Home » » Menjajal Kelezatan Papeda, Makanan Khas Maluku

Menjajal Kelezatan Papeda, Makanan Khas Maluku

Menjajal Kelezatan Papeda, Makanan Khas Maluku – Terasa belum lengkap jika berkunjung ke pulau Ambon tanpa mengincipi makanan khasnya yaitu Papeda. Meskipun belum terbiasa dan agak aneh di lidah yang terbiasa makan nasi Padang dan nasi pecel, namun menjajal kelezatan Papeda wajib dilakukan agar semakin menambah perbendaharaan citarasa kuliner Nusantara.

Maka, dalam perjalanan pulang traveling di pantai Ora pulau Seram bersama rekan sekantor saya menyempatkan makan siang di Rumah Makan Seafood Julia di kota kecamatan Masohi sebelum tiba di pelabuhan Amahai untuk menyeberang menuju pulau Ambon. 

Rumah makan ini cukup strategis karena terletak di pinggir jalan antara pelabuhan Amahai menuju ke arah pantai Ora. Tak heran banyak wisatawan asing istirahat dan makan di tempat ini.

Rumah Makan Papeda
Bambang dkk di Rumah Makan Seafood Julia
Menu andalan di rumah makan ini adalah Papeda  ikan kuah kuning yaitu makanan khas maluku dan papua.

Papeda adalah bubur kenyal yang terbuat dari tepung sagu yang disajikan dalam mangkuk besar. Untuk mengambilnya harus digulung menggunakan sepasang garpu panjang dari bambu untuk kemudian dituang dalam piring.

Papeda Ikan Kuah Kuning
Papeda Ikan Kuah Kuning

Setelah papeda tersaji dalam piring kemudian disiram dengan kuah kuning beserta segarnya ikan kakap atau sejenisnya. Tentu saja makanan ini akan membuat anda penasaran.

Anda akan merasakan sensasi yang unik setelah mencoba papeda kuah kuning.

Papeda meluncur di tenggorokan bersama gurihnya kuah dan ikan kakap yang lembut.

Selain kenari, kuah kuning ini menggunakan beragam rempah mulai bawang putih, bawah merah, kunyit, daun jeruk, ketumbar dan banyak rempah lainnya.

Hidangan ini juga banyak ditemui di beberapa resto yang menyajikan hidangan laut khas Maluku.

Sebagai penutup,
“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai.”
Maka, selagi ada kesempatan mari kita manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, bila tidak ada kesibukan maka berjalan-jalan ke tempat wisata dan menjajal kuliner dari berbagai daerah akan menambah perbendaharaan wisata kita.

Tunggu apalagi? Mari jalan-jalan dan kuliner bersama keluarga atau teman-teman.

0 comments:

Post a Comment