Home » » 20 Objek Wisata Populer Di Singapura Yang Wajib Kita Kunjungi

20 Objek Wisata Populer Di Singapura Yang Wajib Kita Kunjungi

20 Objek Wisata Populer Di Singapura Yang Wajib Kita Kunjungi - Bagi masyarakat Indonesia, Singapura merupakan negara tetangga yang menjadi tujuan wisata populer. Selain dekat, biaya perjalanan ke Singapura tidaklah terlalu mahal sehingga banyak wisatawan Indonesia mengunjungi tempat-tempat wisata di Singapura yang unik dan menarik untuk sekedar belanja atau berfoto selfie dengan latar patung Merlion dan gedung Esplanade.

Meskipun negeri Singapura kecil, namun memiliki banyak tempat wisata yang unik, dan menarik baik berupa wisata buatan, alam, sejarah, budaya, religi, hingga kuliner. Dan, merupakan satu kebanggan tersendiri bagi masyarakat Indonesia apabila telah berkunjung ke negeri Singa tersebut.

Nah, untuk lebih mengenal negeri tetangga Singapura, mari kita ikuti ulasan ayodolenrek tentang 20 objek wisata di Singapura yang menjadi destinasi wisata dan wajib dikunjungi.

20 Objek Wisata Populer Di Singapura

1. Merlion Park (Mermaid and Lion)

Tempat pertama yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Merlion Park yang berada di 1 Fullerton Rd, Singapore, sebuah taman publik yang bisa diakses oleh siapapun dengan ciri khas patung Merlion atau mermaid and lion.

Bentuk yang unik dari Patung Merlion adalah ikan duyung dengan kepala singa yang dianggap sebagai ikon negeri Singapura yang paling terkenal sehingga bisa dikatakan, Anda belum ke Singapura bila belum berfoto dengan latar belakang patung ini. 

Merlion Park Singapura
Merlion Park Singapura

Pemandangan di taman ini sungguh indah dan menarik, terlebih pada malam hari dimana cahaya lampu yang gemerlap menghiasi Merlion Park. Kita dapat berfoto disini baik sendiri maupun foto beramai-ramai dengan gratis. Berikut ini adalah video Merlion Park pada malam hari.



Untuk menuju Merlion Park, kita bisa mengaksesnya dari stasiun MRT yang terdekat dari lokasi ini yaitu Raffles Place kemudian kita berjalan kaki menyusuri sungai Singapore River menuju ke arah Fullerton Hotel. Dari sini, kita tinggal menyeberang jalan ke arah bangunan bertulisan “One Fullerton”. 

Taman Merlion berada tepat di samping bangunan ini.

2. Orchard Road

Berikutnya adalah sebuah jalan yang bernama Orchard Road. Jalan Orchard adalah tempat wisata belanja terkenal bagi wisatawan asing saat melancong ke negara ini. Selain itu, Orchad Road juga merupakan tempat wisata kuliner di Singapura. 

Orchard Road Singapura
Orchard Road Singapura

Saat berada disini, kita bisa jalan-jalan, berfoto, dan window shopping secara gratis. Beberapa tempat populer yang berada disini adalah Lucky Plaza, area depan Takashimaya, serta mall Ion Orchard.

Untuk menuju Orchad Road, kita bisa menjangkaunya dari MRT Changi, dengan naik MRT jalur hijau dan turun di City Hall. Kemudian, dari stasiun City Hall, kita ambil jurusan ke jalur merah dan berhenti di Orchard atau Somerset lalu dari stasiun Orchard atau Somerset kita tinggal berjalan kaki menuju jalan Orchard. 

Setiap hari, jalan ini dipenuhi oleh turis-turis yang lalu lalang memenuhi pertokoan dan restoran di tempat wisata ini. Sehingga akan lebih baik jika kita datang, saat jam buka pertokoan dan mall serta restoran mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat.

3. Marina Bay Sands  

Selain Patung Merlion dan gedung Esplanade, berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands selain akan memperindah foto juga akan menunjukan bahwa kita sedang berada di Singapura. Karena Marina Bay Sands merupakan salah satu ikon negeri Singapura yang wajib dikunjungi.

Marina Bay yang berada di Sands 10 Bayfront Avenue, Singapore. Untuk menjangkau tempat ini cukup mudah, dengan naik kereta MRT, lalu turun di stasiun MRT Promenade dan stasiun MRT Marina Bay. Selebihnya, kita  tinggal berjalan kaki sebentar menuju Marina Bay Sands.

Marina Bay Sands Singapura
Marina Bay Sands Singapura, pixabay.com

Keunikan dari tempat wisata Marina Bay Sands ini terletak pada tiga buah gedung yang dihubungkan dengan bangunan mirip kapal. Sedangkan di dalamnya terdapat ribuan kamar hotel, mall, kasino, teater, restoran, klub malam, ruang kesenian, hingga taman. 

Selain itu, Marina Bay Sands ini memiliki kolam renang terpanjang berukuran 150 meter pada ketinggian 200 meter dengan pemandangan kota Singapura. 

Tari untuk naik ke atas Marina Bay Sands, sekitar 250 ribu rupiah. Pada malam hari di tempat ini diadakan pertunjukan gratis “Wonder Full-Light & Water Spectacular” berupa laser, efek, dan atraksi cahaya, setiap jam 20.00 dan 21.30 waktu setempat. 

4. Esplanade

Brikutnya adalah Esplanade yang merupakan tempat wisata pusat seni dan pertunjukan di Singapura. Esplanade sering disebut juga sebagai gedung durian atau Theatres on the Bay, lokasinya berada di 1 Esplanade Dr, Singapore, tepat seberang Merlion Park. 

Esplanade Singapura
Esplanade Singapura, pixabay.com

Selain teater dan gedung pertunjukan, terdapat juga pertokoan serta area terbuka tempat diadakan pertunjukan gratis di dalam Esplanade. Sedangkan di bagian luarnya kita bisa berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands dan gedung menjulang lainnya. 

Pemandangan ditempat ini sangat indah dan ketika berfoto tidak dikenakan biaya, selain itu kita juga bisa menikmati pertunjukan seni dan musik dengan gratis. Perpustakaan yang lengkap juga ada di sini dengan jam operasional mulai 12.00 hingga 20.30 waktu setempat.

Akses menuju tempat wisata ini dapat kita jangkau dengan naik kereta MRT, lalu berjalan kaki dari City Hall sekitar 10 menit dan Esplanade Circle Line Station (Exit D). Kemudian melewati underpass yang terhubung dengan beberapa mal, yaitu Raffles City, Marina Square, Citylink, SuntecCity dan MilleniaWalk.

5. Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay merupakan tempat wisata yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan tua rumah toko dengan arsitektur China dan dicat berwarna-warni. Di dalamnya terdapat banyak kafe, restoran, bar, dan jazz club sehingga Clarke Quay menjadi tempat hang out yang selalu penuh di malam hari.

Clarke Quay Singapura
Clarke Quay Singapura, pixabay.com

Lokasi dari kawasan Clarke Quay ini berada di 3 River Valley Rd, Singapore, dengan bentuk serupa dermaga yang terletak di tepi Singapore River, dimana kita bisa duduk-duduk santai. Kita juga dapat mencapai lokasi ini, dengan naik kereta MRT jalur ungu dan turun di Clarke Quay MRT Station (NE5). 

6. Gardens by The Bay   

Sebuah taman raksasa seluas 100 hektar yang berada di belakang Marina Bay Sands, tepatnya di 18 Marina Gardens Dr, Singapore, adalah pilihan tempat wisata yang tepat saat  jalan-jalan ke Singapura. 

Taman ini memiliki berbagai koleksi tanaman langka yang diletakkan dalam sebuah rumah kaca raksasa atau dome dengan arsitektur berbentuk kerang. 

Garden By The Bay Singapura
Garden By The Bay Singapura, pixabay.com

Tarif masuk konservatorium ini dikenakan tiket sebesar S$28 per orang dengan jam operasional mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Sedangkan untuk outdoor mulai jam 05.00 hingga 02.00 waktu setempat, tidak dipungut biaya.

Akses menuju taman ini dapat dicapai dengan naik MRT jalur kuning, lalu turun di stasiun Bayfront kemudian keluar melalui Exit B, maka kita akan menemukan Gardens by The Bay ini.

7. Universal Studios Singapore  

Singapura juga memiliki Universal Studios yang terletak di Sentosa Gateway, Singapore. Pulau Sentosa sendiri merupakan tempat wahana permainan dengan tema film-film terkenal Hollywood. Disamping wahana permainan, Universal Studio Singapore juga memiliki banyak restoran dan kios yang menjual berbagai suvenir unik khas Universal Studios. 

Universal Studio Singapura
Universal Studio Singapura

Tarif masuk untuk menikmati segala permainan di Universal Studios Singapore dikenakan biaya untuk anak-anak sebesar S$55, dewasa S$74, dan orang tua S$36.

Akses menuju USS ini dapat dicapai dengan kereta MRT menuju mal Vivo City lalu naik ke HarbourFront Station (NE1), kemudian kita bisa naik monorail (The Sentosa Express Monorail) lalu turun di Waterfront Station. 

Universal Studio beroperasi mulai jam 10.00 hingga 19.00 waktu setempat, namun jika ingin berfoto di depan ikon Universal Studios berupa bola dunia yang berputar di pelataran pintu masuk, tidak dipungut biaya.

8. Chinatown

Satu lagi tempat wisata di Singapura yang unik dan menarik yaitu Chinatown merupakan objek wisata yang memiliki kawasan dengan berbagai gerai menggunakan atribut Oriental, sehingga membuat kawasan ini tampil beda. 

Lokasi Chinatown berada di Pagoda St, Singapura yang terdiri dari 5 distrik yaitu Telok Ayer, Bukit Pasoh, Tanjong Pagar, Kreta Ayer and Ann Siang Hill. Seperti namanya, maka mayoritas penduduk di Chinatown Singapura ini adalah warga keturunan China. 

Chinatown Singapura
Chinatown Singapura, Pixabay.com

Kita dapat berbelanja berbagai suvenir yang bervariasi dari negeri tirai bambu serta wisata kuliner yang unik di tempat wisata ini, mulai pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat. 

Akses menuju Chinatown dapat dicapai dengan naik MRT jalur ungu dan kuning, lalu turun di Chinatown Station (NE4/ER1). 

9. Museum Madame Tussauds

Objek wisata menarik lainnya di pulau Sentosa adalah Museum Madame Tussauds, yang berada di 40 Imbiah Rd, Singapore, Pulau Sentosa, Singapura. Madame Tussauds adalah museum yang menyajikan konsep modern patung lilin. 

Madame Tussaud Singapura
Madame Tussaud Singapura
Pixabay.com

Patung lilin yang dibuat menyerupai bentuk aslinya ini ditempatkan di setiap ruangan di dalam museum dan kita dapat menyentuh, bermain, hingga berfoto bersama dengan tokoh kesayangan dari Presiden Obama, penyanyi pop hingga bintang Hollywood. 

Patung lilin tersebut tidak hanya diam saja, melainkan dapat bersuara seperti suara aslinya.
Akses menuju museum ini dapat dicapai dengan menggunakan MRT HarbourFront lalu dilanjutkan dengan Sentosa Express.

Harga tiket masuknya sebesar S$35 per orang untuk dewasa dan S$25 per anak dengan jam operasional mulai 10.00 hingga 21.00 waktu setempat.

10. Little India  

Selain Chinatown, Little India adalah perkampungan warga India di Singapura yang masih mempertahankan ciri khas dan identitas aslinya yang berada tidak jauh dari Orchard Road di 48 Serangoon Rd, Singapore. 

Di Litle India ini kita dapat menjumpai sejumlah pasar tradisional, gang sempit, penjual kachang puteh dan karangan bunga melati. Selain itu, peralatan dan kebutuhan upacara agama Hindu serta kerajinan, dupa, emas, dan kain dapat ditemukan disini. 

Little India Singapura
Little India Singapura
pixabay.com


Saat memasuki perkampungan orang India ini, kita akan disambut dengan aroma rempah dan bunga yang menyengat di antara warna-warni khas India. 

Kita juga dapat mencicipi makanan khas India di restoran modern dengan sajian jajanan India seperti thosai dan roti prata. Kesempatan menyaksikan festival meriah seperti di film-film India, kemungkinan besar dapat kita temukan di tempat ini mengingat sering diadakan acara tersebut.
Jam Operasional Little India mulai jam 09.00 hingga 23.00 waktu setempat

Akses menuju ke Litte India, dengan cara naik MRT jalur ungu atau biru lalu turun di Little India Station (NE7/BT4), atau di Farrer Park Station (NE8). 


0 comments:

Post a Comment