumah pohon, atau bisa juga menjelajahi hutan Mangrove dan mengunjungi dermaga. 

Snorkling dan main kano mengelilingi perairan laut adalah kegiatan yang sayang untuk dilewatkan di tempat ini.

Saat snorkling, pada kedalaman pantai sekitar 60 cm, kita akan menemukan vegetasi bawah laut yang disebut padang lamun, yaitu sejenis tumbuhan rumput laut yang berdaun panjang. Ketika kita menyelam ke tengah pada kedalaman 3 m, akan terlihat jelas pemandangan beraneka warna terumbu karang, ikan dan hewan air yang unik.

Akhir Reuni Kost Di Taman Nasional Baluran

Meskipun tidak menjelajahi tempat-tempat menarik yang ada di Baluran, namun Rina dkk sudah cukup puas dapat menikmati keindahan Padang Savana Bekol dan mengabadikan kenangan tersebut. Satu kebanggaan tersendiri dapat berada di Padang Savana Bekol yang dijuluki sebagai African Van Java.

Rina di Padang Savana Bekol, Taman Nasional Baluran
Rina di Padang Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

Sebagai penutup,
Selain keluarga, sahabat adalah harta yang berharga.
Maka, mari kita jaga persahabatan kita sebaik mungkin dan kalau bisa hingga kita tua nanti. Menikmati keindahan tempat wisata bersama para sahabat dapat semakin mempererat jalinan persahabatan.


1 komentar: