Home » » Ternyata Travelling Tidak Hanya Buang Uang Saja Tapi Banyak Manfaatnya

Ternyata Travelling Tidak Hanya Buang Uang Saja Tapi Banyak Manfaatnya

11 Manfaat Traveling Yang Harus Kita Tahu – Bagi sebagian orang menganggap jika Travelling hanyalah kegiatan yang menghabiskan uang saja. Namun, ternyata kegiatan jalan-jalan dan kuliner ini tidak hanya sekedar buang uang saja tapi banyak manfaat yang kita dapat di dalamnya.

11 Manfaat Traveling Yang Harus Kita Tahu
11 Manfaat Traveling Yang Harus Kita Tahu

Bahkan, kegiatan wisata ini dapat menjadi ladang penghasilan bagi mereka yang melakukan traveling secara konsisten dan rutin yang biasa disebut dengan Traveler atau Backpacker.

Nah, ternyata traveling tidak hanya buang uang saja lho! Hampir semua orang menyukai kegiatan ini karena selain mengasyikkan juga banyak hal-hal lain yang akan kita dapatkan. 

Untuk lebih mengenal dan mengetahui manfaat travelling yang tidak kita ketahui, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

11 Manfaat Traveling Yang Harus Kita Tahu

1. Menambah Wawasan Dan Pengetahuan

Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata, kita akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru tentang objek wisata tersebut seperti lokasi, harga tiket, spot-spot menarik, kebiasaan masyarakatnya dan lain-lain.

“Melihat lebih baik daripada mendengar dan merasakan lebih baik daripada melihat.”

pengetahuan baru
Pengetahuan dan Wawasan Baru

2. Bertemu Dengan Orang-orang Baru

Dengan travelling, kita akan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai daerah bahkan manca Negara. Ketika mendapatkan kecocokan, maka orang-orang baru tersebut dapat menjadi, teman, sahabat atau kekasih.

Teman-teman baru
Teman-teman baru

3. Mengenal Kebudayaan Baru

Dengan melakukan perjalanan wisata ke tempat baru, kita tidak dapat lepas dari interaksi dengan masyarakatnya sehingga kita dapat mengenal kebiasaan, adat istiadat dan budayanya. Tentunya, menjadi pengalaman menarik yang dapat kita ceritakan kepada teman, kerabat dan anak cucu kelak.

Budaya baru


4. Travelling Mampu Mengurangi Stres

Tidak dapat dipungkiri apabila berjalan-jalan ke tempat wisata akan membuat kita sejenak melupakan beban hidup dan permasalahan yang tengah kita hadapi. Saat travelling ke suatu tempat, focus perhatian kita akan tercurah pada objek wisata di hadapan kita. 

Mengurangi Stress
Stress

Pemandangan alam yang indah, barang unik dan menarik dan kejadian-kejadian lucu atau menegangkan. Semuanya itu dapat mengurangi stress dan ketegangan meskipun permasalahan yang kita hadapi tetap harus kita hadapi. Namun, jiwa kita akan lebih siap.

5. Travelling Dapat mengubah Kita Menjadi Sosok Mandiri 

Dengan melakukan travelling, kita akan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya seorang diri. Mulai dari perbekalan, pakaian dan bagaimana mengaur uang saku untuk perjalanan kita serta menentukan skala prioritas. 

Mandiri


Semakin sering kita lakukan maka akan membuat kita menjadi sosok yang lebih mandiri. 

6. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Dengan travelling pula, kita akan belajar menumbuhkan rasa percaya diri. Bertemu orang-orang baru dengan berbagai karakter, melakukan perjalanan jauh dari rumah dan berinteraksi dengan alam semesta. Secara perlahan akan mampu mengusir rasa minder dan menumbuhkan kepercayaan diri.

Self Confidence
Gambar : celoteh kang galuh

7. Belajar Beradaptasi
Berada di lingkungan dan suasana baru yang jauh berbeda dengan lingkungan di rumah sendiri, tentunya akan memaksa kita untuk beradaptasi. Menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

8. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Tidak semua orang memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. Namun dengan travelling, kita dapat mempelajarinya dengan mulai bicara dengan orang lain di sekitar kita.

Komunikasi

Memang agak canggung awalnya, tapi semakin sering kita lakukan maka kemampuan komunikasi akan semakin baik dan lancar.

9. Mempelajari Bahasa Baru

Dengan travelling ke tempat yang jauh dan berbeda bahasa, maka secara otomatis kita akan belajar bahasa setempat. Selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maka bahasa setempat adalah media komunikasi yang sering digunakan sehingga sedikit atau banyak kita harus mengetahuinya.

10. Belajar Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar

Dengan melakukan perjalanan jauh, kita akan belajar untuk menahan diri karena tidak semua hal dalam perjalanan itu sesuai dengan harapan dan kemauan kita. Keterlambatan pesawat atau jemputan, antrian yang panjang dan lain-lain akan mendidik kita menjadi pribadi yang lebih sabar.

Sabar
Sabar
Gambar : Rona Presentasi

11. Mengagumi Kebesaran Tuhan

Dengan travelling, kita akan semakin mengagumi kebesaran Sang Pencipta Alam Raya ini. Bagaimana tidak? Saat naik pesawat di angkasa raya atau berada dalam perahu di tengah lautan luas, kita seolah hanyalah debu dan kecil sekali dibandingkan dengan semesta. 

Mengagumi Kebesaran Tuhan
Mengagumi Kebesaran Tuhan

Dan, ketika menyaksikan keindahan alam, maka kesadaran akan kebesaran Tuhan perlahan akan mengisi relung hai kita. Sungguh indah ciptaanNya. 

Itulah beberapa manfaat dari travelling atau jalan-jalan ke tempat wisata. Terbukti, travelling tidak hanya sekedar menghabiskan uang saja tapi manfaat dibaliknya juga sangat banyak dan sepadan dengan uang yang kita keluarkan.

Sebagai penutup,
No pain no gain
Tidak ada yang gratis di dunia ini kecuali nikmat dan rahmatNya. Untuk mendapatkan segala sesuatu perlu biaya dan pengorbanan, terlebih lagi di jaman sekarang ini dimana segala sesuatu diukur dengan materi.


Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

2 comments: