Home » » Solo Traveller? Ini Tips Terbaik Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan

Solo Traveller? Ini Tips Terbaik Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan

10 Tips Jitu “Solo Travelling” Bagi Si Penyendiri – Kadang kita ingin menikmati sesuatu seorang diri terutama saat sedang putus cinta, ada masalah keluarga dan sedang ingin mencari ide atau sedang menginginkan suasana tenang. Ketika saat itu datang menghampiri kita, maka melakukan perjalanan wisata seorang diri menjadi satu pilihan.

Solo Traveller? Ini Tips Terbaik Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan
Solo Traveller? Ini Tips Terbaik Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan

Alasan lainnya adalah rasa ketertarikan terhadap suatu objek wisata tidak sama dengan teman lainnya. Sebagai contoh, kita suka wisata alam yang tenang dan damai sementara teman lainnya menginginkan wisata yang ramai sehingga ada sedikit rasa enggan jika kita mengikuti perjalanan wisata teman-teman, demikian pula sebaliknya.

Sehingga jalan terbaik adalah melakukan perjalanan seorang diri yang sesuai dengan keinginan kita.

Melakukan perjalanan wisata seorang diri atau disebut solo travelling, single travelling, atau alone travelling, memang banyak resikonya. Namun, dengan solo travelling akan membuat kita menjadi pribadi yang mandiri. Karena akan sendirian tanpa teman yang sudah kita kenal dengan baik.

Tak jarang kita tersesat dan harus mencari jalan sendiri, bertemu dengan orang-orang asing, merasakan suasana yang asing dan menghadapi bahaya seorang diri.

Namun, semua itu akan membentuk kita menjadi sosok pribadi yang lebih matang dan mandiri.

Untuk mengurangi resiko yang mungkin akan terjadi sehingga perjalanan wisata kita terasa nyaman dan menyenangkan meskipun hanya seorang diri, maka berikut ini adalah beberapa 10 tips terbaik bagi seorang solo travelling.

10 Tips Terbaik Bagi “Solo Travelling”

1. Menggali informasi sebanyak mungkin

Sebelum melakukan solo travelling, sebaiknya kita menggali informasi sebanyak dan selengkap mungkin tentang objek wisata yang akan kita tuju. Baik dari orang-orang yang sudah pernah kesana maupun informasi yang banyak bertebaran di internet. Mbah Google merupakan tempat yang tepat untuk bertanya.

Menggali Informasi Sebanyak Mungkin
Menggali Informasi Sebanyak Mungkin

Dengan semakin banyak informasi yang kita dapat, maka akan semakin mudah perjalanan yang akan kita lakukan.

Lalu informasi apa saja yang harus kita kumpulkan? Berikut ini adalah beberapa inormasi yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan wisata.
  • Lokasi wisata
  • Jenis transportasinya
  • Hotel dan Penginapan
  • Rute perjalanan
  • Rumah sakit dan Kantor Polisi
  • Tradisi dan budaya masyarakat setempat

2. Packing sederhana

Sebagai seorang solo traveller, sebaiknya kita membawa perlengkapan seperlunya saja agar barang bawaan kita mudah dibawa.  Hal terpenting adalah surat-surat identitas diri dan jangan lupa untuk mempersiapkan scan atau fotocopy identitas semisal pasport, SIM, KTP lalu dikirim melalui akun email atau anggota keluarga. 

Packing Sederhana
Packing Sederhana

Dengan tujuan akan sangat membantu jika seandainya barang-barang yang kita bawa hilang selama melakukan perjalanan wisata atau ada resiko lainnya.

3. Membuat itinerary perjalanan

Mengutip dari explorediengtour.com , pengertian Itinerary secara bahasa artinya adalah rencana dan secara istilah adalah daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan wisata secara kronologis. Lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan wisatawan, informasi meals (makan), akomodasi dan transportasi, serta hal-hal pendukung lainnya seperti include, exlude, biaya tambahan dan catatan lainnya. 

Membuat itinerary perjalanan
Membuat itinerary perjalanan

Bagi wisatawan, membuat rencana perjalanan baik perjalanan pendek maupun panjang sangatlah penting sebagai pegangan atau panduan. Disamping akan menghemat waktu juga akan menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hal-hal yang tidak penting.

4. Hindari perjalanan malam hari

Melakukan perjalanan pada malam hari memang cukup beresiko apalagi ditempat asing dengan lingkungan dan orang-orang yang tidak kita kenal dengan baik. Sehingga sebaiknya hindari perjalanan malam hari.

Hindari perjalanan malam hari
Hindari perjalanan malam hari

Jika memang harus dilakukan, sebaiknya pastikan dulu segala sesuatunya dengan baik dan hindari tempat-tempat sepi yang jarang dikunjungi orang banyak pada malam hari.

5. Mempelajari bahasa setempat

Satu hal yang tidak dapat dihindari ketika melakukan perjalanan adalah bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Sehingga penguasaan bahasa menjadi salah satu kuncinya.  Disamping bahasa utama seperti bahasa Inggris, bahasa lokal atau bahasa setempat sedikit banyak harus kita pelajari sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat berada dalam situasi di mana kamu memerlukan bantuan orang lain. 

Mempelajari bahasa setempat
Mempelajari bahasa setempat

6. Bersikap tenang dan tidak mudah panik

Bersikap tenang, wajar dan jangan mudah panik adalah salah satu bekal yang harus kita miliki saat melakukan perjalanan seorang diri. Jika belum memiliki ketiga hal tersebut, berlatihlah sebelum melakukan solo travelling.

Bersikap tenang dan tidak mudah panik
Bersikap tenang dan tidak mudah panik

Karena ketika kita terlihat bingung, takut atau panik maka dengan mudah orang yang berniat jahat akan memanfaatkannya. 

7. Jangan mengaku seorang solo traveller kepada orang asing

Satu hal yang harus kita ingat ketika berada di tempat yang asing dengan orang-orang yang baru saja kita kenal, jangan mengaku sebagai solo travelling. Hal ini untuk menjaga dan menghindar dari niat buruk orang-orang yang baru saja kita kenal karena kita berada seorang diri di tempat asing.

Jangan mengaku seorang solo traveller
Jangan mengaku seorang solo traveller

8. Memberi kabar kepada keluarga

Komunikasi dengan keluarga atau kerabat harus sering kita lakukan dengan memberikan kabar posisi, tempat tinggal, keadaan dan rencana perjalanan kita berikutnya. Selain membuat mereka merasa tenang, hal ini juga akan memudahkan kita apabila tersandung masalah di perjalanan.

Memberi kabar pada keluarga
Memberi kabar pada keluarga

9. Hati-hati Dengan Barang Bawaan

Pada jaman dimana kejahatan semakin menggila, sebaiknya kita harus berhati-hati saat melakukan perjalanan seorang diri terutama dengan barang bawaan kita. Jangan mau jika ada orang lain menitipkan barang dan perhatikan tas, ransel atau koper kita agar jangan sampai tertukar dengan milik orang lain.

hati-hati dengan barang bawaan
hati-hati dengan barang bawaan

10. Berdoa Memohon Perlindungan Tuhan YME

Dan yang terakhir, jangan lupa memanjatkan doa kepada Tuhan YME memohon perlindungan, kesehatan dan keselamatan serta dihindarkan dari marabahaya.

Berdoa memohon perlindungan Tuhan
Berdoa memohon perlindungan Tuhan

Nah, itulah 10 Tips terbaik bagi seorang Solo Travelling. Jika kita sudah dapat melakukan 10 hal tersebut, maka dapat dikatakan perjalanan wisata kita akan aman dan menyenangkan meskipun hanya seorang diri.

Satu hal lagi yang sangat penting, jagalah kesehatan!!!

Untuk menjaga kondisi tubuh, mencegah dan melindungi diri dari penyakit, silahkan minum Milagros, Air "Three in One" yang mengandung Antioksidan, alkali dengan PH>8 dan skalar energi.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..


1 comments: