Home » » Sungguh Menyenangkan ! Jalan-jalan Ke Waduk Selorejo, Ngantang Bersama Keluarga

Sungguh Menyenangkan ! Jalan-jalan Ke Waduk Selorejo, Ngantang Bersama Keluarga

Jalan-jalan Ke Waduk Selorejo, Ngantang Bersama Keluarga – Mengenalkan objek wisata alam kepada anak-anak sejak dini merupakan upaya untuk lebih mendekatkan anak dengan alam sehingga akan muncul rasa peduli terhadap alam dan lingkungannya. Itulah yang dilakukan Lila Zoehry saat jalan-jalan ke Waduk Selorejo, Ngantang, Malang.

Waduk Selorejo adalah objek wisata yang berada di bagian barat dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Ngantang. Posisinya yang berada pada ketinggian 600 mdpl membuat waduk yang menjadi objek wisata ini memiliki udara yang sejuk.

Waduk Selorejo, Ngantang, Malang
Waduk Selorejo, Ngantang, Malang

Secara geografis, Malang memang dikelilingi oleh gunung-gunung. Demikian halnya dengan Waduk Selorejo yang dikelilingi oleh gunung Kelud, gunung Anjasmoro dan gunung Kawi. Maka tak heran jika pemandangan alam di waduk ini sangat indah dengan suasana yang tenang, damai dan alami.

Waduk Selorejo, Ngantang
Waduk Selorejo, Ngantang

Perpaduan antara hamparan air jernih yang membentang dengan garis batas hijaunya pepohonan di sekelilingnya dan pegunungan yang diselimuti kabut tipis, akan semakin berwarna ketika birunya langit membias di angkasa luas dihiasi mega-mega berarak. 

Satu lukisan pemandangan alam karya Sang Maha Pencipta yang sungguh indah.

Selain dapat menikmati indahnya pemandangan alam, ada banyak hal yang dapat kita lakukan di objek wisata alam ini, salah satunya, jika memiliki hobi memancing maka waduk Selorejo adalah tempat yang tepat bagi anda untuk merasakan sensasi tarikan Ikan Mujair yang cukup besar dan paling banyak populasinya disini. 

Jika tidak, melihat nelayan setempat menjaring ikan di bendungan sudah cukup menjadi hiburan tersendiri bagi kita. 

Lila dan Anak-anak Di Waduk Selorejo, Ngantang
Lila dan anak-anak di persewaan perahu Waduk Selorejo

Aktifitas lainnya yang dapat dilakukan bersama keluarga adalah menyewa perahu berkeliling bendungan Selorejo. Merasakan goyangan kapal saat membelah permukaan danau, tersentuh percikan air dan melihat dari dekat alam sekitar seolah membawa kita menyatu dengan alam semesta.
Ada dua pilihan perahu yaitu perahu boot dan perahu dayung. Sedangkan tarifnya adalah sebagai berikut :
  • Perahu Boot sampai Ngantang Rp. 100.000
  • Perahu Boot berkeliling waduk Rp. 150.000 maksimum 10 penumpang
  • Perahu Dayung sampai Ngantang Rp. 50.000
  • Perahu Dayung berkeliling danau Rp. 75.000

Itulah harga sewa perahu di Waduk Selorejo. Kelihatannya mahal, namun untuk kebersamaan keluarga kiranya cukup sepadan.

Naik perahu di Waduk Selorejo, Ngantang
Naik perahu di Waduk Selorejo, Ngantang

Untuk lebih mengenal tentang berbagai hal mengenai Objek wisata Waduk Selorejo, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Untuk melihat lebih detail tentang Waduk Selorejo saat berada di perahu, saksikan video berikut di tautan ini, https://youtu.be/bS-pTXST2Zg

Sejarah Waduk Bendungan Selorejo

Waduk Selorejo dibangun pada masa penjajahan Jepang dengan tujuan untuk mencegah banjir. Namun, fungsi utama dari waduk ini sebenarnya adalah sebagai pembangkit listrik sekaligus untuk irigasi pengairan bagi daerah yang berada di baratnya. 

Sebagai bendungan, waduk ini dibangun untuk membendung beberapa aliran sungai besar seperti Kali Konto, Lahar Kletak, Kali Kwayangan, dan beberapa sungai kecil lainnya.

Sejarah Waduk Selorejo, Ngantang
Waduk Selorejo, Ngantang

Fungsi Waduk Selorejo sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), budidaya perikanan serta irigasi telah diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Desember 1970. Dan, Perum Jasa Tirta sebagai pengelolah  Waduk Selorejo, saat ini sudah termasuk dalam salah satu BUMN.

Burung Bangaudi Waduk Selorejo
Sekawanan burung Bangau putih di ladang kangkung Waduk Selorejo
Satu pemandangan yang unik dan menarik

Selain memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, Waduk Bendungan Selorejo ini juga memiliki pemandangan yang indah, sehingga pengelolah waduk  menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata. 

Di sebelah barat waduk terdapat Bukit Selokurung yang merupakan Makam dari Pangeran Trunojoyo sekaligus menjadi batas Malang dengan Blitar.

Rute Menuju Waduk Bendungan Selorejo

Objek Wisata Waduk Bendungan Selorejo, Ngantang , Malang, Jawa Timur ini berada di antara jalur perjalanan Malang, Kediri dan Jombang sehingga lebih mudah diakses melalui tiga wilayah tersebut. Sedangkan moda transportasi yang digunakan untuk menuju Waduk Selorejo melalui jalur darat. bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Berikut ini adalah beberapa pilihan rute menuju waduk yang berada di Ngantang ini berdasarkan kendaraan yang digunakan.
  1. Menggunakan Kendaraan Pribadi. Perjalanan yang bisa diambil dari Kota Kabupaten Malang, Anda bisa melewati jalur Kabupaten Malang – Batu – Selorejo ± 60 km dan dari Kota Surabaya bisa mengambil jalur Surabaya – Krian – Mojo Agung – Ngoro – Ngantang – Pujon – Selorejo.
  2. Menggunakan Kendaraan Umum. Bila anda naik bus jurusan Kediri -Malang atau Jombang – Malang dan sebaliknya, pasti melalui pinggiran bendungan ini sehingga kita dapat memberitahu tujuan kita kepada kenek bus. 

Kuliner Di Waduk Selorejo

Kuliner khas yang ada di foodcourt Waduk Selorejo adalah berbagai makanan ikan bakar atau goreng yang sedap dan maknyus khususnya ikan air tawar seperti ikan bakar atau goreng gurami, mujaer, nila, tombro, udang dan beberapa ikan lainnya.

Kuliner khas Waduk Selorejo
Kuliner khas Waduk Selorejo, aneka olahan ikan air tawar

Food center Waduk Selorejo ini berada persis di pinggir bendungan. Selain kuliner, kita juga dapat membeli buah tangan dari kios souvenir, mulai tas, kaos, gantungan kunci, peralatan dan dan berbagai macam souvenir lainnya.

Wahana Permainan Di Waduk Selorejo

Jika bersama keluarga, tidak hanya pemandangan alam, suasana tenang dan damai serta kesegaran udaranya saja yang ada di objek wisata alam ini, namun berbagai wahana permainan untuk anak-anak juga disediakan oleh pihak pengelolah. Sehingga wisatawan dapat melakukan berbagai aktifitas yang disenangi sesuai dengan umurnya.

Beberapa wahana permainan anak ditempat in  i antara lain adalah camping ground, kolam renang dan bermain motor ATK.

Aktifitas Keluarga Lila Di Waduk Selorejo

Selama berada di objek wisata Waduk Selorejo, keluarga Lila Zoehry betul-betul menikmati liburannya. Sang Ibu dengan telaten dan penuh kesabaran mengawasi, menjaga dan mengajak anak-anaknya bermain mulai dari berkeliling waduk dengan kapal boot, berkemah, berenang dan bermain motor ATK.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan anak-anak di Waduk Selorejo

Camping Ground Waduk Selorejo

Berkemah dan berada di luar rumah merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang ingin dilakukan oleh anak-anak. Maka saat berada di Waduk Selorejo ini mereka memanfaatkannya dengan berkemah di Camping Ground yang ada di sebelah waduk.

Camping Ground Waduk Selorejo
Camping ground Waduk Selorejo

Berkemah di Waduk Selorejo
Dhanya dan kakaknya istirahat di kemah Waduk Selorejo

Makan bersama di kemah Waduk Selorejo
Makan bersama di kemah Waduk Selorejo

Makan bersama, duduk melihat pemandangan waduk dan istirahat di dalam tenda merupakan hal menyenangkan.

Kolam Renang

Bosan berada di dalam tenda, Lila mengajak anak-anaknya berenang di kolam renang Waduk Selorejo. Kolam dengan air yang jernih dan bersih serta dilengkapi dengan beberapa permainan sehingga anak-anak dapat berenang, bermain air dan bermain prosotan.

Berenang di kolam renang Waduk Selorejo
Berenang di kolam renang Waduk Selorejo, Ngantang

Bermain Motor ATK

Bagi anak laki-laki, bermain motor ATK menjadi pilihan yang menyenangkan. Ditempat ini mereka dapat mencoba mengendarai motor dengan jalur yang sudah disediakan.

Bermain motor ATK di Waduk Selorejo, Ngantang
Bermain motor ATK di Waduk Selorejo, Ngantang

Akhir Wisata Di Waduk Selorejo

Akhirnya wisata Lila dan keluarganya harus berakhir ketika matahari mulai bergeser ke peraduannya. Namun, mereka pulang membawa kenangan indah yang tak terlupakan. Pengalaman menikmati keindahan alam Waduk Selorejo, berkemah, berenang dan bermain motor.

Keluarga Lila Zoehry di Waduk Selorejo, Ngantang
Tidak ada yang bisa menggantikan kehangatan keluarga..

Bagi anak-anak, pengalaman tersebut akan menjadi satu kenangan dan kebanggaan serta kisahnya akan dibagikan kepada teman-temannya.

Sebagai penutup,
“Tidak ada yang bisa menggantikan kehangatan keluarga.”
Maka, satu kesempatan bersama keluarga akan lebih berharga jika dibandingkan dengan kebersamaan lainnya. Jika ada kesempatan, ajaklah keluarga anda untuk berwisata, salah satu pilihan wisata yang tepat untuk keluarga adalah Waduk Selorejo.



Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya :



1 comments:

  1. Satu moment yang diimpikan setiap keluarga....bisa berkumpul dengan semuanya dan menikmati waktu bersama....seperti Mbak Lila

    ReplyDelete