Home » » 10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata

10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata

10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata - Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata terus berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing hingga mencapai 20 juta orang pada tahun 2019. Mulai tahun 2016, Kemenpar sudah melakukan berbagai strategi khusus untuk mendatangkan 260 juta wisatawan domestic dan 12 juta wisatawan mancanegara, salah satunya dangan brand “Wonderful Indonesia.”

Kementerian Pariwisata Indonesia, sebagai salah satu upayanya menetapkan 10 destinasi unggulan berdasarkan potensi yang dimiliki dan diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan. 

Nah, untuk mengetahui 10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata, berikut ini ulasan ayodolenrek dengan sumber traveloka.

10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata

1. Danau Toba

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara yang memiliki luas 30 x 300 kilometer dengan kedalaman mencapai lebih dari 500 meter dan adanya pulau kecil bernama Samosir yang berada di tengahnya menjadikan objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Danau Toba
Danau Toba

Ditambah lagi suasana sekeliling danau yang rimbun dan masih alami semakin menambah pesona keindahannya dan legenda asal mula kejadiannya membuat Danau Toba memiliki daya tarik kuat sebagai destinasi wisata unggulan.

Tradisi boneka Sigale-gale di pulau Samosir yang dapat kita saksikan jika mampir ke pulau ini, konon dipercaya memiliki kekuatan gaib. Menurut penduduk setempat, adalah roh leluhur yang berada di balik tiap pertunjukan boneka kayu ini, sehingga boneka bisa bergerak sendiri. Saat ini, pertunjukan boneka yang selalu tampil dengan kain ulos dipasangi tali agar bisa dikendalikan agar bergerak.


2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang, memang tidak seperti pantai kebanyakan, pasirnya berwarna putih dan halus serta memiliki ciri khas batuan yang berserakan. Sejumlah “pulau batu” terbentuk dari batuan besar yang tersusun secara alami ditambah pantai yang berjarak sekitar 27 km dari Pulau Belitung yang memiliki hamparan air jernih kebiruan semakin menambah pesona keindahannya.

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang
Gambar : Jejak Piknik

3. Pantai Tanjung Lesung

Di kawasan Banten terdapat pantai yang sangat layak layak dijadikan destinasi liburan singkat di akhir pekan yaitu Pantai Tanjung Lesung dengan garis pantai berpasir putih sepanjang 15 km.

Pantai Tanjung Lesung Banten
Pantai Tanjung Lesung, Banten
Gambar : Tempat Wisata

Tidak hanya panorama pantainya yang memikat, Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan hal-hal menarik untuk dijelajahi seperti perkampungan nelayan yang asri dan kegiatan budaya di Wisata Kampung Cikadu yang menggelar pertunjukan seni secara rutin, mulai dari tarian hingga permainan musik tradisional.

4. Kepulauan Seribu

Nama Pulau Seribu adalah nama objek wisata yang populer. Namun, tidak sesuai dengan nama yang disandangnya, jumlah pulau di sini ternyata hanya sekitar 105 buah saja. Akan teapi objek wisata ini tetap mampu membuat kita terpukau. 

Ketika dilihat dari atas, maka pulau-pulau ini akan membentuk sebuah gugusan berwarna hijau dengan perairan yang jernih kebiruan. Beberapa pulau merupakan bagian dari kawasan konservasi sehingga tidak berpenghuni sehingga kondisi alamnya masih perawan dengan potensi alam yang sangat terjaga.

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu
Gambar : Traveling Yuk

Ikon dari Pulau Seribu yang paling menarik perhatian adalah Jembatan Cinta di Pulau Tidung, gugusan pulau bagian selatan. Dengan panjang 800 meter, Jembatan Cinta berfungsi untuk menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. 

Jika berada di atas jembatan ini,kita dapat menikmati keindahan perairan di sekitarnya dan speed boat yang melintas di kolong jembatan. Disebut Jembatan Cinta karena mitosnya, jembatan ini dapat membuat wisatawan segera menemukan jodohnya.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun pada sekitar tahun 750 dengan gaya arsitektur India. 

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Kebesaran candi di Magelang ini terwujud dalam stupa induk di puncaknya dan memiliki 2.672 panel relief, 504 arca Buddha, dan 72 stupa berlubang. Selain megah, posisi candi yang berada di antara dua pasangan gunung yang dijuluki gunung kembar yaitu Gunung Sundoro dan Sumbing serta Gunung Merbabu dan Merapi, membuatnya memiliki pemandangan alam yang indahnya luar biasa.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah bukti nyata keindahan alam karya Sang Pencipta. Gunung Bromo memiliki lautan pasir seluas 5.250 km di atas ketinggian 2.100 mdpl dan pemandangan alam yang sungguh indah serta kisah legenda dibaliknya.

Gunung Bromo
Gunung Bromo
Baca Juga :



Daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan adalah keindahan alam saat matahari terbit dan tenggelam yang tidak ditemukan ditempat lain dan keindahan pelangi sehabis turun hujan serta serunya berkuda di lautan pasir.

7. Mandalika

Mandalika adalah nama salah satu pantai terkenal di Lombok yang populer dengan pantai-pantainya nan cantik dan menggoda. Menikmati keindahannya dengan duduk menghadap pantai dan menikmati semilir angin dengan aroma laut yang kental seolah membuat kita berada di surga.

Pantai Mandalika Lombok
Pantai Mandalika Lombok
Gambar : Aceh Image

8. Labuan Bajo

Labuan Bajo disebut sebagai salah satu kota pelabuhan tercantik di Indonesia. Hal ini memang tak terbantahkan karena pesonanya memang sangat menawan. Pesona alam yang paling diunggulkan adalah pemandangan matahari terbenamnya dengan siluet kapal yang mengapung di atas perairan jernihnya. 

Labuan Bajo
Labuan Bajo
Gambar : super adventure

9. Pulau Morotai

Pulau Morotai adalah pulau yang berada di Provinsi Maluku Utara dan berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Dijuluki sebagai “Mutiara di Bibir Pasifik” karena keindahannya bak mutiara dan pulau ini juga menjadi saksi penting sejarah Perang Dunia II karena menjadi lokasi pertempuran sengit antara Jepang melawan Amerika Serikat.

Pulau Morotai Maluku Utara
Pulau Morotai, Maluku Utara
Gambar : Tribun News

Sehingga masih banyak peninggalan sejarah dan masih dijaga oleh masyarakat lokal hingga sekarang, seperti kendaraan meriam, landasan pesawat tempur, hingga kendaraan lapis baja yang tersebar di beberapa titik.

10. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan gugusan pulau yang memiliki potensi alam bawah laut luar biasa dan terdiri dari empat pulau utama. Berdasarkan penelitian para ahli, terdapat sekitar 112 gugusan terumbu karang dan lebih dari 93 spesies ikan degan beragam bentuk juga warnanya. Satu pemandangan yang indah dan mengagumkan terlebih saat menyelam atau snorkeling.

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi
Gambar : go celebes

Itulah ulasan ayodolenrek tentang 10 Objek Wisata Terbaik di Indonesia Versi Kementrian Pariwisata Indonesia. Ternyata objek wisata di Indonesia tak kalah menariknya dengan tempat wisata mancanegara sehingga turut mendukung brand “Wonderful Indonesia”merupakan kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia.

Dan menjadi kewajiban kita juga mengenal, mengunjungi dan menjaga kelestarian objek-objek wisata yang ada di tanah air.

Tunggu apalagi? Ayo dolen rek..


1 comments: