Home » » Pantai Ora, Surga Tersembunyi Di Pulau Seram, Maluku

Pantai Ora, Surga Tersembunyi Di Pulau Seram, Maluku

Pantai Ora, Surga Tersembunyi Di Pulau Seram, Maluku - Indonesia  merupakan negara yang mempunyai ribuan pulau dengan pantainya yang indah. Banyak pantainya yang sudah lama terkenal di dunia. Tetapi ada pula yang baru diketahui keindahannya oleh dunia. Salah satunya adalah pantai Ora di Pulau Seram, yang terletak di Kecamatan  Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Pantai Ora merupakan pantai yang eksotis dan sangat terpencil. Sederet pondok-pondok kayu berjejer di pantai berpasir putih yang menghadap ke perairan jernih bagai kaca di teluk Sawai dengan latar belakang tebing kapur dan gunung yang megah bersama rimbunnya tanaman tropis menjadikan pantai Ora bagai surga yang tersembunyi.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi Di Pulau Seram, Maluku
Bambang DC dkk di Pantai Ora, Pulau Seram, Maluku

Saat saya bertiga dengan teman dari Jakarta melakukan perjalanan dinas ke Kota Ambon, provinsi Maluku tidak membuang kesempatan untuk sekaligus traveling ke pantai Ora di Pulau Seram yang tidak jauh dari pulau Ambon.

Perjalanan dimulai dari kota Ambon diantar oleh teman yang tinggal di kota Ambon dengan mobil menempuh waktu 30 menit ke pelabuhan Tulehu. Tulehu cukup terkenal dengan kampungnya yang melahirkan para pesebakbola handal di Indonesia.

Dari pelabuhan Tulehu dilanjutkan dengan naik kapal cepat menuju pelabuhan Amahai di kota Kecamatan Masohi di Pulau Seram dengan waktu tempuh 2 jam. Bila menggunakan kapal Feri akan lebih lama dengan waktu tempuh 4 jam.

Dipelabuhan Amahai saya dijemput mobil sewaan/carter yang sudah dipesan teman sebelumnya. Perjalanan melewati hutan yang curam dan berkelok-kelok sepanjang 2 jam perjalanan sampai tiba di penginapan kami di desa nelayan Saleman. Dari desa Saleman bila ke Ora Beach Resort memakan waktu 15 menit menggunakan perahu boat nelayan.

Ora Resort
Bambang dkk di The Eco Ora Resort

Sebetulnya di Ora Beach Resort yang terletak di desa Sawai terdapat penginapan, tetapi kami tidak langsung menuju dan menginap disana karena tarif penginapan yang cukup mahal. Sebagai alternatif kami menginap di desa nelayan Saleman yang tarif penginapan cukup terjangkau.

Pantai Ora, Surga Tersembunyi Di Pulau Seram, Maluku
Santai sejenak di Pantai Ora

Pagi hari yang cerah pukul 07.00 WIT dari penginapan kami yang seolah terapung dipinggir laut kami diantar nelayan setempat dengan perahu boat menuju pantai Ora.

Perjalanan naik boat menuju Pantai Ora
Perjalanan naik boat menuju Pantai Ora

Begitu tiba dipantai yang airnya jernih bagai kaca kami melakukan snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut pantai Ora yang eksotis dengan terumbu karang warna warni dan ikan hias  beraneka warna pula.

Setelah puas kami melanjutkan dengan melihat Pantai Air Belanda. Disini terdapat pantai dengan airnya yang dingin dan segar  karena airnya merupakan pertemuan sungai dari mata air di gunung dan air laut.

Terakhir kami menuju Tebing Batu Hatu Pia yang ditebingnya terdapat goa yang terendam air laut dan bisa dimasuki manusia.

Tebing Batu Hatu Pia
Bambang dkk di Tebing Batu Hatu Pia

Tebing Batu Hatu Pia terkenal dengan hijau airnya dan tebingnya yang tinggi dan indah.

Saat menjelang tengah hari cuaca semakin terik kamipun kembali ke penginapan di desa Saleman.

Itulah perjalanan wisata Bambang DC yang dituturkan pada ayodolenrek saat mengunjungi Pantai Ora, surga tersembunyi di Pulau Seram, Maluku.

Kali ini giliran Bambang DC, lain kali giliran anda.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek.. 

Sumber foto dan tulisan : Bambang DC

Wisata Pantai Lainnya :


1 comments: