Home » » Jalan Pagi Menikmati Keindahan Situ Cibereum, Tambun Selatan, Bekasi

Jalan Pagi Menikmati Keindahan Situ Cibereum, Tambun Selatan, Bekasi

Jalan Pagi Menikmati Keindahan Situ Cibereum, Bekasi – Menikmati udara pagi dengan berjalan-jalan ke objek wisata tentunya lebih menyenangkan.  Pada hari Minggu pagi, Susilowati melakukan olahraga pagi dengan jalan-jalan ke Situ Cibereum. Kebetulan lokasinya dekat dengan tempat tinggalnya.

Situ atau Danau Cibereum, Tangerang Selatan, Bekasi
Situ atau Danau Cibereum, Tambun Selatan, Bekasi
Pagi itu, Situ atau Danau Cibereum masih lelap dalam tidurnya ketika kaki-kaki mungil Susilowati dan Andini menapaki jalanan di sekelilingnya.  Kabut tipis seolah menyelimuti tubuhnya sehingga pemandangan alam di danau ini terlihat samar-samar. Namun udara pagi terasa begitu segar.

Jalan Pagi Menikmati Keindahan Situ Cibereum, Bekasi
Jalan Pagi Menikmati Keindahan Situ Cibereum, Bekasi

Saat mentari pagi muncul di ufuk timur, pelahan namun pasti kabut menghilang dan Situ Cibereum bangun dari tidurnya lalu menampakkan wajah aslinya. Pemandangan danau kecil yang indah dengan pulau kecil ditengahnya.

Sambil menatap pemandangan alam dihadapannya, ingatan Susi melayang pada masa kanak-kanak era 80an ketika menonton serial televisi berjudul “Aku Cinta Indonesia” yang juga mengambil lokasi syuting di tempat ini.

Untuk lebih mengenal objek wisata Situ Cibereum dengan misteri dan asal-usulnya serta mengenang kembali kisah ACI atau Aku Cinta Anak Indonesia, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Baca Juga Wisata Danau Lainnya :

Situ Atau Danau Cibereum

Lokasi Situ Cibereum

Bagi masyarakat Bekasi, danau Cibereum merupakan tempat wisata yang menarik dan popular yang berada ditengah kota. Secara administratif, sebagian danau ini terletak di Desa Lambang Sari dan separuhnya lagi berada di Desa Lambang Jaya, dan keduanya, berada di bawah wilayah administratif Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Asal-usul Danau Cibereum

Proses terbentuknya Danau Cibereum terjadi secara alami, dimana lokasi danau yang berada di atas tanah dengan kontur cekung menyebabkan survis retation yaitu keadaan dimana air tertahan di permukaan  karena adanya lekukan. 

Dan cekungan tersebut terjadi akibat kikisan air hujan di atas tanah berkarakter liat namun menyerap sekaligus menahan air sehingga semakin lama air yang tertampung semakin banyak maka terbentuklah sebuah danau. 

Danau Cibereum, Tangsel, Bekasi
Danau Cibereum, Tambun Selatan, Bekasi

Selain sebagai sumber irigasi pertanian, bagi masyarakat sekitar, Danau Cibereum merupakan salah satu penopang kehidupan dimana banyak warga yang menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan atau tanaman kangkung yang tumbuh liar di danau. 

Pada awalnya Situ Cibereum cukup luas, sekitar 38 hektare. Namun, pada tahun 1990 luas tersebut berkurang akibat pembangunan Perumahan Grand Wisata sehingga kini, luas danau hanya tersisa 2 hektar saja.

Demikian pula dengan kedalamannya, juga semakin berkurang. Dampaknya, danau menjadi kering kerontang saat kemarau berkepanjangan.

Situ Cibereum Sebagai Objek Wisata

Daya tarik alami dari Danau Cibereum ini adalah gundukan tanah kecil yang ditumbuhi rumput dan berada di tengah danau. Sebatang pohon dan rerumputan juga tumbuh di tanah tersebut sehingga terlihat seperti pulau yang dikelilingi hamparan air tawar. 

Andini di Danau Cibereum, Tangsel, Bekasi
Andini Di Danau Cibereum, Tambun Selatan, Bekasi

Sebagai salah satu objek wisata di Bekasi, berbagai fasilitas wisata seperti saung bambu, warung makan dan kios souvenir, tempat parkir, serta toilet disediakan oleh pihak pengelolah sehingga wisatawan merasa nyaman di tempat ini.

Fasilitas Di Danau Cibereum
Salah satu fasilitas di Danau Cibereum, Saung

Salah satu kuliner unik di objek wisata ini adalah Tauge Goreng atau Toge Goreng makanan khas kota hujan, Bogor.

Tauge Goreng atau Toge Goreng
Tauge atau Toge Goreng, Kuliner Khas Bogor

Biasanya, pada akhir pekan atau hari libur, danau Cibereum banyak dikunjungi wisatawan.

Memancing Di Danau Cibereum

Selain menikmati keindahan pemandangan alam, memancing di danau Cibereum juga merupakan aktifitas yang menyenangkan. Danau alami ini banyak memiliki ikan-ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya. 

Susilowati Di Danau Cibereum
Pose sejenak Susi dengan latar Danau Cibereum

Legenda Buaya Putih

Daya tarik lainnya dari danau di Tambun Selatan ini adalah adanya legenda siluman buaya putih. Menurut masyarakat setempat, mahluk siluman tersebut adalah penghuni kerajaan makhluk halus yang ada di dasar danau. 

Banyak orang yang pernah melihat penampakan sosok mahluk gaib tersebut baik warga setempat maupun beberapa pekerja yang membangun perumahan di sekitar danau sehingga kisah-kisah inilah yang membuat banyak orang merasa penasaran sehingga datang berkunjung untuk membuktikan kebenarannya.

Gowes Di Danau Cibereum

Tanah merah yang ditumbuhi ilalang di sekitar danau Cibereum merupakan lintasan menarik para pengayuh sepeda atau pegowes. Rindangnya pepohonan di pinggir danau juga menjadi tempat favorit bagi para pegowes untuk beristirahat atau sekedar singgah sambil menikmati pemandangan.

Selain pegowes, para penggemar hobi aerodinamika juga sering datang ke danau ini untuk  menerbangkan pesawatnya di tanah lapang pinggir danau.

Rute Menuju Situ Cibereum

Jika menggunakan angkutan umum, kita bisa mengunjungi Situ Cibeureum dengan menggunakan angkot Koasi 39 dari Bekasi Trade Center lalu turun di Jembatan Legenda. Kemudian menggunakan ojek untuk menuju Danau Cibeureum.

Objek wisata lainnya di Bekasi adalah Gedung Juang,  tempat wisata sejarah serta tempat-tempat bernilai historis lain yang menarik dikunjungi  dan juga berada di kawasan Tambun Selatan, Bekasi.

Video Jalan-jalan Andini Ke Danau Cibereum

Video berikut ini akan menggambarkan keindahan Danau Cibereum. Meskipun durasinya singkat namun dapat memberikan gambaran tentang objek wisata di Bekasi ini.


Film ACI, Aku Cinta Indonesia

Pada era 80-an, TVRI menayangkan film serial televise yang berjudul ACI atau Aku Cinta Indonesia. Bagi kita yang kini sudah jelita atau Lolita mungkin tayangan ini merupakan tontonan yang paling popular pada masa itu.

film-aku-cinta-indonesia
Film serial Aku Cinta Indonesia, ACI

ACI adalah film serial hasil kerjasama Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) dan Departemen Penerangan (Deppen) Republik Indonesia, dengan konten dan materi yang dirancang dan diproduksi oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (PUSTEKKOM DEPDIKBUD). 

Film serial ini menceritakan kisah tentang persahabatan 3 orang remaja usia SMP yakni,  Amir yang diperankan oleh Agyl Syahriar, Cici diperankan oleh Dyah Ekowati Utomo, dan Ito yang diperankan oleh Ario Sagantoro. Ditambah tokoh antagonis bernama Wati, yang diperankan oleh Tursina Andriani, yang digambarkan sebagai sosok yang culas dan judes, serta dibenci oleh teman-temannya.

Serial ACI ini merupakan tontonan yang sarat akan pesan moral terutama tentang pengembangan nilai-nilai kepribadian anak dan remaja, seperti: nilai-nilai tanggung jawab, disiplin, dan kerja keras, serta semangat kerjasama dalam bergotong royong, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan saling menghargai serta menghormati, dengan mengedepankan sikap bersaing yang sehat, nilai-nilai persahabatan, dan sportifitas.

Salah satu lokasi syuting dalam film serial ini adalah di Danau Cibereum ini.

Akhir Jalan-jalan Di Situ Cibereum

Setelah puas jalan-jalan dan menikmati keindahan pemandangan alam Situ Cibereum serta menikmati kelezatan kuliner khas tempat yakni toge goreng, Susilowati dan keluarga kembali ke rumah dengan jiwa dan raga segar kembali.

Sebagai penutup,
Mens sana in corporin sano. Di dalam Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”
Maka, di usia jelita atau Lolita, sebaiknya kita rutin berolahraga meskipun hanya jalan kaki saja. Dan, akan lebih menyenangkan apabila kita berolahraga sambil menikmati keindahan tempat wisata. 


Semoga bermanfaat..

Incoming search terms: Danau Cibeureum, danau cibeureum bekasi, danau ciberem, danau cibereum, danau cibeureum grand wisata, situ cibeureum, danau cibeureum grand wisata bekasi, situ cibereum, situ cibeureum bekasi, danau cibereum bekasi

Perjalanan Susilowati Lainnya :




3 comments: