Home » » Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018 – Popularitas Tari Gandrung dari ujung timur Pulau Jawa tidak hanya di Indonesia saja tapi sudah merambah dunia Internasional. Terbukti, Tarian dari Banyuwangi ini mampu mencuri perhatian 2.000 masyarakat Amerika Serikat dalam acara Remarkable Indonesia Fair 2018 yang diadakan pada 7 Juli 2018 lalu di Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota.

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018
Tari Gandrung Banyuwangi
Gambar :cintaindonesia.web.id

Tidak diragukan lagi jika Gandrung Banyuwangi merupakan salah satu seni pertunjukan yang sering ditampilkan dalam berbagai acara, baik nasional maupun internasional.  Tarian khas dari bumi Minak Jinggo ini sering diselenggarakan di Istana Negara dan acara kebudayaan di beberapa negara seperti Jerman, Malaysia, Jepang, Hongkong, Prancis, dan Brunei Darussalam. Ini membuktikan jika Tari Gandrung adalah salah satu tampilan daerah yang disukai berbagai kalangan.

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018
Tari Gandrung Banyuwangi
Gambar : apps.phinemo.com

Penyelenggara acara Indonesia di Remarkable Indonesia Fair 2018 pada tanggal 7 Juli 2018 di Navy Pier, salah satu ikon wisata kota Chicago, adalah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago bekerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago dan Indonesian Diaspora Network (IDN).

Tujuan dari RIF 2018 ini adalah untuk melakukan promosi terpadu perdagangan, investasi dan pariwisata yang diperuntukan bagi pengusaha Indonesia, Pemerintah Daerah di Indonesia dan pengusaha diaspora Indonesia untuk memperkenalkan produk-produk unggulan guna menembus pasar AS.

Secara terpisah, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan,
“Kehadiran kami diharapkan mampu memperkenalkan dan membuka peluang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan AS ke Banyuwangi.” 

Abdullah Azwar Anas juga menyampaikan jika tampilnya Tari Gandrung Banyuwangi di Amerika ini nantinya turut menjadi pelecut semangat bagi semua kalangan untuk terus menjaga, mengembangkan, dan mengeksplorasi aneka potensi seni daerah yang dimiliki.

Tari Gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung Banyuwangi
Gambar ; DevianArt

Melalui kegiatan tersebut, natinya, Banyuwangi diharapkan dapat turut serta dalam mempromosikan beragam produk unggulan kedaerahan secara maksimal. Seperti halnya batik, handicraft, kuliner, juga pesona alam.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tahunan ini adalah untuk lebih meningkatkan awareness dan mengembangkan nation branding Indonesia kepada publik dan dunia usaha di Chicago dan sekitarnya. Selain berbagai komoditi Indonesia, pada acara ini juga ditampilkan beragam kesenian tradisional Indonesia.

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018
Remarkable Indonesia Fair 2018
Gambar ; www.idn-usa.org


Keistimewaan Remarkable Indonesia Fair 2018 kali ini adalah bersamaan dengan dilaksanakannya peringatan 125 tahun World Columbian Exposition, acara yang merupakan persentuhan perdana publik AS terhadap budaya Indonesia. 

Selain Tari Gandrung Banyuwangi, RIF 2018 ini juga menampilkan rekaan Kampung Jawa lengkap dengan demonstrasi pembuatan batik, pameran batik, wayang, pertunjukan gamelan serta pameran fotografi dengan tema “When Modernity and Traditions Coexist”, yang menampilkan karya ethno-fotografer perempuan Indonesia, Evi Aryati Arbay.

Konjen Indonesia di Amerika Serikat, Rosmalawati Chalid, menjelaskan, 
“Dengan peringatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak dulu telah melakukan kontak budaya dengan AS, dan saat ini Indonesia telah mencapai kemajuan yang pesat dibandingkan yang dulu dipamerkan pada tahun 1893. Bangsa Indonesia berhasil memadukan pembangunan dengan nilai-nilai tradisi.” 

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mewakili Indonesia pada kegiatan tahunan ini menampilkan tiga tarian tradisional, yaitu Jaripah, Kembang Goyang, dan Gandrung. Sambutan pengunjung sangat meriah saat menyaksikan seni budaya Indonesia ini.

Tari Gandrung Banyuwangi Dalam Remarkable Indonesia Fair 2018
Tari Gandrung Banyuwangi
Gambar : bali.tribunnews.com

Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi juga telah menghadiri Indonesian Tourism Trade Show (ITTS) untuk memperkenalkan potensi pariwisatanya kepada sekitar 80 pelaku bisnis pariwisata anggota American Society of Travel Agents.

Uniknya, banyak warga Amerika Serikat yang mencintai kesenian tradisional Indonesia seperti kelompok Friends of the Gamelan dan Chicago Balinese Gamelan yang tampil juga dalam acara ini. Kemudian organisasi yang aktif melakukan pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan sirkus di Indonesia  yiatu Circesteem dan Red Nose Foundation, juga tampil memperlihatkan atraksi sirkus di RIF 2018 ini.

Pada penutup acara ini ditampilkan pagelaran fashion show dengan menampilkan karya para desainer muda dari Indonesia yaitu Ning Zulkarnain, Mheja, Nasya Collyer, More to See, Catherine Njoo dan Coreta Louisa. Adapun sponsor dari RIF 2018 adalah Bank BRI New York, Bank BNI New Yorkl, ITPC Chicago, IDN USA, IIPC New York dan Trip Advisor Indonesia.

Masih banyak potensi budaya dan pariwisata di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Jika kali ini Tari Gandrung dari Banyuwangi, mungkin esok Tari Remong, Reog Ponorogo, Kuda Lumping dan seni budaya lainnya.

Mari bersama-sama kita lestarikan seni budaya di bumi Indonesia.


1 comments: