Home » » Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia

Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia – Objek wisata alam yang mengusung konsep gardu pandang di Indonesia sudah cukup banyak, namun berbeda dengan Sydney Tower Eye. Kita dapat menikmati setiap sisi keindahan kota Sydney, Australia dari atas ketinggian 268 meter dan ditengah perkotaan.

Sehingga sangat disayangkan apabila berkunjung ke kota pelabuhan di New South Wales, Australia, tanpa mampir ke Sydney Tower Eye

Setelah puas menikmati keindahan alam di Bondi Beach, Sydney, Antonia Rita melanjutkan perjalanan wisatanya dengan mengunjungi Sydney Tower Eye.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Antonia Rita di Sydney Tower Eye, Sydney, Australia

Nah, untuk lebih menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang objek-objek wisata di negeri Kanguru ini, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek berikut ini.

Tentang Sydney Tower Eye

Sydney Tower Eye merupakan menara tertinggi di kota Sydney. Tepatnya berada di New Westfield Shopping Centre. Saat kita berada di sekitar Sydney Harbour, Sydney Tower Eye akan terlihat berdiri tegak dengan megahnya, sepintas mirip dengan menara TVRI di Senayan Jakarta di bagian ujungnya, tapi dari sisi bangunannya, tower ini lebih mutakhir.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Pemandangan kota Sydney
dari Sydney Tower Eye

Sydney Tower Eye sampai saat ini merupakan bangunan tertinggi di kota Sydney. Jika dibandingkan, ketinggian Sydney Tower Eye adalah dua kali ketinggian Sydney Harbour Bridge dan empat kali lebih tinggi dari Opera House yang terletak di pesisir Sydney Harbour

Dengan ketinggian 309 meter, Sydney Tower Eye memiliki observation deck atau menara pengamatan dan skywalk yang berada pada ketinggian 268 meter. 

Pembangunan Sydney Tower Eye dimulai pada tahun 1974 dan selesai 6 tahun kemudian. Bangunan menara ini memiliki 1.504 anak tangga untuk sampai ke puncak menara. Ketika digelar event “Sydney Tower Stair Challenge”,  yang diadakan setiap tahun, pengunjung dapat naik ke puncak melalui tangga.

Tarif Masuk Sydney Tower Eye

Tari masuk ke Sydney Tower Eye dikelompokkan sebagai berikut.
  • Dewasa atau umur 16 tahun ke atas, dikenakan tari sebesar 26.50 AUD atau Rp 270.000 jika membeli di tempat dan 18.55 AUD atau sekitar Rp 180.000 ketika membeli secara online. 
  • Anak-anak dikenakan tarif sedikit lebih murah yakni 17 AUD untuk beli di tempat dan 11.20 AUD untuk beli online. 

Jika anda membeli paket wisata seperti Madamme Tussauds, Aquarium Skylife, dan lainnya, maka anda dapat lebih berhemat.

Keistimewaan Sydney Tower Eye

Ketika memasuki gerbang Sydney Tower Eye, tentunya setelah mengantongi tiket yang disiapkan oleh petugas dari Destination NSW, maka kita diminta berpose di pintu gerbang. Tapi ini tidak gratis, karena kita harus membayar lagi untuk foto-foto ini.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Menikmati makanan sambil melihat pemandangan kota Sydney
Di Sydney Tower Eye

Kemudian, kita akan diajak masuk ke ruangan bisokop 4 dimensi berukuran kecil, dengan kapasitas sekitar 50 orang. Masih dalam posisi berdiri dengan mengenakan kacamata 4 dimensi dengan warna biru-merah, kita akan disuguhi video pengenalan seputar Sydney Tower dan landmark lain di Kota Sydney dengan durasi sekitar 20 menit.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Foto bersama di Sydney Tower Eye, Sydney, Australia

Barulah, kita diajak naik ke observation deck setelah melewati pemeriksaan ketat sebelum memasuki lift. Kurang lebih 5 menit, lit akan sampai di puncak menara dengan ketinggian 268 meter. 

Pemandangan Kota Sydney dari atas udara akan terpampang di hadapan kita setelah keluar dari lift. Sepanjang mata memandang, kita akan menyaksikan sisi-sisi kota Sydney yang indah dan memukau dari atas observation deck. Teleskop canggih disiapkan untuk pengunjung guna mengamati kota Sydney dari ketinggan spektakuler tersebut.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Pemandangan dari atas Sydney Tower Eye

Dari Observation deck Sydney Tower Eye, kita dapat melihat jalan-jalan Kota Sydney yang lenggang dan pemandangan Sydney harbour yang terlihat begitu indah. Betapa perairan yang biru itu memasuki kota Sydney cukup dalam, lalu banyak kapal lalu-lalang memasuki Sydney harbour yang melewati harbour bridge yang terkenal.

Sydney Opera House pun akan terlihat dengan jelas dari gardu pandang ini, selain itu ada juga pemandangan gedung-gedung bertingkat di Sydney, taman di pinggir pelabuhan Luna Park, kebun binatang Sydney Zoo, dan masih banyak lagi yang bisa dilihat langsung maupun menggunakan binokuler canggih yang disiapkan.

Jalan-jalan Ke Sydney Tower Eye, Gardu Pandang Kota Sydney, Australia
Pemandangan taman Sydney
dari Sydney Tower Eye

Rasanya kita tidak ingin meninggalkan tempat ini dan ingin berlama-lama karena begitu memukaunya keindahan kota Sydney dari atas udara. 

Bila kita ingin merasakan ketegangan adrenalin dengan memandang Sydney dari ketinggian 309 meter tanpa batas kaca, maka kita akan dikenakan biaya tambahan untuk mengikuti tour Skywalk. Dimana kita akan diajak naik ke puncak tertinggi menara Sydney Tower Eye untuk melihat pemandangan atau hanya sekedar berfoto disana.

Skyway Sydney Tower Eye
Rita dengan latar Skyway Sydney Tower Eye

Kurang lebih 45 menit lamanya kita menikmati pemandangan kota Sydney dari Observation deck Sydney Tower Eye, maka kita akan diajak kembali turun untuk melihat keindahan objek wisata lainnya.

Akhir Perjalanan Ke Sydney Tower Eye

Jika pada objek-objek wisata yang ada di Indonesia, kebanyakan memiiiki gardu pandang untuk menikmati keindahan alam di wilayah pegunungan dan sekitarnya saja. Tapi Gardu Pandang Sydney ini dibangun untuk menikmati keindahan kota Sydney dan suasana perkotaannya.

Mungkin kelak Indonesia memiliki Gardu Pandang yang dapat menikmati keindahan kota terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya dan lain-lain. Sehingga kita tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke negeri Kanguru.

Tentunya akan menjadi satu kebanggaan dan kenangan tersendiri bagi Antonia Rita yang telah merasakan dan menikmati keindahan kota Sydney, Australia dari Sydney Tower Eye.

Sebagai penutup,
“Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasai.”
Maka, tunggu apalagi? Ketika ada kesempatan mari jalan-jalan ke objek wisata baik di tanah air maupun manca negara. Ayo dolen rek…

0 comments:

Post a Comment