Home » » Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia

Queen Victoria Building, Sydney, Australia – Salah satu bangunan yang menjadi pusat perbelanjaan populer di kota Sydney dengan ciri khas arsitektur Inggris adalah Queen Victoria Building. Bangunan yang mengabadikan nama seorang ratu Inggris pada era 1980-an yaitu Ratu Victoria yang terkenal. 

Dulu, Australia adalah negara jajahan Inggris dan menjadi bagian dari negara persemakmuran kerajaan di Eropa Barat tersebut. Meskipun sekarang, Australia telah menjelma menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia Pasifik dan sudah berdiri sendiri sebagai sebuah negara, namun tetap saja bayang-bayang pemerintahan Inggris tidak bisa dihilangkan.

Terbukti hingga sekarang, Australia tetap menjaga peninggalan warisan sejarah yang dahulu sangat memegang peranan penting dalam menjalankan pemerintahan di Aussie ini. Salah satunya terlihat pada penamaan salah satu Negara bagian yang menggunakan nama Ratu Inggris pada era 1830-an, saat Australia diduduki Inggris, yaitu Ratu Victoria yang kemudian didedikasikan melalui Negara bagian Victoria.

Selain itu di beberapa daerah lain di Australia juga masih tetap dapat dirasakan bagaimana pengaruh kekuasaan Ratu Victoria sehingga peninggalannya masih tetap dijaga hingga kini. Seperti yang terdapat pada sebuah bangunan populer di kota Sydney bernama Queen Victoria Building

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Gambar : pixabay.com

Tidak hanya daya tarik isinya saja yang dipenuhi dengan toko-toko merk terkenal namun gaya arsitekturnya juga sangat dikagumi sehingga membuat bangunan ini menjadi objek wisata populer di kota Sydney.

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Rita di jalanan Queen Victoria Building

Jika dilihat dari namanya, Queen Victoria Building memang terlihat seperti bukan nama sebuah pusat perbelanjaan atau mall. Namun,  sejak awal dibangun bangunan ini memang ditujukan sebagai pusat perdagangan pada era 1800-an. 

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Antonia Rita di Queen Victoria Building, Sydney, Australia

Nah, untuk lebih mengenal lebih jauh tentang bangunan Mall yang unik dan menarik serta berada di kawasan Sydney CBD tepatnya di George Street, mari ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini dengan nara sumber Antonia Rita.

Daya Tarik Queen Victoria Building

Sebagai bangunan bersejarah yang memiliki beragam keunikan dan daya tarik, saat ini Queen Victoria Building memang menjadi destinasi wisata yang sayang dilewatkan saat berkunjung ke kota Sydney, Australia.

Daya tarik dari Queen Victoria Building ini antara lain adalah :

Mall dengan Merk Terkenal. 

Sebagai pusat perbelanjaan atau mall, Queen Victoria Building atau QVB memiliki toko atau butik dengan merk-merk terkenal sehingga terkesan berkelas dan eksklusif.

Exteriornya Mencerminkan Gaya Victorian Style era tahun 1800-an.

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Rita di sisi gedung Queen Victoria Building, Sydney

Interiornya merupakan perpaduan gaya modern dan klasik yang diwujudkan dalam beberapa ornament unik nan klasik di dalam bangunan.

Interior Queen Victoria Building
Interior Queen Victoria Building
Gambar : TripAdvisor

Royal Clock 

Royal Clock adalah jam besar yang terletak di lantai paling atas bagian selatan QVB dengan hiasan kastil 4 menara di atasnya. Hiasan dan jam ini berkaitan. Ketika perputaran waktu dalam setiap jamnya berganti, maka hiasan tersebut juga berganti dengan mengeluarkan diorama beberapa kejadian legendaris dari kerajaan Inggris, seperti penandantanganan Magna Charta, pemenggalan kepala King Charles I, dll.

Royal Clock Queen Victoria Building
Royal Clock Queen Victoria Building
Gambar : Pinterest

Pemandangan tersebut dapat kita lihat setiap satu jam sekali. 

The Great Australian Clock

Jika Royal Clock sangat lekat dengan kerajaan Inggris, maka sebagai bagian dari sejarah Australia, di Queen Victoria Building juga ditempatkan sebuah jam besar yang bernama The Great Australian Clock. Jam ini berhiaskan adegan sejarah Australia dari sisi Aborigin dan bangsa Eropa lain yang terdapat pada bagian atas jam setinggi 10 meter.

The Great Australian Clock QVB
The Great Australian Clock QVB
Gambar : The History Of Sydney

Surat Segel Queen Elizabeth II

QVB selain memiliki dua jam yang unik tersebut, juga menyimpan sebuah peninggalan berharga dari Queen Elizabeth II berupa surat, namun surat ini masih tersegel dan baru bisa dibuka pada tahun 2085. Surat ini ditujukan untuk warga Sydney. 

Patung dan Lukisan Queen Victoria

Belum lengkap rasanya apabila berada di QVB namun tidak melihat patung atau lukisan dari Queen Victoria itu sendiri. Patung Queen Victoria terletak di ujung selatan bangunan. 

Patung Queen Victoria
Patung Queen Victoria
Gambar : baltyra.com

Selain itu ada sebuah tempat gimmick yaitu Wishing Well yang kerap ada di situs sejarah di kota-kota lain di dunia, sebagai bentuk pengharapan masyarakat dengan dihiasi sebuah patung anjing kesayangan Ratu Victoria yang terbuat dari perunggu.

Akhir Perjalanan di Queen Victoria Building

Melihat daya tarik dan keunikan dari Mall ini, maka dapat dipastikan jika Queen Victoria Building akan masuk dalam agenda wisatawan yang datang ke Sydney. Begitu pula dengan Antonia Rita. Meskipun tidak berbelanja, namun dapat menikmati daya tarik dari QVB sudah merupakan satu kesempatan yang berharga.

Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia
Menikmati Keunikan Queen Victoria Building, Sydney, Australia

Tentunya, perjalanan wisata ke Queen Victoria Building ini akan menjadi kenangan tak terlupakan sepanjang hidup dan dapat berbagi informasi tentang objek wisata di kota Sydney ini juga merupakan satu kebahagiaan tersendiri.

Sekarang giliran Rita, selanjutnya adalah giliran anda.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek…

1 comments: