Home » » Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya

Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya

5 Tips Terbaik Berburu Sunrise Di Bromo - Salah satu kegiatan yang paling digemari para wisatawan saat berkunjung ke Gunung Bromo adalah berburu indahnya matahari terbit atau sunrise. Terlebih lagi jika dilakukan rame-rame bersama keluarga dan teman-teman, pasti asyik, seru dan menyenangkan.

Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya
Andini dengan latar matahari terbit di Gunung Bromo

Meskipun sendirian pun sangat menyenangkan saat menikmati keindahan alam karya Sang Maha Pencipta ini, namun bila dinikmati bersama keluarga atau teman-teman akan terasa lebih asyik dan  menyenangkan lagi.

Pemburu Sunrise standby diatas Jeep
Pemburu Sunrise standby diatas Jeep
Terlihat anggun, unik dan stylish

Itulah yang dilakukan oleh Susilowati bersama putrinya Andini seta teman-teman dari Mahkamah Agung RI saat cuti bersama. Meskipun sudah beberapa kali menikmati keindahan wisata alam Gunung Bromo, namun perjalanan wisatanya kali ini difokukan untuk menikmati keindahan matahari terbit bersama-sama.

Ada beberapa tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit, salah satunya adalah di Pos Dingklik, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, karena merupakan lokasi terdekat menuju Gunung Bromo. 

Lokasi berburu sunrise di Bromo
Salah satu lokasi berburu sunrise di Bromo

Namun, tidak semudah yang kita bayangkan, suasana dingin yang menggigit tulang di tengah kegelapan malam menjadi tantangan yang harus kita taklukkan saat berburu indahnya matahari terbit. Tidak hanya itu, perjalanan yang cukup jauh melewati medan yang cukup berat  dan berbagai tantangan lainnya harus kita hadapi. Sehingga dibutuhkan stamina fisik yang prima.

Sunrise di Gunung Bromo
Indahnya Sunrise di Gunung Bromo

Nah, agar dapat menikmati asyiknya berburu indahnya matahari terbit di Gunung Bromo, mari kita ikuti Tips-tips berikut ini.

5 Tips Terbaik Berburu Sunrise Di Bromo

1. Persiapkan Waktu Dengan Sebaik-baiknya 

Jika tidak mau ketinggalan menikati keindahan matahari muncul di ufuk timur, maka kita harus mempersiapkan waktu dengan sebaik-baiknya termasuk memperhitungkan waktu dan jarak yang kita tempuh. 

Pada bulan April, matahari terbit sekitar pukul 05.00 WIB, sehingga sebaiknya Anda sampai di desa terakhir yakni Desa Wonokitri, sebelum 03.20 WIB dan sampai di gerbang masuk TNBTS maksimal pukul 03.30 WIB.

Jika kita terlambat maka wisatawan lainnya yang datang lebih dulu sudah mulai memenuhi jalanan, sehingga kendaraan jeep yang kita gunakan akan mengantre lama.

2. Persiapkan Baju Hangat dan Alat Penghangat Tubuh Lainnya

Ketika memasuki TNBTS, suhu dingin yang ekstrem akan menyambut kedatangan kita. Dengan ketinggian sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut maka suhu udara bisa mencapai 10 derajat celcius. Ditambah lagi dengan hembusan angin yang cukup kencang. Dapat kita bayangkan betapa dinginnya.

Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya
Susi dkk memakai baju hangat saat menunggu sunrise di Bromo

Sehingga sebelum berangkat sebaiknya kita mempersiapkan jaket tebal, sarung tagan, penutup kepala seperti kupluk, atau wind breaker lainnya. 

Ketika lupa, kita dapat menyewa atau membeli alat-alat tersebut. Jika menyewa, jaket tebal di puncak Pananjakan harganya Rp 20.000, lalu sarung tangan, syal, dan kupluk masing-masing dijual Rp 15.000. 

3. Persiapkan Obat Anti Mabuk Perjalanan

Karena jalan menuju Puncak Pananjakan merupakan jalan berkelok sehingga kemungkinan besar membuat wisatawan mabuk sangat besar, terutama penumpang yang duduk menyamping di belakang jeep. 

Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya
Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo

Sehingga sebagai antisipasi, sebaiknya kita minum obat anti mabuk terlebih dahulu terutama yang kondisi fisiknya kurang fit.

4. Pilih Waktu Terbaik 

Untuk menikmati keindahan matahari terbit di Gunun Bromo, waktu kunjungan terbaik adalah pada musim kemarau, yakni bulan Juni, Juli, Agustus, dan puncaknya pada bulan September. Karena ketika sudah memasuki musim penghujan, maka selain dikhawatirkan turun hujan, presentase kabut juga lebih banyak menutupi keindahan matahari terbit.

5. Persiapkan Vitamin dan Suplemen

Butuh fisik yang sehat dan prima untuk menikmati keindahan matahari terbit di Gunung Bromo. Dalam perjalanan yang berat dan cepat, biasanya kondisi tubuh kita akan menurun. Sehingga persiapan vitamin dan suplemen lainnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kita.

Tetap Sehat dan it Sehabis berburu sunrise di Bromo
Tetap Sehat dan fit sehabis berburu sunrise di Bromo

Akan sangat disayangkan bila habis berwisata namun kita jatuh sakit saat pulang kembali ke rumah. Maka, saran penulis sebaiknya mengkonsumsi air Milagros selama dalam perjalanan sehingga kesehatan kita terjaga dengan baik. Tentunya kita juga harus menjaga makanan dan minuman yang kita konsumsi lainnya juga.

Asyiknya Rame-rame Berburu Sunrise di Bromo, Ini Tips Terbaiknya
Andini tetap cantik, bugar dan ceria
dengan latar Gunung Bromo

Itulah 5 Tips agar kegiatan berburu indahnya matahari terbit akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Akhir Perburuan Di Gunung Bromo

Kenangan menyaksikan keindahan matahari terbit di Gunung Bromo akan terus melekat dalam benak kita dan akan menjadi cerita yang berkembang pada anak cucu kelak. Satu imbalan yang sangat pantas dibandingkan dengan perjuangan berburu indahnya matahari terbit di Gunung Bromo yang kita lakukan.

Matahari Terbit di Gunung Bromo
Indahnya Matahari Terbit di Gunung Bromo

Begitu pula dengan Susilowati dkk, kesempatan menikmati keindahan alam yang hanya muncul menjelang fajar telah dapat mereka saksikan. Sehingga mereka pulang membawa kenangan indah yang tak terlupakan.

Sungguh indah lukisan karya sang Maha Pencipta.

Tunggu apalagi, ayo dolen rek…

Bagi anda yang ingin berwisata ke Gunung Bromo, kami menyediakan Paket Wisata Malang Bromo dengan harga dan pelayanan terbaik. Silahkan hubungi 082159098986 baik melalui WA/SMS atau telpon langsung.

Perjalanan Wisata Bromo Lainnya :



1 comments: