Home » » Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro

Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro

Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro – Setelah sukses mendaki Gunung Kelud, kali ini Tim Pecinta Alam BCA Rajabali, Malang dengan koordinator Agus Priono, menjajal terjalnya medan pendakian Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah.

Tim PA BCA Malang yang beranggotakan Agus Priono, Hendra, Robi, Bayu, Bagus dan Sule pada hari Minggu kemarin tanggal 29 Juli 2018, melakukan pendakian ke Gunung Sindoro melalui jalur Kledung, Temanggung, Jawa Tengah.

Sangat unik dan menarik melihat sepak terjang para karyawan Bank BCA Malang ini. Sebagai orang yang setiap hari bergelut dengan rutinitas kerja perbankan, mereka tidak dapat menolak “panggilan dari gunung yang turun ke lembah-lembah”, cuplikan lagu Iwan Fals. Naluri pecinta alam sejati dalam diri mereka seolah memberontak untuk segera dilampiaskan dengan melakukan pendakian.

Dan, kesempatan itu datang pada hari Minggu kemarin ketika mereka mendapatkan hari libur kerja yang sama.

Targetnya kali ini adalah Gunung Sindoro atau biasa disebut Sindara, atau juga Sundoro dengan ketinggian puncak 3.150 mdpl. Salah satu dari gunung kembar Sindoro-Sumbing ini merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia.

Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro
Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro

Dari dua jalur pendakian Sindoro yakni Sikatok dan Kledung, Tim PA BCA Malang memilih jalur Kledung seperti yang dilakukan oleh para pendaki gunung lainnya.

Untuk lebih mengenal tentang Gunung Sindoro dan jalur-jalur pendakiannya, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Perjalanan Tim BCA Lainnya :

Tentang Gunung Sindoro

Gunung yang letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing atau saudara kembarnya, memiliki keunikan pada puncaknya yang sangat luas berbeda dengan puncak gunung lainnya dan memiliki kawah dan jurang yang terbesar disebut Kembang serta sebuah kubah lava kecil menempati puncaknya.

Gunung Sindara berada di antara dua kabupaten yaitu kabupaten Wonosobo dan kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Puncak Sindoro
Bayu di Puncak Sindoro

Ketika sampai di puncak Sindoro maka pemandangan alam yang indah membentang di hadapan kita. Hamparan lautan awan menyelimuti Gunung Sumbing dan dua puncak gunung lainnya yakni Merbabu dan Merapi yang hanya terlihat pucuknya saja berpadu dengan cakrawala nan luas.

Satu pemandangan indah yang jarang kita temukan.

Jalur Pendakian Gunung Sindoro

Untuk melakukan pendakian Gunung Sindoro, ada dua jalur yang biasa ditempuh oleh para pendaki, yaitu jalur Kledung dan jalur Sikatok. Agus dkk memilih jalur Kledung untuk menuju puncak Sindoro.

Jalur yang biasa digunakan oleh para pendaki yang terletak di desa Kledung sehingga dikenal dengan sebutan Jalur Kledung. Akses menuju basecamp desa Kledung ini dapat ditempuh menggunakan bus jurusan Magelang ke Wonosobo lalu turun di Kledung.

Basecamp Menuju Pos 1

Dari basecamp, jalanan berbatu menyusuri lahan pertanian penduduk akan kita lalui sepanjang perjalanan menuju pos 1 pendakian Gunung Sindoro. Untuk menghemat waktu, kita bisamenggunakan jasa ojek yang banyak tersedia. 

Namun, jika berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, setelah melewati batas lahan pertanian penduduk dan memasuki hutan, maka kita akan sampai di Watu Gede pada di ketinggian 1.900 mdpl.

Pos 1 Menuju Pos 2 Pendakian Gunung Sindoro

Perjalanan selanjutnya adalah menuju Pos 2 berupa jalan landai dari tanah padat yang semakin lama makin menanjak. Meskipun termasuk belum terlalu berat, dibutuhkan fisik yang prima. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam untuk sampai di pos 2 dengan ketinggian 2.120 mdpl.

Tim BCA Malang di Pos 2 Gunung Sindoro
Tim BCA Malang di Pos 2 Gunung Sindoro
Kika : Bayu, Hendra, Robi, Sule dan Bagus

Pos 2 Menuju Pos 3

Pos 3 merupakan tujuan berikutnya. Jalanan menuju Pos 3 ini berupa tanah padat bercampur bebatuan. Ketika sudah mendekati pos 3, maka jalur perjalanan akan semakin menanjak dengan trek bebatuan besar. 

Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro
Bagus dan Robi dalam perjalanan menuju puncak Sindoro

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam, maka kita akan sampai di pos 3 dengan ketinggian 2.530 mdpl. Pada umumnya, para pendaki akan membangun tenda untuk melanjutkan  perjalanan esok harinya.

Namun, karena keterbatasan waktu, Agus Priono dkk memilih istirahat sebentar lalu melanjutkan perjalanan menuju Pos 4.

Pos 3 menuju Pos 4

Perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 harus melewati hutan lamtoro yang cukup panjang, setelah itu barulah sampai di Batu Tatah yang menjadi pos keempat.

Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro
Bagus, Robi dan Sule
Pose sejenak dalam perjalanan menuju puncak Sindoro

Pos 4 menuju Puncak Sindoro

Perjalanan menuju puncak akan melewati padang edelweis yang indah. Hamparan bunga edelweiss membentang seluas padang menuju titik akhir perjalanan. Namun, karena bergegas ingin sampai ke puncak Sindoro, Tim PA BCA Malang ini tidak sempat mengabadikan moment di padang edelweiss.

Agus Priono di Pos 4 Gunung Sindoro
Agus Priono di Pos 4 Gunung Sindoro

Puncak Sindoro

Dan, hembusan nafas lega keluar dari hidung Agus Pri dkk ketika menginjakkan kaki di Puncak Sindoro. Meskipun tidak terucap, ungkapan rasa lega, syukur dan haru menghiasi wajah mereka. Jerih payah mereka terbayar lunas saat berada di puncak Sindoro.

Tim BCA Malang di Puncak Sindoro
Tim BCA Malang di Puncak Sindoro
Robi dan Hendra

Pemandangan di Puncak Gunung Sindoro merupakan dataran berbatu di bibir kawah. Pada sisi timur terdapat dua buah kawah kembar seluas 210 x 150 meter yang dibatasi dengan dinding kawah di sekitarnya. 

Namun, pemandangan yang sangat indah membentang di sekeliling puncak Sindoro.

Video Perjalanan Tim BCA Malang Mendaki Gunung Sindoro

Selain foto, Agus Pri dkk sempat mengabadikan moment kebersamaan mereka saat mendaki Gunung Sindoro dalam bentuk video. Meskipun belum professional namun cukup menggambarkan pemandangan alam selama perjalanan mereka.






Akhir Perjalanan Tim PA BCA Malang

Setelah puas berada di puncak Gunung Sindoro, Tim PA BCA Malang ini langsung melanjutkan perjalanan menuruni puncak melewati pos-pos pendakian menuju basecamp desa Kledung. 

Perjalanan mendaki Gunung Sindoro ini akan menjadi salah satu kenangan yang tak terlupakan dan akan menjadi satu kebanggaan bagi mereka. Begitu juga dengan perjalanan wisata lainnya.

Maka, tunggu apalagi? Ayo dolen rek..

Semoga bermanfaat..

3 komentar: