Home » » Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan

Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan

Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan – Sungguh menyenangkan dan akan terasa lebih indah apabila menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di Telaga Sarangan bersama keluarga. Jalan-jalan bersama, makan bersama, menghabiskan waktu bersama dan merasakan ketegangan naik speedboat bersama-sama.

Itulah yang dilakukan oleh Mbak Yuli, kakak senior alumni smanda Malang, bersama keluarganya saat berwisata ke Telaga di lereng Gunung Lawu ini.

Naik kuda berkeliling Telaga Sarangan, Magetan
Naik kuda berkeliling Telaga Sarangan, Magetan

Bisa dibayangkan bagaimana menyenangkannya menghabiskan waktu libur dengan berselimut udara dingin sambil menyaksikan pemandangan telaga yang indah. Sehingga untuk berbagi kebahagiaan, wanita cantik meskipun sudah Lolita ini memberikan foto-foto kebersamaannya di Telaga Sarangan kepada ayodolenrek untuk menambah pengetahuan kita tentang objek wisata di Nusantara.

Nah, untuk lebih mengenal objek wisata alam di lereng Gunung Lawu ini, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Tentang Telaga Sarangan, Magetan

Wisata alam berupa telaga atau danau di Indonesia dapat dihitung dengan jari, salah satunya yang terkenal adalah Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur ini.

Telaga Sarangan ini terbentuk secara alami dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 30 hektar serta kedalaman mencapai 28 meter. Letaknya yang berada di lereng Gunung Lawu membuat pemandangan alamnya semakin indah dan menakjubkan.

Telaga Sarangan, Magetan
Mbak Yuli Di Telaga Sarangan, Magetan

Perpaduan yang harmonis antara daratan, air, pepohonan di lereng gunung dan angkasa raya yang luas membentuk lukisan alam yang sungguh indah. Dengan suhu udara mencapai 20 hingga 15 derajat celcius, akan membuat kita mengenakan jaket yang cukup tebal untuk mengatasi hawa dingin. Udara alam bersih dan segar yang jarang dapat kita rasakan di perkotaan.

Satu objek wisata yang menawarkan sejuknya udara dingin khas pegunungan dan pemandangan alam yang sangat indah. Sangat tepat bagi kita yang ingin menyegarkan jiwa dan raga.

Misteri Telaga Sarangan

Sama halnya seperti danau Toba yang menyimpan kisah legenda dibalik asal mula kejadiannya, begitu pula Telaga Sarangan ini. Konon, menurut kisah yang turun temurun dan dipercayai oleh masyarakat setempat, Telaga Sarangan terbentuk secara gaib.

Dan, belum ada fakta ilmiah yang membantahnya sehingga asal-usul Telaga Sarangan ini tetap menjadi misteri.

Adalah, Kyai dan Nyai Pasir yang menjadi tokoh utama dari kisah misteri ini. Kedua orangtua tersebut menemukan sebutir telur saat mencari kayu di hutan. Lalu, tanpa basa-basi, keduanya memakan telur tersebut.

Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan
Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan
Baca Juga Objek Wisata Dengan Kisah Misterinya : 


Setelah makan telur tersebut, kedua suami-istri tersebut merasakan gatal yang luar biasa, sampai-sampai keduanya berguling-guling di tanah. Hebatnya, lama-kelamaan, gesekan tubuh mereka dengan tanah membuat cekungan besar di tanah. Dan, gesekan tubuh keduanya, menghasilkan mata air yang memancar tidak ada habisnya.

Semakin lama semakin besar sehingga terbentuklah sebuah telaga. Dan secara gaib, tiba-tiba tubuh Kyai Pasir dan Nyai Pasir berubah menjadi sosok ular naga yang sangat besar. Kedua ular naga itu menghilang hingga sekarang.

Itulah sekelumit kisah misteri tentang terbentuknya Telaga Sarangan menurut kisah yang dituturkan oleh warga sekitar dan menjadi mitos hingga saat ini.

Tradisi Di Telaga Sarangan

Jika kita sedang beruntung, saat mengunjungi objek wisata ini pada bulan puasa atau bulan ruwah, maka kita dapat menyaksikan tradisi masyarakat sekitar telaga ini.

Bersih Desa
Pada bulan puasa, masyarakat setempat mengadakan upacara bersih desa dan labuh sesaji sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan, selain itu juga sebagai upacara tolak bala sekaligus memperingati asal-usul Telaga Sarangan itu sendiri.

Bentuk sesajiannya berupa tumpeng raksasa yang diletakkan di wilayah punden atau pohon besar di timur telaga dan diyakini sebagai tempat menghilangnya Kyai dan Nyai Pasir secara misterius.

Kemudian dilakukan ritual pembacaan doa, kemudian sesaji tersebut pun dilarungkan ke tengah Telaga Pasir atau Telaga Sarangan. Biasanya, tradisi bersih desa tersebut diselenggarakan pada setiap hari Jumat Pon di bulan Ruwah atau bulan puasa.

Tradisi lainya yang selalu diadakan di Telaga Sarangan adalah tradisi Ledug Sura 1 Muharram dan malam pergantian tahun baru.

Aktifitas Di Telaga Sarangan

Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan di Telaga Sarangan ini mulai dari jalan-jalan berkeliling telaga sambil menikmati pemandangan alam maupun aktifitas lain yang menggunakan sarana yang disediakan di tempat ini.

Menyewa becak air atau mengelilingi telaga dengan menaiki speed boat dengan tarif 50.000 untuk satu putaran, seperti yang dilakukan Mbak Yuli ini.

Naik Speedboat berkeliling Telaga Sarangan, Magetan
Naik Speedboat berkeliling Telaga Sarangan, Magetan

Begitu pula, jika anda ingin merasakan sensasi naik kuda berkeliling telaga, kita bisa menyewanya dengan tarif sama seperti naik speed boat, yaitu 50.000 rupiah.

Naik Kuda di Telaga Sarangan, Magetan
Naik Kuda di Telaga Sarangan, Magetan


Fasilitas Di Telaga Sarangan

Pemerintah daerah melakukan berbagai inovasi untuk memberi pelayanan terbaik bagi setiap pengunjung objek wisata yang menjadi andalannya.

  • Area Parkir yang luas
  • Tempat Ibadah
  • Kios-kios yang menjual Cendera mata.
  • Warung-warung makan.

Kuliner Khas Telaga Sarangan

Kuliner yang menjadi ciri khas objek wisata alam ini adalah Sate Kelinci.  Selain itu masih banyak pilihan kuliner enak lainnya, seperti nasi pecel khas Telaga Sarangan atau kuliner lain yang dapat memenuhi selera Anda.

Selain makanan berat, banyak juga kios-kios yang menjual aneka makanan ringan seperti jagung bakar yang dapat dinikmati sambil minum kopi atau minuman hangat lainnya.

Lokasi Wisata Alam Telaga Sarangan

Lokasi Telaga Sarangan secara administrati berada di kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Tepat berada di lereng Gunung Lawu yang jaraknya dari pusat kota sekitar 16 kilometer, namun jika kita berangkat dari Tawangmangu hanya menempuh jarak 5 kilometer saja. 

Telaga Sarangan, Magetan
Indahnya Jalan-jalan Bersama Keluarga Ke Telaga Sarangan, Magetan

Dari berbagai arah, satu yang menjadi patokan adalah Magetan, karena dari sini kita dengan mudah akan menemukan Telaga Sarangan.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Telaga Sarangan

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam Telaga di kabupaten Magetan ini terbilang cukup murah, yakni sebesar 7.500 per orang untuk dewasa, sedangkan anak-anak harga karcisnya sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 , sedangkan sepeda motor dikenakan biaya 2.500 dan karcis parkir bis seharga 10.000 rupiah.

Akhir Jalan-jalan Di Telaga Sarangan

Setelah melakukan berbagai aktifitas menyenangkan di Telaga Sarangan, maka jiwa raga seolah menjadi segar kembali. Maka, kembali menjalankan rutinitas sehari-hari menjadi lebih bergairah dan penuh semangat. Satu hal yang terekam dalam ingatan adalah kenangan indah bersama keluarga di Telaga Pasir yang dapat menjadi perekat kebersamaan.

Itulah ulasan tentang Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur dan perjalanan wisata Mbak Yuli menikmati keindahannya bersama keluarga tercinta.

Sebagai penutup,
“Tidak ada yang bisa menggantikan kehangatan keluarga.”
Maka, mari luangkan waktu bersama keluarga. Akan lebih indah bila menikmati kebersamaan keluarga dengan mengunjungi objek-objek wisata yang tersebar di penjuru Nusantara, salah satunya adalah Telaga Sarangan, Magetan.

Tunggu apalagi, ayo dolen rek..

Semoga bermanfaat…

Wisata Lainnya :


1 comments: