Home » » Menjajal Kelezatan Garang Asem Demak, Jawa Tengah

Menjajal Kelezatan Garang Asem Demak, Jawa Tengah

Menjajal Kelezatan Garang Asem Demak, Jawa Tengah – Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kulinernya masing-masing seperti halnya dengan provinsi Jawa Tengah yang terkenal citarasa manisnya. Namun, berbeda dengan kuliner satu ini meskipun berada di Jawa Tengah, rasanya asam sehingga dinamakan Garang Asem yang dapat kita temui di kota Demak atau Kudus.

Maka, bila anda lewat ke kota Demak atau Kudus, Jawa Tengah cobalah mencicipi masakan khas di daerah tersebut yang namanya agak aneh yaitu Garang Asem atau rasa asamnya sangat garang.

Garang Asem Demak, Jawa Tengah
Garang Asem Demak, Jawa Tengah
Sesuai namanya tentunya masakan ini cocok bagi yang menyukai masakan dengan rasa asam. Apalagi buat ibu hamil yang lagi ngidam rasa asam tentunya akan pas banget.

Saat saya bersama rombongan teman kantor dalam perjalanan dinas ke kota Demak, saya merasa penasaran dengan masakan khas daerah tersebut. Maka mampirlah kami ke Rumah Makan yang terkenal dengan masakan Garang Asem yaitu RM. Garang Asem Sari Rasa atau Gasasa yang terletak di jalan Agil Kusumadya no. 20 Demak, Jawa Tengah.

Rumah Makan Garang Asem Sari Rasa Demak, Jateng
Rumah Makan Garang Asem Sari Rasa Demak, Jateng

Garang Asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah berupa olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas.

Menjajal Kelezatan Garang Asem Demak, Jawa Tengah
Bambang DC menjajal kelezatan Garang Asem bersama teman
di RM. Gasasa Demak

Jangan tertipu dengan penampilannya yang hanya berbungkus daun pisang serta terlihat layu akibat dikukus. Ketika disantap sajian ini nikmat tiada tara. Bercita rasa asam dari belimbing wuluh dan tomat, pedas dari cabe rawit, gurih dari ayam dan santan serta wangi dari daun salam dan daun pisang pembungkusnya. Tak heran, sepiring nasi hangat akan ludes seketika jika disandingkan bersama sajian ini.

Mau mencoba?

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

Penulis : Bambang DC


0 comments:

Post a Comment